Tips Belanja Barang Online di Aliexpress Indonesia

cek tarif

AliExpress, anak perusahaan Alibaba Group, mulai beroperasi di Indonesia sejak 2015 lalu. Kita sudah bisa mengakses AliExpress Indonesia pada alamat https://id.aliexpress.com/ untuk berbelanja barang-barang impor dengan harga terjangkau. 

Mulanya, AliExpress melakukan penjualan dan pembelian secara Business to Business (B2B), kemudian berkembang menjadi Business to Customer (B2C), dan Customer to Customer (C2C). Bahkan kini telah merambah pada bisnis Cloud Computing hingga jasa pembayaran.

AliExpress sebenarnya tidak jauh berbeda dengan platform e-commerce lainnya di Indonesia seperti Lazada, Blibli, Blanja, Tokopedia, maupun OLX. Pasalnya AliExpress adalah pasar online Alibaba yang ditujukan untuk pembeli internasional. AliExpress memungkinkan bisnis kecil di Tiongkok untuk menjual kepada pelanggan di seluruh dunia. 

Apa Saja yang Dijual di Aliexpress Indonesia?

Ada banyak sekali barang yang dijual di AliExpress Indonesia. Total ada 13 kategori yang tercantum pada situsnya jika kita masuk ke dalamnya. Barang yang ditawarkan pun cukup komplit, mulai dari busana hingga produk kesehatan. Ini dia 13 kategori produk yang ditawarkan:

  • Busana Wanita
  • Busana Pria
  • Ponsel & Telekomunikasi
  • Komputer, Kantor & Keamanan
  • Elektronik Konsumen
  • Perhiasan & Jam Tangan
  • Rumah, Hewan Peliharaan
  • Tas & Sepatu
  • Mainan , Anak-anak & Bayi
  • Hiburan & Olahraga Luar Ruangan
  • Kecantikan, Kesehatan & Rambut
  • Mobil dan Sepeda motor
  • Perbaikan Rumah & Alat-alat

Mengapa Barang di Aliexpress Indonesia Murah?

Kelebihan AliExpress Indonesia dibandingkan platform ecommerce lainnya mungkin ada pada harganya yang murah. Bayangkan saja barang impor yang dikirim dari Tiongkok bisa kita dapatkan dengan harga puluhan ribu saja! Kenapa ya bisa begitu? 

Ada dua kemungkinan harga barang di AliExpress Indonesia bisa murah. Pertama, kita membeli barang langsung dari pabrik asalnya sehingga dapat mengurangi harga jual. Apalagi biaya produksi barang di Tiongkok terkenal lebih murah dibandingkan biaya produksi di negara lain. 

Selain itu, penegakan hukum kekayaan intelektual di Tiongkok yang lemah juga turut berkontribusi pada harga yang murah.  

Kemungkinan kedua, barang tersebut memiliki kecacatan fisik. Selain itu, kita sebagai konsumen pun harus cerdik dalam menyikapi pembelian barang bermerek terkenal dengan harga yang murah. 

Sebagai langkah antisipasi, kita bisa membuat perbandingan harga barang tersebut di situs web resmi lainnya. Jika harganya terpaut jauh, maka lebih baik hindari membeli barang tersebut.

Bagaimana Cara Menghindari Penipuan saat Belanja Online?

Harga yang murah sering kali membuat kita waswas. Apakah kualitas barang sesuai dengan yang kita harapkan? Atau apakah barang yang kita pesan akan benar-benar dikirimkan?

Nah, kita memang harus berhati-hati saat melakukan transaksi secara daring. Bagaimana sih caranya agar kita tidak tertipu saat membeli barang? Beberapa langkah ini perlu kita perhatikan, ya.

  1. Hati-hati dengan harga yang terlalu murah. Cobalah mencari referensi pada situs lain untuk barang apa pun yang ingin kita beli. Jika harganya tidak masuk akal, lebih baik kita hindari.
  2. Cek feedback dari pembeli sebelumnya kepada pihak penjual sebelum membeli. Jika penjual memiliki reputasi yang buruk, maka biasanya akan ada bukti dalam feedback dan review pembeli. Selalu cek sebelum memutuskan untuk membeli barang.
  3. Terutama saat kita ingin bertransaksi di Aliexpress Indonesia, lebih baik gunakan sistem pembayaran Alipay Escrow. Mengapa dengan cara Escrow akan melindungi ketika kita membeli barang di AliExpress? 

Pertama karena kartu kredit kita tidak akan diberikan ke penjual. Jadi tidak perlu khawatir identitas kita akan dicuri. 

Kedua, pembayaran tidak akan dikeluarkan kepada penjual hingga kita menerima barang yang dibeli. Jadi jika terjadi penipuan, kita bisa segera meminta refund dari AliExpress dan tidak perlu melalui proses refund yang panjang dengan penjual. 

  1. Periksalah barang pesanan dengan teliti ketika menerimanya. Karena sistem escrow di AliExpress memungkinkan kita untuk menahan pembayaran hingga menerima barang pesanan, kita bisa mengonfirmasi jika telah mendapatkan barang. Pastikan kondisi barang sesuai dengan apa yang kita pesan. Jika kita memesan barang bermerek, pastikan barang tersebut bukan barang tiruan atau KW.

Mendapatkan barang impor yang jarang ada di Indonesia dengan harga murah memang menyenangkan. Tapi jangan lupa untuk selalu berhati-hati membeli barang di AliExpress Indonesia agar sesuai dengan apa yang kita inginkan. 

Apalagi, Indonesia merupakan pasar penting bagi Alibaba. Data dari Go Globe menyebutkan bahwa pada tahun 2015 lalu, negara kepulauan ini bisa menghasilkan nilai Rp 45,7 triliun dari transaksi business-to-consumer (B2C). 

Hal ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pasar e-commerce terbesar keempat di Asia untuk penjualan B2C. Artinya, bukan hanya kita yang butuh mereka, tetapi AliExpress Indonesia juga butuh kita sebagai konsumen potensialnya.

Membangun bisnis memang harus disertai komitmen dan konsistensi untuk selalu mengembangkan kualitas produk. Namun sebaliknya, jangan lupa juga untuk memperhatikan perlindungan kesehatan karyawan. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →