Gagal Tes Doping, Pembalap MotoGP Andrea Iannone Berpotensi Kehilangan Rp 17 M!

Andrea iannone

Andrea iannone

Pembalap tim Aprilia, yaitu Andrea Iannone gagal lolos tes doping yang digelar pada seri di Sepang, Malaysia, 3 November 2019. Kabar dari dunia olahraga otomotif MotoGP terkait Andrea Ionnone itu tentu jadi pukulan telak bagi tim Indonesia. 

Seperti dilansir dari Independent, Ianonne gagal tes urine karena Federasi Olahraga Motor Dunia (FIM) menemukan zat bernama Exogenous Anabolic Androgenic Steroids yang dilarang. Tentunya kabar ini mengejutkan banyak pihak, termasuk dirinya sendiri.

“Saya ingin meyakinkan fans dan tim Aprilia Racing jika saya tidak panik menghadapi situasi ini. Saya orang yang terbuka, namun kali ini saya cukup terkejut karena tidak ada komunikasi resmi,” tulis Andrea Iannone dalam posting-an di Instagramnya, 18 Desember 2019.

Hal tersebut membuatnya terancam mengikuti musim 2020 karena FIM melarang Iannone membalap dalam kurun waktu belum ditentukan. 

Padahal, pembalap yang lahir di Vasto, Italia tanggal 9 Agustus 1989 ini namanya cukup populer karena memiliki karier lumayan mentereng di kancah balap dunia.

Dengan keputusan tersebut, kira-kira berapa ya potensi uang yang hilang dari saku Andrea Iannone per tahunnya? Yuk, ketahui daftar lengkapnya di sini:

Berpotensi kehilangan gaji senilai Rp 17 miliar

Andrea iannone
Berpotensi kehilangan gaji senilai Rp 17 miliar

Sebagai pembalap, pasti sumber pendapatan utama Andrea Iannone berasal daj gaji yang diberikan tim seusai tanda tangan kontrak. 

Pria berzodiak Leo ini ternyata memiliki upah yang lumayan besar, seperti dilansir dari iMotorbike:

Nama pembalap MotoGP 2019 Gaji per tahun (dalam Euro)
Marc Marquez 13,3 – 16 juta
Valentino Rossi 8,9 juta
Anrea Dovizioso 6,2 juta
Maverick Vinales 4,45 juta
Jorge Lorenzo 4,2 juta
Danilo Petrucci 2,5 juta
Johann Zarco 2,2 juta
Cal Crutchlow 2,2  juta
Alex Rins 1,8 juta
Joan Mir 1,11 juta
Andrea Iannone 1,1 juta
Pol Espargaro 890 ribu
Aleix Espargaro 800 ribu
Hafizh Syahrin 800 ribu
Miguel Oliveira 669 ribu
Franco Morbidelli 656 ribu
Jack Miller 534 ribu

Dari tabel tersebut, bisa dilihat Iannone berada di peringkat kesebelas dengan bayaran sekitar 1,1 juta Euro atau setara Rp 17 miliar per tahunnya. Angka yang lumayan fantastis, bukan?

Baca juga: Mengagumkan! 5 Pembalap Indonesia Ini Sukses Berkarier Hingga Mancanegara

Deretan prestasi yang diukir Andrea Iannone

Andrea iannone
Deretan prestasi yang diukir (express.co.uk)

Sudah memasuki ajang balap motor profesional dari tahun 2005, Iannone tentu memiliki segudang prestasi yang diukir dari kelas 125 cc hingga MotoGP. 

Selama 14 tahun berkiprah, dia sudah mengumpulkan sebanyak 1.567 poin, 35 kali naik podium dan memenangkan 13 kali seri balapan.

Mungkin GP Austria tahun 2016 menjadi balapan yang gak terlupakan olehnya karena menjadi juara untuk pertama kali di kelas MotoGP bersama dengan tim Ducati. 

Saat itu, Andrea Iannone mengalahkan para pesaingnya seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo bahkan Marc Marquez. Sayangnya, dia belum pernah mencicipi gelar juara dunia MotoGP sepanjang kariernya.

Baca juga: Cantik dan Menawan di Lintasan Sirkuit, 5 Pembalap Wanita Ini Dijamin Bikin Jatuh Cinta!

Itulah fakta menarik tentang pembalap MotoGP Andrea Iannone. Semoga masalah yang sedang dihadapinya bisa cepat selesai dan kembali mengaspal di arena balap ya! (Editor: Chaerunnisa)