Lahir Terlanjur Tajir, Anak 8 Konglomerat Indonesia Pilih Profesi Ini

Axton Salim (IG axtonsalim)

Gak cuma di luar negeri, anak-anak orang paling kaya di Indonesia juga diwarisi usaha oleh orangtuanya. Mereka juga bisa menduduki posisi-posisi penting di perusahaan, meski masih usia muda.

Kehidupan pribadi anak-anak orang terkaya di Tanah Air ini juga seringkali gak diketahui publik. Pasalnya, gak semua dari mereka aktif bermain media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Namun, jika kamu melihat situs perusahaan yang didirikan orangtua mereka, terlihat jelas seperti apa aktivitas mereka di kantor sehari-hari.

Penasaran profesi dan gaya hidup anak-anak orang paling kaya di Indonesia? Yuk simak ulasannya di bawah ini:

8. Andre Sukendra, Hendarta, dan Wardhana Atmadja

orang terkaya di indonesia
Jogi Hendra Atmaja (Industry)

Ketiga pria ini berada  urutan ke-10 putra orang paling kaya di Indonesia. Siapa lagi kalau bukan Jogi Hendra Atmadja, sang pendiri PT Mayora Indah Tbk.

Pria berusia kepala tujuh ini dulu duduk di posisi 25 sebagai orang terkaya di Indonesia. Namun, ketika kekayaannya meningkat hingga US$ 2,7 miliar (Rp 41 triliun) dia langsung duduk di peringkat 10.

Sampai saat ini, informasi soal gaya hidup ketiga putera mahkota Mayora ini memang gak pernah terkuak ke publik. Namun, ketiganya menduduki posisi penting di Mayora.

Anak sulung Jogi, Andre Sukendra, menduduki jabatan Direktur Utama. Sementara itu adiknya Hendarta menjabat sebagai Direktur Supply Chain, dan Wardhana merupakan Direktur Umum dan Operasional.

Tiga-tiganya merupakan jebolan universitas top di Amerika Serikat. Dan usut punya usut, mereka semua gak langsung memulai karier sebagai direktur di Mayora, melainkan dari manajer.

7. James Riady

James Riady. (Validnews.id)
James Riady. (Validnews.id)

Nama James Riady belakangan ini memang disebut-sebut di media lantaran kasus skandal Meikarta, dan kasus Korupsi Bupati Bekasi.

CEO Lippo Group ini merupakan putra konglomerat sekaligus orang ke-9 paling kaya di Indonesia, Mochtar Riady.

Sejatinya, James bukan anak sulung melainkan anak kedua dari Mochtar. Namun, memang lebih dipercaya mengurus bisnis sang ayah yang menggurita.

Lulusan kampus Australia ini merupakan sosok yang juga dekat dengan Bill Clinton. Selain itu, James juga sangat terkenal di Indonesia karena berhasil membesarkan Lippo Group.

Gaya hidup James Riady memang gak pernah terekspos media. Namun, gaya hidup putranyalah yang pernah dibahas, dan mungkin bikin kamu kaget.

James ternyata berhasil mendidik putranya, John, untuk bisa hidup sederhana. John bisa dikatakan frugal dalam urusan hidup, makanan favoritnya adalah masakan Padang, dia juga sering naik angkot, ojek, bahkan jarang menyalakan AC di rumah.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

6. Jonathan, Jane, dan Grace Tahir

Grace Tahir
Grace Tahir

Dari namanya, kamu mungkin sudah bisa nebak bahwa dia adalah putra-putri orang terkaya ke-8 di Indonesia, Dato Sri Tahir, yang sangat dermawan.

Selain sudah membantu Palu, Dato Sri Tahir juga baru saja menukar dolar pribadinya ke rupiah untuk membantu pemerintah menstabilkan nilai tukar mata uang.

Jonathan yang merupakan kelahiran 1987 ini memang ditunjuk sebagai pewaris takhta Mayapada Group. Dia memang merupakan anak lelaki satu-satunya di keluarga Tahir. Pemuda yang menggemari olahraga basket ini sempat bekerja di Bank Mayapada sebagai staf audit pada 2009 lalu. Saat ini, dia menjadi Presiden Komisaris di bank milik ayahnya.

Sementara itu, Jane Dewi Tahir yang lahir pada 1974 silam menduduki posisi Wakil Presiden Direktur Bank Mayapada. Kariernya di bank tersebut dimulai pada tahun 1998 sebagai kepala sub-cabang Bank Mayapada.

Dan Grace Tahir yang merupakan putri kedua Dato Sri Tahir, merupakan Direktur Rumah Sakit Mayapada. Perempuan yang juga sempat menjadi Direktur RS Siloam ini juga merupakan co-founder dari startup dokter.id.

Dato Sri Tahir juga punya putri bernama Victoria Tahir. Namun, informasi Victoria memang gak pernah beredar di media.

5. Putri Indahsari Tanjung

Mendengar nama belakangnya saja, kamu pasti sudah tahu bahwa dia adalah anak orang paling kaya di Indonesia nomor tujuh, bos CT Corp Chairul Tanjung. Putri Tanjung juga sempat disorot media karena aktivitasnya belakangan ini.

Kabarnya, saat masih berusia 15 tahun, Putri Tanjung sudah mendirikan usahanya yaitu sebuah event organizer bernama Creativepreneur Event. Meski anak orang kaya, bukan berarti Putri gak pernah jatuh bangun dalam usahanya.

Kabarnya, perempuan berparas cantik ini memang sering bolak-balik Indonesia – Amerika Serikat lho karena kuliah dan kerja.

Dan untuk ukuran anak orang kaya, gaya berpakaian Putri juga gak serba mahal. Dia pun bisa tampil sebagai seorang perempuan muda yang inspiratif.

4. Amit Lohia

 Sri Prakash Lohia (Instagram)
Sri Prakash Lohia (Instagram)

Amit Lohia adalah putra dari Bos Indorama Sri Prakash Lohia yang merupakan orang paling kaya di Indonesia urutan ke-5. Forbes kerap menyebut pria keturunan India ini sebagai Pangeran Poliester karena usaha yang digawangi Indorama adalah tekstil.

Saat ini, Amit menduduki posisi penting di Indorama, yaitu sebagai Managing Director. Sementara itu, perusahaan ini dipimpin pamannya sendiri yang bertindak sebagai CEO, Aloke Lohia.

Lahir di Delhi, Amit masih merupakan warga Bollywood meski pernah sekolah di Indonesia. Saat usianya menginjak 21 tahun, Amit sudah diminta bekerja di perusahaan milik ayahnya. Dia akhirnya belajar marketing sebelum menduduki posisi Managing Director.

3. Axton Salim

Axton Salim (IG axtonsalim)
Axton Salim (IG axtonsalim)

Axton merupakan putra dari Anthoni Salim dan cucu dari Liem Sioe Liong (Sudono Salim), pendiri Salim Group.

Putera Mahkota Salim Group ini ternyata aktif dalam bisnis di bidang teknologi, dan menjadi inisiator startup Block71. Block71 adalah inkubator startup yang digagas Salim Group dan National University of Singapore.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kalau kamu penasaran sama kantornya, kamu bisa ke Ariobimo Building lantai delapan. Startup yang telah didanai Block71 adalah Popbox (jasa kurir).

Axton yang merupakan lulusan Amerika Serikat juga pernah menduduki jabatan Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk sejak 2009, serta beberapa anak usaha milik Salim Group. Pria ini pun terlihat cukup energik. Kamu bisa lihat sendiri foto-foto beliau di akun Instagramnya.

2. Oei Hong Leong, Muktar, Teguh Ganda, Franky Oesman dan Indra Widjaja

Orang urutan kedua paling kaya di Indonesia ini sebenarnya memiliki banyak anak. Semua anaknya itu sukses jadi pengusaha.

Pertama, Oei Hong Leong, yang pada 2013 malah dinobatkan sebagai seorang pengusaha terkaya di Singapura urutan ke 23.

Dia adalah pimpinan dari Chip Lian Investment Canadian Metropolis Properties Corporation. Oei Hong Leong memang dididik dan dibesarkan untuk jadi orang tajir di negeri seberang.

Sementara itu, Muktar Widjaja menduduki posisi CEO Sinarmas Land Ltd. Lalu Teguh Ganda Widjaja menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Tjiwi Kimia Tbk dan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk.

Franky Oesman Widjaja, CEO Golden Agri Resources Ltd, sekaligus menjadi Wakil Presiden Komisaris PT Bumi Serpong Damai Tbk. Dan Indra Widjaja, memimpin anak usaha Sinarmas Group yang bergerak di bidang finansial, sebut saja seperti Asuransi Sinarmas dan PT Sinarmas Multi Artha Tbk.

1. Victor, Martin, dan Armand Hartono

Armand Hartono (Instagram)
Armand Hartono (Instagram)

Nah, ini dia anak sekaligus putera mahkota orang paling kaya di Indonesia. Generasi ketiga keluarga Hartono ini juga aktif berbisnis guna memperkuat eksistensi gurita bisnis keluarga mereka, Djarum Group.

Victor merupakan Presiden Djarum Group Foundation, dan Chief Operating Officer di PT Djarum.

Berdasarkan informasi di akun Linkedinnya, Victor memang sudah bekerja di perusahaan keluarganya selama 19 tahun! Ya gak heranlah dia kan memang jadi penerus kerajaan bisnis keluarganya.

Sedangkan Martin cukup aktif dalam bisnis digital yang erat dengan dunia kaum milenial. Penyandang sabuk cokelat Brazilian Jiujitsu ini pimpinan GDP Venture yang merupakan induk dari Kaskus, Blibli.com, Beritagar, Merah Putih Incubator.   

Dan Armand Hartono, adalah putra bungsu Robert Budi Hartono yang menjabat sebagai Deputi Direktur Bank BCA.

Armand adalah anak paling nyentrik karena gaya hidupnya cukup sederhana. Bayangin aja, dia pernah pakai sepatu robek, mematikan AC sebelum tidur, dan naik Toyota Innova untuk ngantor.

Itulah para anak-anak konglomerat dan orang paling kaya di Indonesia. Kalau diperhatikan mungkin ada yang kurang yaitu anaknya Dr Boen dan Susilo Wonowidjojo.

Kedua konglomerat itu kabarnya juga memiliki anak yang membantu usaha ayahnya. Namun, informasi soal putra-putri mereka memang gak pernah muncul di media.

Yang pasti, mereka semua juga aktif membesarkan bisnis orangtuanya agar menggurita. Dan ada beberapa juga yang akhirnya memutuskan untuk menjalankan usaha di bidang digital. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →