Bikin Bisnis Bercuan, Ini 5 Aplikasi Online Penunjang Usaha Agar Makin Berkembang

aplikasi online

Dalam membangun sebuah bisnis terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar usaha berjalan dengan lancar. Salah satunya menggunakan tools atau aplikasi online yang bisa menunjang perkembangan bisnis sehingga cuan pun terkumpul dengan maksimal!

Zaman yang serba canggih seperti sekarang ini kayaknya pemahaman tentang perangkat atau tools di dunia teknologi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi kalau kamu sedang mendirikan sebuah bisnis berbasis platform digital.

Selain bisa melihat data statistik dengan lebih mudah, melalui aplikasi online kamu juga dimudahkan memetakan target pasar secara spesifik sehingga market dagangan gak salah sasaran.

Gak hanya untuk sisi penjualan, tools atau perangkat juga mempermudah kamu untuk berkoordinasi antar departemen agar gak terjadi kesalahpahaman meskipun hal ini lumrah terjadi di dunia bisnis.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita lihat aja yuk langsung daftar aplikasi online atau tools yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang usaha kamu berikut ini, melansir dari Career Addict.

Baca juga: Cuma Bermodalkan Rp 5 Juta, Coba 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Tahun Ini

1. Google Analytic aplikasi online buat menunjang bisnis

aplikasi online
Google Analytic salah satu perangkat yang mampu menunjang bisnis mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Aplikasi online pertama yang bisa kamu manfaatkan guna menunjang usaha adalah Google Analytic. Lewat platform ini kamu bisa memantau berbagai macam informasi mulai dari jumlah visitor, dari mana pengunjung berasal dan juga kebiasaan pada pelanggan ketika melihat produk usaha kamu.

Meskipun pada awalnya terlihat sulit karena berbagai tab menu yang disediakan oleh Google, tetapi jika sudah terbiasa akan sangat mudah untuk dilakukan. Kamu juga bisa belajar menggunakan Google Analytic dari YouTube atau internet.

Enaknya lagi Google Analytic ini bebas dari biaya bulanan alias gratis untuk versi standar. Sedangkan jika kamu menginginkan fitur yang lebih advance bisa menggunakan versi berbayarnya.

Baca juga: Berpeluang Menjanjikan, Ini Deretan Ide Bisnis di Musim Hujan yang Bisa Dicoba

2. Aplikasi online Slack

aplikasi online
Slack salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam bisnis mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kedua ada Slack yang bisa kamu gunakan sebagai platform berkomunikasi dengan seluruh karyawan kantor. Lewat aplikasi ini terdapat fitur yang penting untuk kebutuhan bisnis, salah satunya fitur pinned di mana chat penting bisa disimpan agar dikemudian hari gampang dicari.

Sama seperti Google Analytic, kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang satu ini secara gratis lho! Namun untuk fitur yang lebih advanced kamu bisa menggunakan versi berbayar dengan harga mencapai US$ 12,5 per bulan.

Baca juga: Bikin Pelanggan Loyal, Ini 5 Alasan Bisnis Kamu Harus Miliki Aplikasi Online Secepatnya!

3. Dropbox

aplikasi online
Dropbox juga bisa digunakan buat menunjang bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya untuk kebutuhan media penyimpanan bisa menggunakan Dropbox. Teknologi penyimpanan atau Cloud dalam beberapa tahun belakangan ini emang berkembang pesat karena mampu memudahkan masyarakat untuk bertukar informasi satu dengan yang lain.

Dropbox akan sangat berguna jika kamu sering bertukar data yang kapasitasnya besar sehingga lebih efisien dari sisi waktu. Selain itu kamu juga gak harus mahal-mahal membeli memori eksternal untuk menyimpan data.

Keuntungan lainnya adalah kamu gak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan Dropbox.

4. Skype

aplikasi online
Skype juga bisa digunakan sebagai perangkat buat menunjang bisnis mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Aplikasi online keempat yang bisa kamu gunakan supaya bisnis berkembang adalah Skype. Platform digital yang memungkinkan kamu untuk melakukan video call ini akan memudahkan kamu ketika bertemu dengan klien atau rekan kerja tanpa terbatas ruang dan waktu.

Selain bisa menjadi platform berkomunikasi dengan klien serta karyawan, Skype juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan interview karyawan dengan calon karyawan yang bakal bekerja di perusahaan.

5. Trello

aplikasi online
Trello juga bisa kamu gunakan buat penunjang bisnis hingga koordinasi pekerjaan bisa adil, (Ilustrasi/Shutterstock).

Terakhir ada aplikasi online Trello yang berguna untuk mengatur tugas-tugas karyawan berdasarkan project management yang sedang dilakukan. Tools ini sangat berguna bila usaha yang kamu dirikan memiliki banyak proyek dalam satu waktu, jadi semua karyawan mendapatkan tugas dan kewajiban yang adil.

Nah itulah 5 aplikasi online yang bisa membantu kamu mengembangkan bisnis dan menghasilkan cuan. Dari kelima tools tersebut mana nih yang udah sering kamu gunakan sehari-hari di pekerjaanmu? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →