Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Mengatur Bujet

pembayaran online

Aplikasi keuangan adalah aplikasi di smartphone yang dapat membantu Anda mengelola keuangan secara praktis. Aplikasi keuangan umumnya memiliki fitur pencatatan keuangan seperti pemasukan dan pengeluaran.

Aplikasi keuangan sebetulnya membantu Anda untuk mencatat pengeluaran harian tanpa harus mencatat dalam buku catatan atau buku keuangan. Karena lebih praktis dan paperless, aplikasi keuangan mulai banyak digunakan sebagai alat untuk mengelola pengeluaran.

Bagi generasi milenial yang melek finansial, aplikasi keuangan sangat dibutuhkan untuk memonitor pengeluaran harian agar tidak melebihi bujet yang sudah direncanakan di awal bulan. Dengan begitu, mereka bisa mengerem pengeluaran agar bisa lebih berhemat.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi keuangan terbaik yang dapat diunduh di Google Play Store secara gratis.

Daftar Aplikasi Keuangan

Daftar Aplikasi Keuangan

Ada lima pilihan aplikasi yang sudah terkenal dan efektif mengatur keuangan, termasuk bujet harian Anda. Mari kita telaah satu-persatu di bawah ini.

Catatan Keuangan Harian

Aplikasi karya anak Surabaya ini sudah diinstal lebih dari 1 juta kali. Ukurannya hanya sekitar 3,5 MB saja. Jadi tidak akan terlalu membebani smartphone Anda.

Secara sederhana, aplikasi ini akan mencatat pemasukan dan pengeluaran. Secara khusus, pemasukan dan pengeluaran tersebut akan dibedakan berdasarkan kategori yang sudah ditentukan. Misalnya pemasukan dari gaji atau pemasukan dari kerja sampingan.

Anda bisa melakukan pencatatan pengeluaran harian dengan sangat mudah. Selain itu, jika terjadi kesalahan input, Anda juga bisa mengeditnya secara mudah.

Nantinya, terdapat kolom laporan pengeluaran dan kolom laporan pemasukan secara sederhana dan dapat dengan mudah dipahami. Keunggulannya, data laporan keuangan ini bisa ditransfer ke dalam bentuk file Excel, sehingga Anda bisa menyimpan riwayat data-data laporan keuangan dengan baik di perangkat yang berbeda atau mengunggahnya di cloud atau penyimpanan di awan seperti Google Drive.

Uangku

Aplikasi buatan dalam negeri ini cocok sekali untuk Anda yang memang sudah merencanakan tabungan dan menganggarkan bujet pengeluaran selama satu bulan penuh. Secara otomatis, aplikasi ini akan menghitung pengeluaran maksimal setiap hari.

Ukuran aplikasi ini 12 MB dan sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan tingkat kepuasan review 4.0. Pengembang aplikasi ini merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia, PT Smartfren Telecom Tbk.

Selain mencatat pengeluaran, aplikasi Uangku juga bisa mencatat potensi pemasukan di masa yang akan datang. Misalnya, bulan depan kamu punya potensi pemasukan sebesar Rp1 juta, sudah bisa dimasukkan atau dicatat dalam aplikasi ini pada periode sebelumnya.

Uniknya, aplikasi Uangku sudah bisa memisahkan pengeluaran berdasarkan kategori atau kebutuhannya masing-masing. Misalnya alokasi khusus untuk makan siang dipisahkan dengan alokasi khusus untuk membeli snack atau belanja kebutuhan lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa melihat arus kas berdasarkan kategorinya masing-masing. Laporan keuangan jadi lebih rapi dan terstruktur.

Pengeluaran Bulanan

Aplikasi Keuangan Pengeluaran Bulanan

Aplikasi keuangan buatan orang Palembang ini termasuk aplikasi yang memiliki rating tinggi 4,3 dan sudah diunduh lebih dari 100 ribu. Ukuran file aplikasi pengeluaran bulanan sekitar 5,3 MB tidak membutuhkan ruang penyimpanan terlalu besar untuk smartphone Anda.

