Mengawali Karier Sebagai Management Trainee, Andre Soelistyo Kini Jadi Pimpinan di Gojek

Andre Soelistyo kini jadi pemimpin tertinggi di Gojek (Shutterstock).

Presiden Gojek yakni Andre Soelistyo dipercaya menggantikan posisi Nadiem Makarim yang secara resmi mengundurkan diri sebagai CEO pasca keputusannya untuk bergabung dengan pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin.

“Posisi saya di Gojek sudah mundur dan tidak ada kewenangan sama sekali. Tidak ada kekuasaan apa pun di dalam Gojek,” terang Nadiem kepada media di Istana Negara, Jakarta Pusat pada tanggal 21 Oktober 2019, mengutip dari Kompas.

Posisi pucuk kepala di Gojek pasca ditinggal oleh Nadiem Makarim bakal diisi oleh Presiden Gojek yakni Andre Soelistyo serta Co-founder Kevin Aluwi. Mereka berdua akan berbagi tanggung jawab dengan jabatan sebagai co-CEO.

Hal tersebut dipastikan oleh Nila Marita yang menjabat sebagai Chief Corporate Affairs Gojek melalui pernyataan resminya.

Proses pemilihan Menteri Kabinet Kerja Jilid 2 yang dipimpin oleh presiden Jokowi belakangan ini emang menarik perhatian publik. Karena memunculkan beberapa nama baru yang sebelumnya gak diperkirakan publik.

Sebagai konsekuensinya maka muncul nama baru salah satunya Andre Soelistyo yang sebelumnya jarang diketahui oleh masyarakat. Kamu termasuk? Yuk langsung aja kita lihat rekam jejak pendidikan hingga kariernya, melansir dari akun Linkedin pribadinya.

Andre Soelistyo merupakan lulusan Universitas di Australia

Untuk menduduki posisi yang strategi tentunya seseorang perlu memiliki latar belakang pendidikan yang baik.

Andre sendiri mengambil  jurusan Teknologi Informasi di University of Technology, Sydney. Gelar yang dimilikinya adalah Bachelor of Science in Information Technology (BSc).

Selama duduk di bangku kuliah ia juga aktif berorganisasi dengan menjadi ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia, New South Wales (PPIA NSW).

Karier Andre Soelistyo dimulai pada tahun 2005 sebagai Management Trainee

Andre Soelistyo
Andre Soelistyo Gojek

 

Sebelum menduduki posisi strategis di startup Gojek, Andre sempat berlabuh di 3 perusahaan besar dengan rincian sebagai berikut:

Management Trainee, Triputra Group (2005 – 2008)

Setelah lulus, Andre mengawali karir profesionalnya sebagai Management Trainee dari tahun 2005 hingga 2008. Perusahaan yang berani menerima tanda tangannya adalah Triputra Group yang bergerak di 4 bidang usaha yakni agribisnis, mining, manufaktur serta trading and services.

Head of Corporate Finance, PT Delta Dunia Makmur Tbk ( 2009 – 2011)

Selanjutnya ia melanjutkan karier di PT Delta Dunia Makmur Tbk dan menjabat sebagai Head of Corporate Finance selama 2 tahun dari 2009 hingga 2011. Korporasi ini memiliki bisnis utama di bidang pertambangan dan udah IPO di Bursa Efek Indonesia dengan kode perusahaan DOID. 

Executive Director, Northstar Group ( 2008 – 2016)

Perusahaan selanjutnya yang pernah dijajaki oleh Andre Soelistyo adalah Northstar Group terhitung dari bulan Juli 2008 hingga Januari 2016. Di perusahaan tersebut ia menjabat sebagai Executive Director.

Gojek, Presiden (2016 – 2019)

Posisi terakhir yang dijabat oleh Andre Soelistyo sebelum menduduki posisi co-CEO Gojek adalah Presiden dengan durasi waktu 3 tahun 10 bulan. Karena kontribusi yang besar serta posisinya yang krusial maka ia didapuk sebagai orang kepercayaan menggantikan posisi Nadiem Makarim.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Nah itulah sedikit informasi tentang Andre Soelistyo yang menjabat sebagai co-CEO dari Gojek. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →