Apa Itu Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)? Keluarga Muda Wajib Tahu

Potret keluarga muda nan bahagia (Shutterstock).

Asuransi jiwa murni punya banyak jenis dan asuransi jiwa berjangka (term life) menjadi salah satu jenisnya. Apa itu asuransi jiwa berjangka? Cukup banyak orang yang bingung ketika hendak memilih asuransi jiwa murni. Kebingungan mereka dikarenakan asuransi jiwa itu ternyata terdiri dari beberapa jenis.

Pada dasarnya, tiap-tiap jenis asuransi jiwa dibedakan berdasarkan masa pertanggungan hingga manfaat pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris.  Menariknya, kesadaran orang-orang Indonesia buat membeli premi asuransi jiwa belakangan ini meningkat. Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) tahun 2019 menunjukkan peningkatan pertumbuhan pada kuartal ke-3 sebesar 14,7 persen (menjadi Rp 171,83 triliun).

Peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kuartal ke-3 tahun 2018. Pada kuartal tersebut di tahun 2018, pertumbuhan asuransi jiwa mencatatkan angka Rp 149,87 triliun.

Tentu aja kamu yang sedang membaca tulisan ini termasuk salah satu orang yang punya keinginan membeli polis asuransi jiwa, tapi masih perlu memahami lebih jauh tentang asuransi ini.

Nah, ulasan kali ini mau menyampaikan informasi-informasi yang sebaiknya kamu ketahui soal asuransi term life. Seperti apa ulasannya? Yuk, disimak.

Apa itu asuransi jiwa berjangka (asuransi jiwa term life)?

Seorang pria sedang mengisi form asuransi jiwa (Shutterstock).
Seorang pria sedang mengisi form asuransi jiwa (Shutterstock).

Asuransi jiwa berjangka atau asuransi jiwa term life adalah jenis asuransi jiwa murni yang manfaatnya bisa dirasakan selama periode tertentu. Istilah periode tertentu inilah yang dikenal dengan nama masa pertanggungan dalam jangka waktu tertentu.

Lebih jelasnya kalau tertanggung (si pembayar premi) meninggal selama masa tertanggung, ahli waris punya hak atas manfaat asuransi jiwa berjangka berupa uang pertanggungan dan manfaat-manfaat lainnya dari perusahaan asuransi.

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi tersebut dengan penawaran yang terbilang kompetitif. Perusahaan-perusahaan tersebut memberi tawaran asuransi jiwa term life lebih dari sekadar uang pertanggungan dengan premi yang murah.

Manfaat lebih dari sekadar uang pertanggungan ini (pertanggungan luas) mencakup pemberian santunan, pembebasan premi, hingga pertanggungan kredit.

Keuntungan-keuntungan asuransi jiwa berjangka (term life)

Asuransi jiwa juga penting untuk kamu miliki (Shutterstock).
Asuransi jiwa juga penting untuk kamu miliki (Shutterstock).

Mereka yang baru pertama kali hendak membeli polis asuransi jiwa tentu aja melakukan penelusuran informasi lebih dalam agar menemukan pilihan yang tepat. Asuransi jiwa berjangka dapat menjadi pilihan bagi keluarga muda dengan bujet yang terbatas.

Nah, kalau kamu salah satu dari mereka yang mencari asuransi jiwa pertama, ada baiknya mengetahui keuntungan-keuntungan dari asuransi term life di bawah ini sebagai bahan pertimbangan.

1. Premi asuransi jiwa term life lebih terjangkau

Dibandingkan jenis-jenis asuransi jiwa lainnya, premi asuransi jiwa berjangka terbilang terjangkau. Kenapa bisa demikian? Sebab asuransi punya masa pertanggungan terbilang singkat dimulai dari 1 tahun.

2. Asuransi jiwa term life memberi banyak pilihan masa pertanggungan

Banyak opsi masa pertanggungan yang bisa dipilih dari asuransi ini. Kamu bisa membayar premi selama 1 tahun atau bahkan 30 tahun. Pemilihan masa pertanggungan sebaiknya didasari kondisi keuanganmu. Misalnya aja sebagian besar pendapatanmu dianggarkan buat memenuhi tiga orang anggota keluarga. 

Asuransi dengan masa pertanggungan 10 – 30 tahun bisa menjadi pilihan yang cocok. Sebab kamu membayar premi asuransi jiwa dari awal hingga akhir masa pertanggungan dengan besaran yang sama.

3. Asuransi jiwa term life cocok buat mereka yang baru membina rumah tangga

Pernikahan menjadi seremoni yang paling menguras biaya di Indonesia. Memulihkan kondisi keuangan pascamenikah menjadi fokus mereka yang baru menikah sampai-sampai pembelian polis asuransi jiwa ditunda dulu.

Padahal, dengan membeli polis asuransi jiwa berjangka, mereka yang baru berkeluarga dapat memiliki proteksi keuangan berbiaya murah. Dengan kata lain, pengeluaran buat asuransi jiwa term life gak bakal sampai membebani keuanganmu.

4. Asuransi jiwa term life lebih simpel dan mudah dipahami

Memilih asuransi ini sebagai pilihan pertama asuransi jiwa dapat menjadi awalan yang baik dalam memiliki proteksi keuangan. Kamu cuma perlu memilih jenis asuransi ini berdasarkan: jumlah uang pertanggungan, lamanya masa pertanggungan, dan perusahaan asuransi yang menawarkan. Intinya, selama kamu disiplin membayar premi, manfaat dari asuransi jiwa bakal dirasakan.

Ditambah lagi menemukan asuransi jiwa berjangka terbaik menjadi lebih mudah dan cepat dengan membandingkan pilihan satu dan pilihan lainnya di Lifepal. Kamu gak cuma menemukan pilihan terbaik, tapi juga dapat melakukan klaim lewat Lifepal. Mau tahu lebih lanjut? Temukan pilihan yang cocok sekaligus terbaik di halaman asuransi pada website Lifepal.co.id. (Editor: Winda Destiana Putri).