3 Anak Usaha BUMN Ini Diproyeksikan Bakal IPO Tahun 2020, Apa Saja?

anak perusahaan BUMN

anak perusahaan BUMN

Anak perusahaan BUMN di tahun 2020 banyak yang akan melakukan penawaran saham perdana alias IPO. Apa saja anak perusahaan BUMN yang dimaksud?

Seperti umumnya, saham perusahaan yang baru IPO pasti bakal meroket. Namun, terkadang di hari-hari tertentu harganya bisa langsung amblas.

Mengapa? Pasalnya, para investor kerap melakukan aksi ambil untung. Sederhananya adalah, ada aksi jual massal yang akhirnya menyebabkan harga saham yang baru IPO itu jadi anjlok.

Lantas, apa kabar kalau yang IPO adalah anak usaha BUMN? Apakah bakal tetap nanjak?

Untuk mengetahuinya, yuk kita cari tahu dulu perusahaan apa saja yang dimaksud:

1. PT Wijaya Karya Realty

anak perusahaan BUMN
PT Wijaya Karya Realty (Wikimedia)

Siapa yang gak tahu BUMN di bidang konstruksi PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) yang sahamnya sering direkomendasikan analis, pada awal 2019. Di tahun 2020, anak perusahaan BUMN konstruksi ini bakal IPO.

WIKA REALTY ini sudah mengembangkan beberapa perumahan perumahan sejak tahun 1985. Di tahun 2001, mereka melakukan diversifikasi usaha, dari yang dulunya cuma menjadi pengembang properti, sekarang menyediakan jasa manajemen properti hingga jasa konstruksi.

Rencana IPO ini sudah dijadwalkan tahun 2019, namun tertunda. Di tahun 2020, kabarnya mereka sudah dapat restu dari Kementerian BUMN. 

Target dananya yang akan dihimpun IPO ini berkisar antara Rp 2 triliun hingga Rp 2,5 triliun. Jumlah saham yang mereka lepas sebesar 30 persen.

Baca juga: 115 Perusahaan BUMN yang Jadi Tanggung Jawab Menteri Erick Thohir

2. PT PP Infrastruktur

anak perusahaan BUMN
PT PP Infrastruktur

Anak usaha BUMN PT Pembangunan Persero, Tbk (PTPP) sebenarnya sudah berencana melakukan IPO untuk beberapa anak usahanya, yaitu PT PP Infrastruktur dan PT PP Energi. Hanya saja, sepertinya mereka lebih memprioritaskan PT PP Infrastruktur untuk IPO. 

Mereka memang berniat menghimpun target dana sebesar Rp2,5 hingga Rp3 triliunan. 

Sekadar diketahui, PT PP Infrastruktur ini punya portfolio yang cukup terkenal. Beberapa di antaranya, proyek lintas rel terpadu (LRT) Metro Kapsul Tahap I di Bandung dan Metro Kapsul Bandung.

Baca juga: Bercuan Rp 285 Miliar, Ini 3 Anak Perusahaan Pertamina yang Bisa Kamu Beli

3. PT Adhi Commuter Properti

anak perusahaan BUMN
PT Adhi Commuter Properti

Dari nama depannya saja sudah jelas bahwa ini adalah anak perusahaan BUMN yang juga bergerak di bidang konstruksi, PT Adhi Karya tbk (ADHI). 

Perusahaan ini mengincar dana segar dari aksi IPO ini sekitar Rp2 triliun hingga Rp2,5 triliun. Perusahaan ini juga bergerak di bidang pengembangan properti berbasis transportasi publik. 

Beberapa proyek ACP yang terkenal adalah MTH 27 Office Suite, Royal Sentul Park, Gateway Park, hingga The Premiere MTH. Kira-kira menarik gak?

Baca juga: Ini Dia 20 Saham BUMN di Indeks BUMN20, Apa Aja?

Itulah tiga anak perusahaan BUMN yang bakal melantai di bursa saham tahun depan. Mudah-mudahan gak ada halangan deh ya, jadi gak ketunda-tunda IPO-nya! (Editor: Chaerunnisa) 

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis