Biar Liburan ke Luar Negeri Tenang, 8 Aplikasi Ini Wajib Ada di Ponselmu

aplikasi travel

aplikasi travel

Aplikasi travel terbukti ampuh bisa membantu melancarkan perjalanan wisata orang banyak, apalagi bila liburannya ke luar negeri. Dengan aplikasi, kamu bisa melakukan segalanya, seperti memesan tiket pesawat, mencari spot menarik, booking hotel, sekaligus penunjuk jalan hanya dengan bermodalkan ponsel pintar. 

Perkembangan teknologi yang semakin canggih tentu membuat perencanaan liburanmu menjadi praktis. Sangat berbeda dengan zaman dulu yang apa-apa serba manual, mau pesan tiket mesti datang langsung ke loket penjualan, booking hotel harus lewat telpon, kalau tersesat mesti nanya orang-orang. 

Berikut ini aplikasi travel yang wajib kamu unduh ketika berlibur ke luar negeri.

Baca juga: Biayanya Kurang dari Rp 1,5 Juta, Ini Cara Buat Visa Australia yang Resmi dan Cepat

1. Traveloka 

aplikasi travel
Traveloka. (Shutterstock)

Traveloka merupakan aplikasi travel besutan startup unicorn asal Indonesia. Awalnya, Traveloka cuma sekadar aplikasi pemesanan tiket pesawat secara online, tapi kini mereka sudah memiliki banyak layanan. 

Layanan andalan selain pemesanan tiket yaitu pemesanan hotel, pemesanan kereta, bus, sampai pembelian tiket wahana atraksi. Tiket-tiket tersebut gak cuma di Indonesia saja, tapi juga di beberapa negara lainnya. 

Jadi misalnya kamu mau berkunjung ke Singapura, kamu bisa sekalian memesan tiket pesawat, hotel, dan atraksi seperti Universal Studio sekaligus. 

Baca juga: Mulai dari Rp 500 Ribuan, Begini Lho Cara Resmi Membuat Visa China yang Benar

2. Trivago 

aplikasi travel
Trivago. (Shutterstock)

Sama seperti Traveloka, Trivago merupakan aplikasi travel yang memungkinkan kamu untuk memesan tiket pesawat dan hotel lewat ponsel. Tapi keunggulannya adalah, Trivago bisa memberikan penawaran kamar hotel termurah. 

Karena di Trivago, kamu akan diberikan pilihan pembanding harga hotel dari berbagai situs pemesanan. Lalu Trivago bakal mereferensikan harga yang paling murah dari daftar tersebut. 

Baca juga: 3 Hari Kelar! Begini Cara Mudah dan Murah Membuat Visa Jepang

3. Google Maps 

aplikasi travel
Google Maps. (Shutterstock)

Wajar bila mendatangi suatu negara, tapi tidak mengetahui seluk-beluk daerahnya. Karena itulah Google Maps hadir, untuk memberimu petunjuk jalan yang benar sesuai tujuan. 

Dengan Google Maps kamu gak bakal kesasar deh, apalagi mereka sudah bisa diakses dengan mode offline. Caranya mudah, tinggal unduh area yang pengin kamu kunjungi. 

Gak cuma menunjukkan arah, Google Maps juga bisa membantumu mencarikan pilihan kendaraan umum untuk mencapai tujuan. 

Baca juga: Mulai Rp 500 Ribuan, Begini Lho Cara Resmi Membuat Visa Korea Selatan

4. TripAdvisor 

aplikasi travel
Tripadvisor. (Shutterstock)

Tiket pesawat dan hotel sudah di tangan, tapi kamu bingung dengan itinerary? Tenang saja, kamu bisa mengunduh aplikasi TripAdvisor di ponselmu.

Aplikasi yang satu ini bakal memberikan rekomendasi spot-spot yang menarik, mulai dari tempat wisata bersejarah, restoran, sampai penginapan yang oke. Penilaian orang-orang yang pernah berkunjung ke lokasi tersebut juga bisa kamu lihat, tentunya dilengkapi dengan foto-foto mereka. 

Jadi sebelum menyusun itinerary perjalanan, kamu sudah memiliki bayangan terlebih dahulu tentang spot yang mau dikunjungi. 

Baca juga: Biayanya Hampir Rp 1 Juta, Ini Cara Resmi Bikin Visa Schengen Kalau Mau ke Eropa

5. Google Translate

aplikasi travel
Google Translate. (Shutterstock)

Google Translate juga perlu apalagi kalau kamu jalan-jalan ke luar negeri. Aplikasi travel ini bisa membantumu menerjemahkan kata-kata dari lebih dari ratusan bahasa, termasuk bahasa yang sulit seperti Jepang dan China. 

6. Airbnb

aplikasi travel
Airbnb. (Pixabay)

Aplikasi terbaik untuk memesan penginapan lainnya adalah Airbnb. Airbnb bisa menghubungkan kamu ke pemilik hotel, apartemen, atau rumah yang siap untuk disewakan.

Ini cocok banget buat kamu yang backpackeran dan gak punya bujet terlalu banyak buat sewa hotel. Sebab, harga sewa apartemen lewat Airbnb rata-rata lebih rendah dari harga kamar hotel.

7. Zomato

aplikasi travel
Zomato. (Shutterstock)

Melancong ke luar negeri gak mungkin kalau gak mencicipi kulinernya. Semua restoran-restoran atau warung makan andalan bisa kamu temui di Zomato. 

Lewat aplikasi travel yang satu ini, kamu bisa mencari restoran yang paling enak sesuai dengan rekomendasi pengunjung. Zomato sudah bisa ditemui di negara-negara tujuan wisata ternama, seperti di Malaysia, Australia, India, dan masih banyak lagi. 

8. Couchsurfing 

aplikasi travel
Couchsurfing. (Shutterstock)

Kalau kamu mau melancong ke luar negeri sambil mencari teman baru, silahkan unduh aplikasi Couchsurfing. Aplikasi travel ini mirip seperti sosial media, di mana kamu bisa menemukan teman baru dari negara tujuan untuk memintanya menemanimu selama liburan. 

Selain itu, beberapa dari mereka juga dengan senang hati memberikan layanan penginapan gratis. 

Tapi kamu kudu hati-hati, beberapa orang ada yang memanfaatkan aplikasi ini untuk menipu traveler. Agar kamu bisa mendapatkan orang yang terpercaya, bisa dilihat dari rating yang diberikan oleh orang lain untuknya. 

Itulah delapan aplikasi travel yang wajib ada di ponsel pintar kamu. Dijamin kamu bakal liburan dengan nyaman, tanpa takut tersesat dan bingung mau ke mana. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis