Kerja di Kota? Wajib Bawa 5 Hal Ini Tiap Hari Biar Hidup Lebih Mudah

Alat pembayaran nontunai. (Ilustrasi)

Alat pembayaran nontunai. (Ilustrasi)

Penerapan teknologi dalam bidang finansial bikin kebutuhan transaksi jadi lebih mudah. Salah satunya adalah dengan digunakannya alat pembayaran nontunai.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, penggunaan alat pembayaran nontunai kian marak. Soalnya keuntungan-keuntungan yang didapatkan dari inovasi keuangan ini benar-benar terasa.

Namanya aja alat pembayaran nontunai, jadi gak ada lagi cerita mengeluarkan uang tunai buat membayar barang atau layanan.

Apalagi sekarang ini cashless society terus bertumbuh di berbagai negara. Di Indonesia, Pemerintah juga terus mendorong terwujudnya cashless society. Salah satunya adalah dengan penggunaan uang elektronik buat membayar tarif jalan tol.

Ke depannya, mau gak mau kita pada akhirnya beradaptasi menggunakan pembayaran nontunai atau cashless ini. Makanya dari sekarang kita harus udah terbiasa nih menggunakan alat pembayaran nontunai. Apalagi banyak keuntungan yang kamu dapat dari penggunaan fasilitas keuangan ini.

Pengin tahu apa aja alat pembayaran nontunai yang menguntungkan kamu? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

1. Kartu ATM

Ini sih gak usah ditanya lagi. Kamu pastinya punya alat pembayaran nontunai yang satu ini gara-gara bikin rekening tabungan di bank.

Enaknya punya kartu ATM ialah kamu gak usah repot-repot lagi dalam urusan transfer uang atau tarik uang tunai. Dulunya nih sebelum ada ATM, nasabah bank harus ke bank buat melakukan transfer ataupun tarik uang tunai.

Sejak ada kartu ATM, cara-cara tersebut perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Udah gitu, kini penggunaan kartu ATM gak ubahnya kartu kredit. Kamu bisa melakukan transaksi dengan gesekkan kartu ATM di mesin EDC, asalkan saldo kamu mencukupi tentunya ya.

2. Kartu kredit

Penggunaan alat pembayaran nontunai ini mirip-mirip dengan kartu ATM. Bedanya, kartu kredit itu emang lebih difokuskan buat melakukan transaksi pembayaran. Sementara kalau kartu ATM lebih difokuskan buat transfer dan tarik tunai.

Terus kalau kamu bertransaksi dengan kartu kredit, besaran transaksimu ditanggung dulu oleh bank. Nantinya apa yang dibayarkan bank tersebut wajib kamu bayarkan di kemudian hari.

Singkatnya, kamu utang dulu ke bank buat belanja. Nanti utang tersebut harus kamu lunasi berikut bunganya.

Walaupun menetapkan bunga, faktanya nih penggunaan kartu kredit buat transaksi tertentu dikenakan bunga 0 persen lho alias tanpa bunga. Jelas menguntungkan banget dong kalau bayar cicilan tanpa bunga. Benar begitu bukan?

3. Electronic money

bayar tol
Salah satu contoh e-money. (e-toll card/doing business)

Kalau kamu punya e-toll, alat pembayaran nontunai yang kamu gunakan tersebut adalah salah satu dari electronic money atau e-money lho. Sepintas e-money mirip-mirip dengan kartu kredit atau kartu ATM.

Bedanya, dalam menggunakan e-money, kamu terlebih dahulu harus mengisi saldo dengan jumlah tertentu. Barulah kartu e-money bisa kamu gunakan. Kamu bisa gunakan e-money di setiap merchant yang menyediakan mesin EDC.

Di Indonesia kebanyakan e-money yang beredar dicetak oleh bank. Misalnya aja Mandiri e-Money yang diterbitkan Bank Mandiri. Lalu ada Flazz yang dicetak Bank BCA. Atau Brizzi yang diterbitkan Bank BRI.

4. Internet banking

Internet banking (Ilustrasi).

Transaksi lebih praktis lagi kalau kamu punya internet banking. Alat pembayaran nontunai ini dihadirkan seiring meningkatnya penggunaan smartphone.

Wajar aja sih. Sejak hadirnya smartphone, orang-orang pengin melakukan apa pun dengan cepat dan tanpa ribet. Melihat hal ini bank pun menyesuaikan diri yang salah satunya dengan menyediakan internet banking.

Untungnya pakai internet banking itu kamu bisa melakukan transaksi cukup lewat smartphone. Nyaris semua transaksi bisa dilakukan, mulai dari cek saldo rekening, transfer uang, hingga melakukan pembayaran.

Pokoknya di mana pun dan kapan pun kamu bisa bertransaksi asalkan smartphone kamu terhubung dengan internet ya.

5. Mobile banking

Mobile banking ini hampir sama seperti internet banking yang praktis dan bisa digunakan di smartphone. Bedanya, kamu mesti install aplikasi mobile banking buat menggunakannya. Sementara kalau internet banking itu kamu bisa akses lewat browser.

Keuntungan yang ditawarkan mobile banking udah mencakup semua keuntungan yang terdapat di  internet banking. Namun, kalau bicara kelengkapan fitur, udah jelas kalau mobile banking punya fitur yang lebih lengkap.

Dari deretan alat pembayaran nontunai di atas, adakah satu atau beberapa yang udah kamu punya? Pakai alat pembayaran di atas dijamin gak bakal rugi deh.

Ditambah lagi ada beberapa promo yang bisa kamu nikmati dengan menggunakan alat pembayaran di atas semisal promo atau diskon yang ditawarkan kartu kredit. Udah mudah, kamu diuntungkan pula. Mantap kan? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis