Amalgamasi: Pengertian dan Contohnya dalam Finansial

tempat jual beli emas

Istilah amalgamasi memang sangat lekat dengan istilah proses perkawinan antaretnik atau dari latar belakang suku bangsa berbeda-beda yang biasa terjadi di Indonesia. 

Kondisi ini yang disebut dengan akulturasi budaya melalui perkawinan atau disebut juga dengan istilah amalgamasi. Istilah lain percampuran budaya dari latar belakang yang berbeda disebut juga asimilasi.

Istilah amalgamasi memang terdengar tidak akrab di telinga masyarakat, tetapi faktanya amalgamasi tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Salah satu contoh yang paling nyata adalah masalah perkawinan.

Perlu diketahui juga bahwa istilah amalgamasi tidak hanya digunakan dalam konteks hubungan sosial saja, tetapi juga digunakan dalam istilah finansial seperti amalgamasi BPJS. 

Jenis-jenis Amalgamasi

kartu bpjs kesehatan

Sebelum membahas lebih jauh tentang amalgamasi BPJS, mari pahami dahulu beberapa jenis amalgamasi secara ringkas dan sederhana.

1. Amalgamasi pernikahan

Banyak yang menyamakan amalgamasi dengan asimilasi, yaitu pencampuran dua etnis yang berbeda dan perpaduan dua interaksi budaya yang berbeda menjadi satu melalui jalinan pernikahan, itulah yang disebut dengan amalgamasi pernikahan.

2. Amalgamasi emas

Amalgamasi dalam emas secara sederhana bisa diartikan merupakan sebuah proses pengolahan emas secara tradisional dengan menggunakan merkuri dengan tujuan mengekstraksi emas dari batuan. 

Amalgamasi emas masih tetap dilakukan oleh beberapa pertambangan tradisional karena metode amalgamasi emas seperti ini sangat mudah dan biayanya juga murah tidak memerlukan peralatan modern maupun teknologi yang mahal.

Namun, dampaknya tidak baik bagi lingkungan karena penggunaan merkuri. Proses amalgamasi biasanya mencampur bijih emas dengan merkuri. Proses pencampuran inilah yang mempermudah ekstraksi emas dalam butiran kasar. 

3. Amalgamasi BPJS 

Istilah amalgamasi BPJS adalah menggabungkan kepesertaan BPJS menjadi satu. Umumnya hal ini terjadi karena peserta keluar-masuk perusahaan yang berbeda sehingga masing-masing perusahaan memberikan kartu kepesertaan.

Agar bisa mempermudah proses pencairan JHT dengan nominal yang disatukan dari perusahaan sebelumnya, proses amalgamasi BPJS perlu dilakukan demi mendapatkan manfaat maksimal.

Syarat dan cara amalgamasi pun sangat mudah. Kita hanya perlu membawa beberapa berkas berikut ini.

  • Dua kartu KPJ yang mau digabungkan.
  • Fotokopi kartu peserta BPJS.
  • Fotokopi eKTP.
  • Fotokopi kartu keluarga (KK).
  • Paklaring dari perusahaan sebelumnya. 

Dengan dokumen persyaratan tersebut, kita hanya perlu menyerahkannya kepada bagian HRD di perusahaan baru untuk dilakukan penggabungan atau amalgamasi BPJS.

Selain itu, kita juga bisa langsung mendatangi kantor BPJS terdekat untuk dilakukan proses penggabungan dengan sangat mudah.

Tidak perlu khawatir jika dalam kondisi tidak bekerja kemudian kita memiliki dua kartu JHT yang akan dicairkan. Proses pencairan JHT tetap bisa dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku di BPJS.

Kelebihan dan Kekurangan Amalgamasi

Persiapan Pernikahan

Amalgamasi tidak sepenuhnya memiliki dampak positif, tetapi ada juga dampak negatifnya. Terutama dalam pernikahan biasa terdapat perbedaan budaya yang menimbulkan perselisihan karena tidak memahami masing-masing budaya.

Oleh karena itu untuk menghindari konflik dari dua suku budaya yang berbeda, sebaiknya masing-masing suku sudah memahami perbedaan tersebut sebelum menikah sehingga bisa mewujudkan nilai-nilai toleransi antarsuku dan budaya yang berbeda dalam komitmen persatuan melalui perkawinan.

Kondisi seperti ini juga berlaku bagi mereka yang menikah karena perbedaan kulit maupun agama.

Sedangkan amalgamasi untuk jenis pengolahan emas sudah tidak digunakan lagi karena efeknya mencemari lingkungan artinya memiliki dampak negatif yang tidak baik.

Yang menarik justru amalgamasi BPJS karena Justru dengan melakukan amalgamasi,  saldo jaminan hari tua bisa dimanfaatkan secara maksimal terutama jika sudah beberapa kali berpindah-pindah perusahaan yang berbeda.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang amalgamasi. Amalgamasi tidak hanya istilah yang sangat familier dalam bidang sosial tetapi juga dalam bidang finansial, utamanya bagi peserta BPJS.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →