7 Keunggulan Nintendo Switch Ketimbang PS4 dan Xbox One

Dominasi Playstation dan Xbox dalam hal game console sepertinya bakal mulai tergerus. Meskipun PS4 dan Xbox memiliki peminat yang paling banyak, tapi Nintendo seolah gak mau ketinggalan dengan dua adiknya tersebut.

Sebagai salah satu produsen game console tertua, Nintendo merilis Nintendo Switch yang diperkenalkan pada 2017 silam. Dengan dua permainan yang melegenda banget di kalangan pecinta Nintendo, yaitu Mario dan Legend of Zelda.

Layaknya console Nintendo pada umumnya, seperti Gameboy, Switch juga memiliki banyak keunggulan yaitu bisa di bawa ke mana-mana. Inovasi ini yang selama ini gak berhasil dipatahkan oleh Playstation maupun Xbox dalam pasar game portable.

Kini, ketenaran Nintendo Switch mulai merebah. Bahkan di pertengahan tahun 2018, penjualannya sudah mencapai 20 juta unit di seluruh dunia. Sementara diprediksi pada di 2019, Nintendo Switch bakal mengambil porsi besar sekitar 30 persen dari seluruh penjualan game console di seluruh dunia.

Buat kamu yang bingung emangnya di mana sih keunggulan Nintendo Switch dibandingkan dengan PS4 dan Xbox One, berikut ini ulasannya dikutip dari Businessinsider.

Baca juga: Gampang Banget! Gini Cara Beli Voucher Game Online dan Top Up lewat UniPin

1. Game terbaik dan eksklusif

Salah satu game terbaik dan eksklusif saat ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nintendo emang terkenal eksklusif dalam hal game. Beda dengan Xbox dan PS4 yang kadang keduanya memiliki permainan yang sama. Nah, kalau di Switch hanya bisa kamu temukan di produk Nintendo. Seperti misalnya Mario dan Zelda yang memang udah menjadi hak cipta dari Nintendo sendiri.

Dan rata-rata game di Switch mendapatkan rating yang cukup tinggi dikalangan para gamer, Super Mario Odyssey mendapatkan skor 97 dari 100.

Baca juga: PKPI Gelar Indonesian eSport Games Berhadiah Rp 570 Juta

2. Harga yang terjangkau

Harga yang terjangkau gak heran kalau Nintendo Switch kini tengah menjadi primadona, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dibandingkan dengan PS4 dan Xbox One terbaru, Nintendo Switch memiliki harga yang relatif lebih murah dan terjangkau. Dengan uang sekitar US$ 300 atau Rp 4,2 juta kamu mungkin bisa mendapatkan PS4 atau Xbox One dengan kondisi rekondisi, tapi kamu bisa mendapatkan satu unit Nintendo Switch yang baru.

Baca juga: Sampai Rp 27 Juta, Ini Rincian Nonton Langsung Asian Games 2022

3. Bisa dimainkan siapa aja

Nintendo Switch bisa dimainkan oleh siapa aja udah gitu gampang dibawa ke mana aja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Switch dinilai cocok buat dimainkan siapa aja dengan jumlah bahkan bisa mencapai tiga orang untuk satu console. Game seperti Mario Kart memungkinkan buat dimainkan bersama-sama dengan keluarga.

Meskipun hanya 2 controller yang disediakan, kamu bisa kok membeli satu controller tambahan untuk kemudian dimainkan seara bersama, jadi tiga pemain dalam satu console. Jadi makin seru deh, ketimbang game PS4 dan Xbox One yang rata-rata hanya bisa dimainkan satu orang.

4. Permainannya lebih menyenangkan

Di Nintendo Switch permainnya lebih menyenangkan lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak seperti PS4 dan Xbox One, permainan di Switch emang lebih dikenal menyenangkan. Grafiknya yang lebih sederhana namun lebih berwarna membuatnya lebih enak dipandang dan seru buat dimainkan bersama sahabat.

Tampilan interfacenya juga gak terlalu ribet seperti PS4 dan Xbox yang disematkan fitur browser layaknya internet, Switch emang sepenuhnya diperuntukan buat bermain game. Meski spesifikasinya gak secanggih pesaingnya, Switch mampu memainkan game besar maupun dengan grafis kecil secara halus dan lancar.

5. Ketika yang lainnya berfokus pada 4K, Nintendo fokus pada desain game

Ketika yang lainnya berfokus pada 4K, Nintendo fokus pada desain game, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat yang lainnya berlomba buat menciptakan console dengan tampilan gambar yang mirip seperti aslinya alias 4K, Nintendo tetap bersikeras buat mengembangkan desain game-game mereka.

Seperti franchise Mario yang dikembangkan dalam berbagai macam bentuk dan versi. Ada Mario Kart, Super Mario Odyssey, atau Super Smash Bros Ultimate. Kalau dari segi kualitas gambar jelas Nintendo jauh, tapi hingga kini peminatnya masih banyak dan justru meningkat.

6. Membawa permainan klasik buat nostalgia hanya dengan US$ 20

Membawa permainan klasik buat nostalgia hanya dengan US$ 20, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dengan Nintendo Switch kamu juga bisa bernostalgia ke game-game klasik mereka yang terdapat di Gameboy DMG dan Nintendo Entertainment System di tahun 1990-an. Harganya pun cukup murah yaitu sekitar US$ 20 atau sekitar Rp 280 ribuan buat menikmatinya selama setahun.

Game yang tersimpan di perpustakaan game klasik ini jumlahnya mencapai 30 permainan. Lumayan buat bernostalgia.

7. Switch praktis dan bisa dibawa ke mana kamu pergi

Switch praktis dan bisa dibawa ke mana kamu pergi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, inilah keunggulannya yang gak bisa ditandingi oleh PS4 maupun Xbox One. Sama seperti produk Nintendo pada umumnya, Switch emang diperuntukan sebagai game yang enak digenggam dan bisa dimainkan kapan aja di manapun.

Itulah mungkin yang menjadi nilai lebih dari Nintendo sehingga mampu menyaingi Sony dan Microsoft. Gak perlu ribet colokan listrik atau TV, kamu tinggal isi baterainya dan mainkan seharian. Tapi gak cuma itu, kalau kamu pengin memainkannya di layar besar, Switch juga bisa untuk dihubungkan ke TV.

Nah itu tadi beberapa keunggulan dari Nintendo Switch yang patut kamu perhitungkan sebagai console yang layak dibeli tahun 2019 di atas game besutan Sony, Playstation 4 dan Microsoft, Xbox One. Jelas kalau secara kualitas gambar PS4 dan Xbox menjadi juaranya, tapi namanya permainan kan lebih enak kalau bisa di bawa ke mana-mana, Switch lah jawaban dari semua keinginan tersebut. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →