21 Jenis Masakan Nusantara Jadi Menu Makanan di Garuda Indonesia

Indonesia emang dikenal dengan kekayaan akan budaya dan kulinernya. Beragam masakan nusantara kini menjadi menu andalan maskapai penerbangan nasional. Salah satunya nih Garuda Indonesia yang menyediakan aneka masakan sebagai menu di setiap rute penerbangannya.

Keputusan ini emang sengaja dibikin oleh manajemen Garuda Indonesia sebagai salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. Hal tersebut juga dilakukan sebagai bentuk delegasi kalau aneka masakan ini bisa menarik wisatawan baik dalam dan luar negeri.

Seperti dikutip dari Suaramerdeka.com, Minggu, (3/3/2019), masakan nusantara dijadikan tajuk oleh Garuda Indonesia yang diberi nama “The New Signature Dish of Indonesia”. Tuh kan! Kamu sebagai anak Indonesia mestinya bangga lho karena aneka masakan yang datang dari berbagai daerah dijadikan menu andalan.

Seperti disebutkan di atas tadi, masakan-masakan Indonesia ini sangat penting buat diplomasi kuliner ala Garuda Indonesia kepada wiasatawan. Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vita Datau Messakh, sangat menyambut baik cara Garuda Indonesia menyajikan aneka masakan-masakan nusantara di setiap rutenya.

“Upaya ini kamu yakin akan semakin mempopulerkan menu masakan nusantara kepada wisatawan,” ujar Vita Datau Messakh.

Gak tanggung-tanggung lho, Garuda Indonesia menyajikan 21 menu kuliner Indonesia “The New Signature Dish of Indonesia” belum lama ini di Terminal 3 Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Dengan adanya 21 menu masakan Indonesia yang dihadirkan dalam rute penerbangannya kali ini, Vita Datau mengatakan kalau kuliner itu bisa memberi kontribusi terbesar bagi sektor ekonomi kreatif atau mencapai 42 persen.

“Diplomasi kuliner sendiri merupakan media yang sangat ‘powefull’ untuk membuka diplomasi-diplomasi lainnya termasuk sosial, ekonomi, dan politik,” tambah Vita.

Siapa sih yang gak pernah menggunakan penerbangan Garuda Indonesia? Pasti kamu semua udah pernah kan naik armada dari maskapai kebanggaan Indonesia ini.

Baca juga: 5 Fasilitas Mewah yang Diperoleh Penumpang Kelas Satu Garuda

21 varian menu masakan nusantara bakal hadir di penerbangan Garuda Indonesia 

21 varian menu masakan nusantara bakal hadir di penerbangan Garuda Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pasti kamu pernah menemukan menu Indonesia saat disajikan oleh pramugari maupun pramugara Garuda Indonesia. Seperti nasi kuning, nasi uduk maupun rendang pernah kamu cicipi ketika terbang dengan Garuda.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, mengatakan nih kalau 21 varian menu baru ini merupakan komitmen Garuda Indonesia buat memperkenalkan makanan khas nusantara ke dunia internasional.

Emang kuliner Indonesia udah terkenal banget bagi turis-turis asing, seperti satai ayam, rendang, nasi goreng hingga ayam opor. Pikri juga mengungkapkan kalau adanya menu baru dalam penerbangan Garuda ini buat mendukung sektor bisnis kuliner lokal.

Baca juga: Mau ke Inggris Lewat Bali, Kini Bisa Naik Garuda Indonesia

“Hadirnya varian ‘new inflight’ menu di pesawat tersebut juga merupakan bagian dari komitmen maskapai dalam menyelaraskan harapan konsumen yang menginginkan ragam menu yang berbeda pada penerbangan Garuda Indonesia,” ujar Pikri.

Nah, itu dia penjelasan soal hadirnya aneka masakan yang bakal ada di setiap penerbangan Garuda Indonesia baik domestik maupun internasional. Makanan juga bisa dijadikan sebagai identitas negara kita nih, maka dari itu jangan pernah berhenti buat memperkenalkan aneka budaya  termasuk masakan nusantara. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).