Apa Itu Indeks Harga Saham? Ini Pengertiannya dan Daftarnya yang Tercatat di BEI

indeks harga saham

Pergerakan harga saham diketahui dengan melihat indeks harga saham. Apa itu indeks harga saham?

Keberadaan indeks harga saham sangat membantu para investor dalam mengambil keputusan investasi. Begitu juga dengan investor pemula yang sebaiknya memahami betul penggunaan indeks, agar setiap keputusan yang diambil gak asal-asalan.

Menariknya, indeks harga saham sangat banyak jumlahnya. Di Indonesia aja, jumlah indeks mencapai 24 berdasarkan informasi yang dicatatkan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Buat kamu yang mau mengetahui informasi indeks harga saham lebih jauh, ulasan berikut ini siap membantu kamu dalam memahaminya. Langsung aja yuk disimak.

Apa itu indeks harga saham? Ini pengertiannya

melihat grafik harga saham dengan kaca pembesar
Apa itu indeks harga saham? (Shutterstock)

Dalam ulasan Apa Itu Pasar Saham? Ini yang Investor Pemula Wajib Tahu, cara memahami pasar saham adalah dengan melihat indeksnya. Sebenarnya, apa itu indeks harga saham?

Indeks harga saham adalah indikator atau ukuran yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar saham atau sebagian pasar. Saat indeks bergerak naik, saham-saham yang dimasukkan ke dalam indeks bergerak naik. Begitu pun sebaliknya.

Gambaran yang disajikan dari indeks harga saham menjadi pedoman investor dalam menghitung lalu menentukan tingkat pengembalian dari waktu ke waktu. Penentuan tingkat pengembalian ini dilakukan dengan membandingkan tingkat indeks saat ini dan tingkat indeks pada masa lalu.

Indeks harga saham dibuat dalam beberapa pilihan, tergantung dari saham-saham yang dimasukkan, sektornya, papan pencatatan, hingga pembuat indeks itu sendiri. Jumlah saham yang dimasukkan juga berbeda-beda di tiap-tiap indeks.

Kini, pemanfaatan indeks bukan cuma mengukur tingkat pengembalian. Indeks juga digunakan sebagai pilihan instrumen investasi dalam bentuk reksa dana indeks dan Exchange Traded Fund (ETF).

Ini alasan pentingnya menggunakan indeks harga saham dalam berinvestasi

lembaran grafik harga saham
Indeks digunakan untuk mempertimbangkan banyak hal. (Shutterstock)

Mengapa seseorang perlu menggunakan indeks harga saham buat berinvestasi? Ada beberapa alasan investor membuat keputusan dengan mempertimbangkan indeks. Alasannya antara lain:

  • Mengikuti indeks saham yang populer dapat menjadi gambaran umum tentang kondisi pasar saham secara keseluruhan.
  • Mengikuti indeks saham yang kurang populer dapat memberi gambaran kinerja segmen pasar tertentu lalu membandingkannya dengan kondisi pasar keseluruhan.
  • Indeks saham yang melahirkan reksa dana indeks dan ETF bisa menjadi pilihan cocok investasi tanpa ribet dan dalam jangka waktu yang lama.

Tujuan dari indeks saham adalah memberi kemudahan bagi para investor dalam memantau perkembangan pasar saham tanpa mengikuti naik turunnya tiap-tiap saham.

Daftar indeks harga saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI)

daftar indeks harga saham di bursa efek indonesia
Sejumlah indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Shutterstock)

Indonesia menjadi salah satu negara dengan indeks harga saham dalam jumlah banyak. Kendati demikian, jumlah indeks saham di Indonesia masih kalah banyak dengan jumlah indeks Amerika Serikat yang mencapai 5.000.

Di bawah ini daftar indeks saham di Indonesia yang tentu aja dapat dimanfaatkan investor sebagai pertimbangan dalam berinvestasi.

Indeks harga saham Deskripsi
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indeks yang digunakan dalam mengukur pergerakan semua saham di BEI.
Indeks LQ45 Indeks yang digunakan buat mengukur pergerakan harga 45 saham terpilih dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan ditunjang fundamental yang baik.
Indeks IDX30 Indeks yang digunakan buat mengukur pergerakan harga 30 saham yang punya likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan ditunjang fundamental yang baik.
Indeks IDX80 Indeks yang digunakan buat mengukur pergerakan harga 80 saham yang punya likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan ditunjang fundamental yang baik.
Indeks IDX Value30 (IDXV30) Indeks yang mengukur pergerakan harga 30 saham yang punya valuasi harga yang rendah dengan likuiditas serta keuangan yang baik. 
Indeks IDX Growth30 (IDXG30) Indeks yang mengukur pergerakan harga 30 saham yang punya tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta keuangan yang baik.
Indeks KOMPAS100 Indeks hasil kerja sama dengan Kompas Gramedia yang mengukur pergerakan harga 100 saham dengan likuiditas yang baik dan kapitalisasi pasar yang besar.
Indeks IDX SMC Composite Indeks yang mengukur pergerakan harga saham-saham dengan kapitalisasi pasar kecil dan menengah.
Indeks IDX SMC Liquid Indeks yang mengukur pergerakan harga saham-saham dengan likuiditas tinggi serta punya kapitalisasi pasar kecil dan menengah.
Indeks IDX High Dividend 20 Indeks harga 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividen dengan yield yang tinggi.

Indeks saham yang ada pada daftar di atas cuma sebagian aja. Masih banyak indeks saham lainnya di Indonesia. 

Dengan mengetahui indeks harga saham, alasan kenapa sebaiknya menggunakan indeks, hingga daftar indeks yang tercatat, kamu memiliki banyak pertimbangan sebelum akhirnya mengambil keputusan investasi.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Temukan informasi lainnya seputar pasar saham dan investasi dalam ulasan lainnya di Lifepal Media. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →