Ajudan Baru Jokowi, Lulusan Terbaik Akmil yang Sekolah di Luar Negeri

Ajudan Jokowi termasuk salah satu sosok yang berada di sekitar orang nomor satu Indonesia yang kini turut jadi sorotan. Termasuk, ajudan Jokowi pada periode kedua pemerintahannya, Kolonel Inf Rudy Saladin.

Pemilik nama Joko Widodo itu telah kembali menjadi Presiden RI periode 2019-2024 sejak Minggu 21 Oktober 2019. 

Beberapa waktu lalu, suami Iriana Jokowi itu sempat memperkenalkan dua ajudannya yang mendampingi kegiatannya sehari-hari.

Sebelum Kolonel Inf Rudy Saladin, Inspektur Polisi Tingkat Satu (Iptu) Syarif Muhammad Fitriansyah dan Letnan Satu (Lettu) Teddy Indra Wijaya sempat diperkenalkan oleh Jokowi sebagai ajudannya lewat akun Instagram @jokowi.

Keduanya viral saat menceritakan pengalamannya menjadi ajudan orang nomor satu di Indonesia ini.

Jika Teddy dan Syarief telah berpengalaman menjadi orang yang paling dekat dengan Jokowi, kali ini Kolonel Inf Rudy Saladin dipercaya oleh presiden ke-7 RI itu menjadi ajudan dari unsur TNI AD pada periode kedua pemerintahannya.

Lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1997

ajudan jokowi
Lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1997
(Instagram/@rudysaladinofficial)

Dipercaya menjadi ajudan Jokowi, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi Kasdam VI/Mulawarman ini bukan orang sembarangan. 

Pria 44 tahun itu merupakan lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1997, sekaligus meraih penghargaan Adhi Makayasa – Tri Sakti Wiratama. 

Baca juga: Sandhyca Putrie, Eks Paspampers Jokowi yang Setia Menjaga Ibu Negara

Sekolah di luar negeri

ajudan jokowi
Sekolah di luar negeri (Instagram/@rudysaladinofficial)

Selain alumni SMA Taruna Nusantara (TN 2), suami Chrisma Virawanti ini juga telah mengenyam sejumlah pendidikan di luar negeri. 

Mulai dari Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat di US Army Command and General Staff College Fort Leavenworth, Amerika Serikat. 

Advanced Infanrty Officers Course di Singapura, hingga S-2 Hubungan Internasional di Webster University, Amerika Serikat. 

Karier cemerlang

ajudan jokowi
Karier cemerlang (Instagram/@rudysaladinofficial)

Pria kelahiran Ujungpandang, Sulawesi Selatan pada 17 September 1975 ini banyak menghabiskan kariernya di lingkungan Kostrad, khususnya di jajaran Brigade Infanteri Para Raider 17/Kujang I. 

Mulai dari Danton di Yonif Para Raider 328/Dirgahayu hingga Wakil Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma.

Kolonel Inf Rudy Saladin juga pernah menduduki sejumlah jabatan lain, mulai dari Danyonif 613/Raja Alam, Dandim 1008/Tanjung, Kalimantan Selatan, Waaspers Kasdivif 1/Kostrad, Sespri Kasad, hingga Danbrigif 6/Trisakti Baladaya. 

Ajudan Jokowi

ajudan jokowi
Ajudan jokowi (Instagram/@rudysaladinofficial)

Setelah didapuk jadi ajudan Jokowi, Kolonel Inf Rudy Saladin menjalani serah terima jabatan Asisten Operasi Kasdam VI/Mulawarman kepada Kolonel Inf Heldi Wira,  12 September 2019 lalu.

Itulah empat fakta menarik Kolonel Inf Rudy Saladin, ajudan Jokowi yang memiliki karier cemerlang.