Aplikasi ini membutuhkan login. Anda bisa login dengan menggunakan akun Google atau Gmail Anda. Tampilan sederhana menjadi salah satu keunggulan aplikasi Pengeluaran Bulanan.

Saat Anda membuka aplikasi ini, Anda sudah diberikan pilihan seperti pengaturan akun, catatan keuangan, kategori, rencana belanja, laporan, dan menu untuk mengekspor laporan keuangan dalam bentuk Excel atau langsung menyimpannya di Google Drive.

Untuk mencatat pengeluaran, tinggal klik menu bertanda (+) dan mengisi sesuai dengan nominal yang sudah dikeluarkan.

Keunggulannya, aplikasi ini memberikan laporan dalam bentuk chart atau tabel, sehingga laporan keuangan bisa lebih mudah dan lebih menarik dibaca dan dipahami.

Dompet Manager

uang dompet

Aplikasi ini juga merupakan salah satu produk dari pengembang lokal berasal dari Surabaya. Aplikasi Dompet Manager tersedia versi gratis dan versi berbayar. Untuk kebutuhan pencatatan pengeluaran bulanan, Anda tetap bisa menggunakan versi gratis.

Aplikasi ini memiliki ukuran 9 MB, lebih besar daripada beberapa aplikasi keuangan lainnya. Hingga saat ini, Dompet Manager sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali dengan review kepuasan 4,5.

Seperti aplikasi keuangan lainnya, aplikasi Dompet Manager juga mencatat pemasukan dan pengeluaran harian. Uniknya terdapat fitur untuk menambahkan foto nota atau screenshot dari transaksi yang dilakukan. Sehingga aplikasi ini bukan hanya mencatat pengeluaran tetapi juga mengarsip bukti-bukti nota pembayaran atau pengeluaran.

Laporan pengeluaran pun sudah bisa ditampilkan dalam bentuk grafik atau tabel yang mudah dipahami. Terdapat fitur backup dan impor data pengeluaran, tetapi belum ada fitur untuk ekspor data ke dalam bentuk file Excel maupun fitur untuk mengunggah laporan keuangan ke Google Drive.

AndroMoney

Jika ingin mencoba aplikasi keuangan dari pengembang luar negeri, aplikasi AndroMoney bisa jadi pilihan. Hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali. Aplikasi ini berasal dari Taipei dengan review kepuasan hingga 4,7.

Aplikasi ini sangat menarik dan punya kelebihan yang tidak didapatkan dari aplikasi lainnya, misalnya AndroMoney bisa menggunakan beberapa akun dalam satu aplikasi. 

Kemudian data atau laporan pemasukan dan pengeluaran bisa disinkronisasi melalui perangkat yang berbeda sehingga cocok untuk pasangan yang punya resolusi finansial bersama dan bisa saling mengawasi serta mengingatkan pengeluaran.

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Bagaimana cara mengelola uang pesangon untuk korban PHK karena Covid-19?Dijawab : Eko Endarto, CFP, RFA

Mode penyimpanannya pun sudah bisa menggunakan layanan cloud seperti Google Docs maupun Dropbox. Laporan keuangan bisa diekspor dalam bentuk Excel untuk pengguna Windows maupun Number bagi pengguna Macintosh (Apple).

Meskipun aplikasi ini berasal dari pengembang luar negeri, tetapi sudah disediakan pilihan kurs mata uang, sehingga bisa juga menggunakan mata uang rupiah.

Itulah beberapa pilihan aplikasi keuangan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu mengatur keuangan Anda dengan sangat mudah langsung dari smartphone.

Anda bisa memilih dan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi ini hanya sebuah media atau alat yang membantu mencatat laporan keuangan dengan mudah untuk kebutuhan sehari-hari.  

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →