Kisah Sukses Mertua Bintang Meteor Garden Asal Indonesia yang Kaya Raya

Adrian Zecha (silkwindsmagazine.com)

Nama Adrian Zecha dikenal sebagai salah satu pebisnis asal Indonesia yang berfokus pada bisnis hotel. Selain sebagai pebisnis, tahukah kamu kalau pengusaha kelahiran tahun 1933 tersebut adalah mertua pemain serial drama Meteor Garden?

Yap! Kalau kamu ingat sama karakter bernama Ye Sha, nah itu dia. Pemeran Meteor Garden bernama asli Michelle Saram tersebut adalah istri dari anak Adrian Zecha, Ajai-Lauw Zecha.

Adrian Zecha dan keluarganya kini emang gak tinggal di Indonesia. Namun, kecintaannya terhadap Indonesia masih bisa terlihat dari bisnis-bisnis yang dia kelola.

Awal Mula Adrian Zecha Terjun ke Bisnis

Adrian Zecha
(polyu.edu.hk)

Zecha lahir di kota Sukabumi dan termasuk berasal dari keluarga berada di zaman Belanda. Dia sempat mengenyam pendidikan di negeri Paman Sam.

Meski berasal dari keluarga yang cukup kaya, Zecha memulai karier dengan bekerja pada perusahaan orang. Saat di Amerika Serikat, Zecha sempat bekerja di majalah Time. Dari situlah, Zecha akhirnya belajar buat terjun ke bisnis dengan mendirikan majalah sendiri.

Zecha meluncurkan Asia Magazine yang menjadi majalah berwarna pertama di regional Asia. Gak mulus aja, bisnis di bidang majalah ini sempat tersendat. Namun, Zecha mencoba membujuk Rupert Murdoch sang pemilik News Corporation, salah satu jaringan media paling berpengaruh di dunia, buat berinvestasi pada majalah tersebut. Sampai akhirnya tutup pada tahun 1998, Asia Magazine terbilang cukup sukses laris-manis!

Gak cuma majalah Asia Magazine, Adrian Zecha pun sempat meluncurkan majalah perjalanan dan gaya hidup buat pesawat bernama Orientasi.

Belum puas dengan bisnis media, Adrian Zecha kemudian mencoba bisnis hotel. Hal ini dimulai karena kebetulan ada temannya yang minta bantuan dia buat jadi broker tanah murah di wilayah Asia. Pengalaman ini akhirnya bikin Zecha bergabung dalam Robert Burns dan Georg Rafael pada tahun 1972 buat mendirikan Regent International Hotel.

Nama Regent International Hotel sendiri kini dikenal sebagai salah satu resor mewah di Asia. Bahkan, grup hotel tersebut jadi resor mewah pertama yang ada di wilayah Asia.

Tak hanya itu, Adrian Zecha juga mendirikan Aman Resort yang terkenal itu di Bali. Resor tersebut memang udah berusia seperempat abad. Namun, sampai sekarang masih ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Kiat Bisnis dari Adrian Zecha

Nama Amankila dan Amannusa adalah salah satu nama resor yang sangat disegani di Bali. Meski udah cukup “tua”, wisatawan tetap memilih resor tersebut sebagai tempat menginap atau stay-vacation karena merasa puas banget. Bahkan, resor tersebut disebut sebagai “my nearest heaven on earth”.

Sebab desain hotel ini layak dapat acungan jempol. Bukan karena sekadar “mewah” namun karena mengangkat budaya Indonesia yang sangat kental hingga jadi ciri khas tempat ini.

Adrian Zecha sendiri menuturkan sedikit kiat bisnis hotel yang dia geluti. Yang pertama adalah alasan kenapa dia pilih Indonesia sebagai lokasi Aman Resorts. Sederhana ternyata, Zecha menyadari Indonesia adalah lokasi yang tepat karena kental budaya dan sejarah. Apalagi, kata Zecha, Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Kemudian, Zecha juga membeberkan, berbisnis di bidang luxurious hospitality, kita harus bisa berfokus pada kecantikan alam, ruang, serta layanan yang benar-benar diperhatikan. Tiga hal itulah yang bikin bisnis hotel Adrian Zecha bisa berjaya hingga sekarang.

Gak heran, Adrian Zecha bisa meraih berbagai penghargaan di bidang bisnis. Termasuk yang paling bergengsi adalah penghargaan lifetime achievement di ajang International Luxury Travel Market di Shanghai.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →