Agar Biaya Nikah Cepat Terkumpul! 4 Trik Berhemat Ini Harus Dilakukan Bersama Pasangan

Mengikuti tips menabung memang bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengatur keuangannya.

Tapi perlu ditekankan di sini kalau menabung sebenarnya hanya soal gimana kamu mau menyisihkan sebagian uang demi masa depan yang lebih baik atau agar impianmu dapat menjadi kenyataan.

Gak cuma itu aja, menabung juga soal disiplin dan konsisten. Jadi, semua itu balik lagi ke individu masing-masing.

Rasanya memang terasa berat, saat harus mengalokasikan penghasilan untuk ditabung. Tapi, ingat, masa depan itu penting banget lho. Masa iya sih kamu mau terus menerus pusing mikirin uang saat udah tua nanti.

Begitu juga halnya buat kamu yang sudah berencana untuk menikah. Rasanya memang berat banget dan bisa jadi juga pesimis, apakah bisa mengumpulkan uang dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Gak perlu keki dulu, karena kamu tetap bisa melakukannya kok. Ya, balik lagi seperti yang sudah dikatakan di atas, intinya konsisten dan disiplin. Kalau udah melakukan dua hal itu, dijamin deh biaya nikah kamu akan dapat cepat terkumpul.

Namun, sebaiknya tips menabung ini kamu lakukan bersama pasangan. Ya, biar semakin cepat terkumpul kan uangnya.

Gak usah berlama-lama lagi, mending langsung simak aja yuk empat tips menabung agar biaya pernikahan cepat terkumpul berikut ini:

Baca juga: Mitos dan Fakta Tentang Uang dalam Hidup, Kamu Percaya yang Mana Nih?

1. Puasa jalan-jalan

Jalan-jalan bersama pasangan (Shutterstock).

Tips menabung pertama yang harus kamu lakukan bersama pasangan adalah dengan puasa jalan-jalan. Kalau biasanya kamu setiap akhir bulan kerap menghabiskan waktu bersama dengan bepergian ke luar kota, mending dihentikan dulu rutinitas itu ya.

Walaupun sangat menyenangkan dan menumbuhkan benih-benih cinta. Tapi jalan-jalan tentu sangat menguras kantong, seperti untuk biaya penginapan, bensin, makan dan lainnya.

Nah, alangkah baiknya kalau bujet buat jalan-jalan itu kamu alokasikan ke tabungan pernikahan. Liburannya ditunda aja dulu sampai bulan madu. Justru akan lebih berkesan kan?

Baca juga: Gak Pengin Hidup Kamu Boros, Ikuti 5 Cara Menghemat Kuota Internet Ini

2. Pacaran di rumah

Pacaran di rumah (Shutterstock).

Pergi ke mall, nonton film terbaru hingga makan di luar bersama orang terkasih memang sangat menyenangkan. Tapi, yuk bayangkan gimana membahagiakannya pernikahan kamu.

Nah, biar biaya nikah cepat terkumpul. Sebaiknya biaya pacaran senang-senang di luar diganti dengan pacaran di rumah aja.

Kamu tetap bisa kok melakukan bersenang-senang, bahkan bisa lebih romantis seperti masak bareng, movie marathon film favorit hingga main games bareng.

Jadi, pacaran di rumah bukan berarti gak bisa melakukan hal yang seru kok. Selain lebih irit, pacaran di rumah juga bisa sangat berkesan.

Baca juga: Baru Gajian Udah Miskin Lagi, Yuk Tiru Tips Hemat ala Ibu Rumah Tangga di Jepang

3. Bawa bekal ke kantor

Bawa bekal ke kantor atau kampus. (Shutterstock)
Bawa bekal ke kantor atau kampus. (Shutterstock)

Kamu dan pasangan bisa sama-sama berkomitmen untuk membawa bekal ke kantor. Kalau dihitung-hitung uang yang bisa kalian tabung lumayan banget lho.

Gak percaya? Misalnya, setiap hari kamu menghabiskan uang sekitar Rp 25 ribu untuk makan siang. Berarti dalam satu bulan, kamu mengeluarkan bujet sebesar Rp 25 ribu x 22 hari kerja yaitu Rp 550 ribu.

Dalam sebulan, kamu dan pasanganmu bisa menambah uang sebesar Rp 1,1 juta. Kalau dalam satu tahun berarti terkumpul Rp 13,2 juta. Lumayan banget kan buat tambahan uang katering.

4. Kurangi hangout sama teman

Kurangi hangout sama teman.

Nongkrong bareng teman-teman sebenarnya gak dilarang. Ya, itung-itung menyambung tali silaturahmi. Asalkan, gak hangout setiap minggu aja.

Kalau seperti itu mah, dijamin dompetmu bakal kebobolan juga. Coba pukul rata, setiap ngumpul mengeluarkan uang Rp 300 ribu yang udah termasuk bensin, makan dan bayar parkir.

Kalau kamu nongkrong setiap minggu, berarti dalam satu bulan kamu harus merogoh kantong Rp 300 ribu x 4 yaitu Rp 1,2 juta. Uang segitu mah lumayan banget, bisa buat tambahan beli bahan buat saudara-saudara.

Nah, itu dia empat tips menabung yang bisa kamu lakukan bareng pasangan agar biaya nikah cepat terkumpul. Gak ada salahnya kok untuk menahan beberapa hal yang kamu sukai demi kebahagiaan yang lebih besar. Setuju? (Editor: Winda Destiana Putri).