Apa Itu E-Banking? Belajar Gratisan dan Kupas Tuntas Soal ATM sampai Video Banking, Yuk!

apa itu e-banking

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai organisasi independen yang bertugas melototin dan mengatur segala hal seputar layanan keuangan baru saja ngerilis buku Bijak Ber-E-Banking. Buku berisi banyak ilmu ini bisa di-download gratis di situs OJK!

 

Buku Bijak Ber-E-Banking diterbitkan buat membantu masyarakat yang pengen lebih paham soal produk dan layanan electronic banking. Sebab, meski layanan canggih ini banyak manfaatnya, gak jarang orang belum bisa memaksimalkan.

 

Selain itu, ada yang belum memahami risiko dari penggunaan e-banking. Isi buku gratisan ini bakal bikin kita lebih melek  dan paham apa itu e-banking serta cara memaksimalkannya.

 

Mau tahu apa itu e-banking dan produk canggih yang ditelanjangi di buku panduan e-banking OJK ini? Simak penjelasan singkatnya di bawah:


1. ATM

Di Indonesia, ATM adalah Anjungan Tunai Mandiri. Nama aslinya Automated Teller Machine. Udah pada tahu dong fungsi ATM?

 

apa itu e-banking

Dari kota sampe pelosok, ATM pasti bisa ditemuin. Bayangin kalo nggak ada ATM, hidup bakal ribet kan

 

 

Dalam buku Bijak Ber-E-Banking disebutkan ada 4 tipe ATM:

 

  1. ATM tunai
  2. ATM non-tunai
  3. ATM yang menerima setor tunai
  4. ATM yang melayani semua transaksi di atas

 

Dalam  buku ini disebutkan fitur ATM yang beragam. Juga cara kerjanya dari awal sampai akhir.

 

[Baca: Yakin Udah Tahu Cara Pakai ATM yang Betul? Termasuk Biaya-biayanya?]

 

2. EDC

Pernah bayar pakai kartu ATM/kredit/e-money terus kartunya digesek ke alat oleh kasir? Alat itulah yang disebut EDC alias Electronic Data Capture.

 

apa itu e-banking

Mesin EDC memungkinkan kita membayar transaksi tanpa uang tunai. Praktis belanja tanpa ribet ngitung duit

 

 

EDC bisa dipakai buat transaksi di toko-toko dan pusat perbelanjaan. Di buku ini diterangkan cara kerja EDC secara gamblang.

 

Kalau kamu ngira EDC hanya bisa dipakai dengan cara digesek, baca deh buku ini. Ada juga EDC yang berfungsi dengan cara menempelkan kartu ke mesin itu.

 

[Baca: Cara Kerja Mesin EDC: Ngambil Duit Gak Perlu ke ATM, Cukup Gesek Kartu]

 

3. Internet banking

Punya koneksi Internet jangan cuma dipakai buat Twitter-an atau Facebook-an doang. Internet bisa dimanfaatin buat jualan juga.

 

Biar usaha lancar, pahami cara kerja Internet banking lewat buku dari OJK ini. Internet banking adalah layanan dari bank buat nasabah yang mau melakukan transaksi lewat Internet, misalnya transfer, cek saldo, dan bayar pembelian barang.

 

apa itu e-banking

 Internet banking ibarat punya teller pribadi. Hampir semua transaksi bisa dilakukan dengan internet banking

 

 

Lewat Internet banking, gak perlu repot-repot ke ATM atau bank buat transfer duit. Apalagi kalau mau sekadar cek saldo. Tinggal klik..klik..klik mouse atau pencet-pencet layar smartphone canggihmu.

 

[Baca: Transaksi dengan Internet Banking Bisa Bikin Kamu Berhenti Ngeluh “Repot Musti Nyari ATM Dulu!”]


4. SMS banking

Fitur SMS banking mirip dengan Internet banking, tapi gak perlu pakai Internet kalau pakai layanan ini. Yang penting, kita gak fakir pulsa alias punya stok pulsa cukup.

 

apa itu e-banking

Fitur SMS banking juga agak dilupakan sekarang semenjak ada internet dan mobile banking. Tapi SMS banking juga penting sewaktu-waktu sinyal internet nggak mengkover area kamu

 

 

Soalnya layanan ini pakai mekanisme SMS. Untuk bisa pakai layanan SMS banking, harus daftar dulu ke bank terkait. Mau tahu cara lengkapnya, baca buku dari OJK ini.

 

[Baca: Pahami Cara Pakai SMS Banking, Simpel dan Gak Perlu Pakai Internet]


5. Mobile banking

Mobile banking bisa dibilang ada di tengah-tengah Internet banking dan SMS banking. Lewat mobile banking, kita bisa melakukan transaksi perbankan di mana pun dan kapan pun.

 

apa itu e-banking

 Fitur ajib buat pribadi yang mobile kayak kamu. Transaksi perbankan bisa dilakuin dimana aja asal ada sinyal internet

 

 

Tapiiii…harus pakai smartphone/tablet yang SIM card-nya udah didaftarin ke bank atau ada aplikasi bank yang udah terinstal di gadget itu. Jadi, lewat mobile banking bisa bertransaksi lewat SMS maupun jaringan Internet.

 

[Baca: Percuma Punya Hape Canggih Kalau Gak Ngerti Apa Itu Mobile Banking]


6. E-Commerce

Yang doyan belanja online, kudu tahu soal produk ini. E-commerce bisa disebut sebagai pasarnya Internet. Di sini, kita bisa jual-beli barang seperti layaknya di toko atau pasar betulan.

 

 

apa itu e-banking

Waspadai kejahatan e-commerce. Mending baca buku panduan e-commerce dulu daripada kebobolan

 

 

Karena pasarnya ada di Internet, otomatis bayarnya juga bisa lewat Internet. Di buku ini diterangin apa itu e-commerce dan bagaimana bertransaksi tanpa takut dicolong duitnya di Internet.

 

[Baca: Siap Bikin Sukses Bisnismu dengan Manfaat E Commerce di Indonesia?]

 

7. Phone banking

Phone banking mungkin gak terlalu familier buat kita. Lewat fitur ini, kita tinggal menelepon bank untuk melakukan transaksi. Jadi, gak perlu pakai Internet, SMS, atau dateng ke ATM.

 

apa itu e-banking

Ditengah segudang inovasi digital, phone banking kayaknya kalah pamor dibanding internet atau mobile banking

 

 

Tinggal telepon, beres. Tapi sebelum bisa pakai layanan ini kita wajib daftar dulu ke bank. Gak bisa asal telepon minta tagihan listrik dibayar lunas.

 

[Baca: Cara Kerja Phone Banking: Mau Transfer Dana sampai Isi Pulsa? Tinggal Telepon]

 

8. Video banking

Teknologi video banking juga gak sepopuler Internet banking ataupun SMS banking. Sebab memang bank hanya membuka layanan ini di tempat dan waktu tertentu, misalnya di mal pada Sabtu-Minggu.

 

apa itu e-banking

Kudu pinter adaptasi biar nggak gaptek. Salah satu bank yang udah berinovasi lewat video banking adalah BCA

 

 

Lewat video banking, kita bisa bertransaksi seperti di loket bank. Jadi, kita akan berkomunikasi langsung dengan petugas bank, tapi lewat video. Buat yang LDR-an ama pacar, pasti sedikit-banyak udah tahu gimana rasanya komunikasi lewat video dengan seseorang kayak di layanan ini.

 

 

Delapan fitur e-banking di atas diulas tuntas di buku panduan e-banking OJK. Penting bagi kita untuk paham layanan itu biar gak bingung dan gak dikerjain orang pas menggunakan fitur-fitur tersebut.

 

Buat yang lagi jomblo, buku ini bisa juga dijadiin alat buat cari gebetan, lho. Siapa tahu cewek yang ditaksir gak ngerti apa itu Internet banking, bisa deh kita ambil kesempatan.

 

Abis baca buku panduan tentang apa itu e-banking dari OJK, kita jelasin deh panjang-lebar soal Internet banking sambil curi-curi kesempatan. Caranya, bilang gini: “Abang tahu caranya pakai Internet banking. Tar Abang ajarin di kafe sekalian makan, Abang yang bayarin.” Cieee..cieee.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.businesspundit.com/wp-content/uploads/2015/10/ATM-Fees-at-all-time-highs.jpg
  • http://3merchantaccounts.com/images/4b3934a54be69.jpg
  • http://www.businesskorea.co.kr/sites/default/files/field/image/internet%20banking_0.jpg
  • http://sidomi.com/wp-content/uploads/2013/11/SMS-Banking-640×375.jpg
  • http://www.businesskorea.co.kr/sites/default/files/field/image/mobilebanking.jpg
  • http://c3metrics.com/wp-content/uploads/2015/10/ecommerce.png
  • http://personelbusinessbank.com/images/pic2.jpg
  • http://www.gadgetgaul.com/wp-content/uploads/2014/09/VideoBanking-myBCA-GG.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →