Begini Cara Mudah Cicil Barang Impian di Akulaku

Cicilan kredit di akulaku

Kredit online kini semakin marak di Indonesia, keberadaan fasilitas pinjaman ini menjadi alternatif bagi mereka yang tidak berhasil mengajukan kepemilikan kartu kredit. Salah satu penyedia pembiayaan kredit online adalah, Akulaku.

Akulaku adalah perusahaan pembiayaan digital berbasis financial technology (fintech) yang memberikan layanan pembayaran barang dengan cicilan. Selain itu, memungkinkan kamu untuk membeli barang impian secara kredit dan di mana saja. 

Banyak dipercaya oleh pengguna sebagai aplikasi kredit online, yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Akulaku?

Akulaku

Akulaku adalah aplikasi pembiayaan digital terbesar di Asia Tenggara. Layanan daring ini mulai masuk di Indonesia pada tahun 2016. Sejak pertama didirikan hingga sekarang, perusahaan berbasis fintech ini telah dipakai lebih dari dua juta pengguna di Indonesia. 

Selain memberi layanan pinjaman daring, Akulaku juga menyediakan platform belanja online dengan kategori beragam. 

Jadi, kita tidak hanya dapat pinjaman uang, tapi juga belanja aneka kebutuhan dengan waktu pembayaran bisa dicicil dengan tenor cicilan mulai dari 1, 2, 3, 6, 9, hingga 12 bulan.

Meski dibayar nanti, sebagai pengguna, harus taat membayar cicilan yang jatuh tempo setiap tanggal 25 tiap bulannya agar terus dapat menikmati aplikasi ini.

Keunggulan yang ditawarkan

Selain menggabungkan antara kredit pembiayaan dengan perbelanjaan, ada beberapa keunggulan perusahaan berbasis fintech ini dibandingkan pembiayaan lain, antara lain:

1. Transaksi aman, terdaftar dan diawasi oleh OJK

Dalam menjalankan kegiatan pembiayaan atau kredit, Akulaku menggunakan salah satu perusahaan yang terafiliasi, yaitu PT. Akulaku Finance Indonesia.

Perusahaan pembiayaan ini telah terdaftar serta memiliki izin usaha resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan Tanda Bukti Terdaftar No.KEP-436/NB.11/2018.

2. Pendaftaran cepat dan mudah

Proses pendaftaran akun pada platform satu ini sangat mudah; kita cukup menginstal aplikasi Akulaku pada ponsel, memilih opsi “Daftar”,dan mengisi data pribadi. Akun akan aktif setelah kita mendapat kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS. 

Pendaftarannya cukup melalui nomor telepon saja dan akun sudah dapat digunakan untuk berbelanja. Bahkan, tidak membutuhkan waktu lama, hanya 5 menit proses pengajuan namun dapat dinikmati selamanya.

Syarat-syarat pengajuannya pun tidak serumit seperti saat pengajuan aplikasi kartu kredit.

3. Limit kredit besar

Limit kredit yang diberikan perusahaan berbasis fintech ini juga cukup besar, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp25 juta. 

Prosesnya pun mudah, kita cukup memilih opsi “Ajukan” kredit pada aplikasi, mengisi data pribadi, nomor darurat, data pekerjaan, dan pemberian otoritas untuk mengakses akun media sosial Facebook. 

Ada dua macam kredit pada Akulaku. yaitu kredit untuk pembiayaan barang dan kredit dalam bentuk dana tanpa jaminan (KTA).

Pertanyaannya kini, apakah limit kredit perusahaan berbasis fintech ini harus dibayar?  Jawabannya, ya untuk kamu yang memiliki akun Akulaku dan telah aktif terdaftar cicilan. 

Jika kamu belum memiliki akun Akulaku, kamu bisa mendaftar akun Akulaku dan mengajukan limit kredit langsung di aplikasi Klik4IT saja. Namun, jika nilai pesanan melebihi saldo limit, untuk kelebihannya akan dibayar dengan Uang Muka.

4. KTA Kilat hingga Rp2 juta cair dalam 5 menit

Selain menawarkan kredit, perusahaan berbasis fintech juga menyediakan pinjaman langsung atau KTA Kilat.  Fitur ini dapat dinikmati pengguna yang telah memiliki kredit untuk meminjam uang hingga Rp2 juta dengan jangka waktu maksimal hingga 40 hari.

Sesuai namanya, KTA Kilat bisa cair ke rekening pengguna hanya dalam waktu 5 menit. Kilat banget kan?

5. Bekerja sama dengan banyak merchant online dan offline

Nah, ini merupakan salah satu keunggulan. Jika rata-rata kredit fintech hanya berafiliasi dengan pembelanjaan e-commerce, Akulaku juga menyediakan pembiayaan pada merchant-merchant offline.

Kita tentu sering melihat beberapa tanda Akulaku di beberapa toko kelontong atau warung pinggir jalan. Di warung-warung yang memasang logo Akulaku seperti itu, kita pun dapat berbelanja dengan sistem “Bayar Nanti” alias istilahnya cash on delivery/COD.

Sistem yang biasa disebut pembayaran di tempat merupakan sebuah istilah transaksi jual beli dimana si penjual akan mengantarkan pesanan ke rumah si pembeli, dan pembayarannya diberikan langsung secara tunai oleh pembeli.  

6. Diskon cicilan

Belanja nyicil dapat diskon, perusahaan berbasis fintech ini juga seringkali memberikan kupon diskon cicilan yang dapat digunakan untuk memotong tagihan bulanan.

7. Bisa belanja langsung di platform Akulaku

Jika biasanya fintech tidak menyediakan barang-barang belanjaan, beda halnya dengan platform satu ini. Kita dapat berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, perangkat gawai, bahkan pulsa data di perusahaan berbasis fintech ini

Dengan cara ini, kita tidak perlu untuk memasang beberapa aplikasi atau bahkan berpindah aplikasi untuk sekadar memenuhi kebutuhan kita. 

Bagaimana cara belanja di Akulaku?

Penasaran ingin mencoba berbelanja di platform Akulaku? Di bawah ini adalah langkah-langkah berbelanja di e-commerce satu ini:

  • Daftar di akulaku

Sebelum melakukan pendaftaran akun, tentu saja yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah menginstal aplikasi akulaku yang tersedia baik di playstore ataupun Apple Store. 

Pilih opsi “Daftar” pada layar dan ikuti semua petunjuk yang tertera pada layar. Pendaftaran akun Akulaku hanya memerlukan beberapa menit saja. Begitu kode konfirmasi yang dikirim sudah dimasukkan, maka akun sudah siap untuk digunakan berbelanja. 

  • Upload dokumen pribadi

Jika pendaftaran akun juga ditujukan untuk mengajukan pinjaman, maka langkah kedua usai konfirmasi adalah mengunggah foto kartu identitas (KTP) juga foto diri saat memegang KTP. Jika pembuatan akun hanya untuk berbelanja, maka langkah kedua ini dapat dilewati. 

  • Pilih barang di marketplace Akulaku atau merchant yang bekerja sama

Setelah akun disetujui maka kita dapat langsung berbelanja di marketplace Akulaku ataupun berbelanja di e-commerce lainnya. 

Jika di fintech lain pengguna baru hanya memiliki opsi membayar dalam 30 hari, maka di perusahaan pembiayaan ini, kita memiliki kesempatan untuk memilih jangka waktu pembayaran maksimal hingga 12 bulan. 

  • Bayar DP

Sedikit berbeda dengan saat kita berbelanja di e-commerce pada umumnya, berbelanja di marketplace Akulaku mewajibkan pengguna membayar down payment (DP) atau pembayaran di muka untuk hampir sebagian besar produk yang ditawarkan. 

Jumlah DP yang harus dibayar bervariasi, mulai  dari 15 persen hingga 65 persen dari harga barang yang tertera. 

Simulasi DP

Tidak perlu khawatir atau bingung berapa besar DP yang harus dibayar karena pada saat memilih tombol membeli, kita akan langsung dihadapkan pada pilihan jumlah DP yang akan dibayar. 

Misalnya, produk ponsel dengan harga Rp3.299.000, periode pembayaran 12 bulan; jika memilih pembayaran DP 15 persen, maka jumlah yang harus dibayar adalah Rp339.000.

Akulaku

Jika sudah memilih jumlah down payment, maka tinggal pilih opsi “Beli”, transfer jumlah DP dan tunggu barang impian dikirim ke rumah. Mudah, bukan?

Memilih untuk membeli barang kesukaan secara mencicil memang terkesan memudahkan kita, baik melalui Akulaku maupun perusahaan berbasis fintech lainnya, namun jangan lupa bahwa sebenarnya kita sedang berutang dan diwajibkan untuk melunasi cicilan bulanannya sesuai ketentuan.

Karena itu, pastikan untuk sebelumnya membuat perencanaan pengeluaran bulanan tetap secara tepat agar dalam pembayaran cicilannya nanti tidak mengganggu keuangan kita, ya!

Nah, sebelum mengambil kredit Akulaku, sebaiknya cek kondisi kesehatan keuanganmu secara online dan gratis di fitur Lifepal cek keuangan! (Editor: Chaerunnisa)