Adidas atau Nike? Ini 7 Apparel Olahraga Terbesar di Dunia dengan Keuntungan Rp 477 T

Apparel olahraga

Berkembangnya industri fashion dunia membuat apparel olahraga di dunia hari ini seakan-akan gak ada habisnya mengeluarkan produk terbaru setiap bulannya.

Selama ini mungkin kita mengetahui brand Adidas dan Nike masih menjadi pimpinan pasar internasional. Selain kedua merek tersebut, ada beberapa nama lain seperti Puma dan Reebok yang menguasai pasar segmen tertentu.

Tapi, di antara brand yang sering dilihat di layar televisi, manakah yang memiliki pasar dan keuntungan paling besar?

Yuk, kita simak langsung daftar tujuh apparel olahraga terbesar seperti dilansir dari Vital Soft Tech:

7. Apparel olahraga Asics – Rp 50 Triliun

Apparel Olahraga
Asics

Di urutan ketujuh, ada brand yang berasal dari Kota Kobe, Jepang, yakni Asics. Perusahaan ini didirikan pengusaha Jepang bernama Kihachiro Onitsuka pada tahun 1949.

Asics membuat beragam jenis peralatan olahraga mulai dari sepatu, baju, celana hingga jaket. Salah satu produk sepatu sneakers yang dimilikinya adalah Tiger Onitsuka.

Untuk keuntungannya, Asics membukukan angka sekitar US$ 3,6 miliar atau setara Rp 50 triliunan.

Baca juga: Beginilah Strategi Uniqlo untuk Menjadi Brand Terbesar di Asia-Oseania

6. Skechers – Rp 57 triliun

Apparel Olahraga
Skechers

Selanjutnya, ada merek Skechers yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh Robert Greenberg pada tahun 1992.

Alat olahraga sepatu menjadi salah satu penopang cuan Skechers selama ini melalui produk-produknya yang nyaman digunakan. Rahasianya, di bahan foam yang membuat kaki pengguna nyaman ketika diajak berlari.

Total keuntungan yang berhasil dibukukan Skechers ditaksir mencapai US$ 4,1 miliar atau setara Rp 57 triliunan.

5. New Balance – Rp 63 triliun

Apparel Olahraga
New Balance

Lagi-lagi datang dari Negeri Paman Sam ada apparel olahraga New Balance yang didirikan oleh William J. Riley pada tahun 1906. 

Sebelum bernama seperti sekarang, merek ini memiliki nama “New Balance Arch Support Company ketika pertama kali  berdiri.

Saat itu, New Balance menjadi salah satu produsen perlengkapan olahraga terbesar di Amerika Serikat.

Untuk memperluas pasar internasional, kini mereka mensponsori beberapa jersey klub sepak bola terkenal seperti Liverpool, FC Porto dan Atletic Bilbao. Tercatat total keuntungannya menyentuh US$ 4,5 miliar atau sebesar Rp  63 triliunan.

4. Puma – Rp 67 triliun

Apparel Olahraga
Puma

Di posisi keempat ada Puma yang ikonik dengan logonya. Perusahaan didirikan oleh pebisnis Jerman bernama Rudolf Dassler di Jerman pada tahun 1948 lalu.

Selain di industri sepak bola, Puma juga menyasar sektor olahraga lainnya seperti otomotif.  Contohnya seperti Formula 1 yang kebanyakan tim menggunakan apparel olahraga yang satu ini.

Dengan kepopulerannya tersebut, Puma berhasil meraup keuntungan mencapai US$ 4,8 miliar atau setara Rp 67 triliunan.

3. Under Armor – Rp 70 triliun

Apparel Olahraga
Under Armor

Di urutan tiga besar, ada brand Under Armor yang berasal dari Amerika Serikat. Korporasi ini didirikan oleh Kevin Plank pada tahun 1996 lalu. Meski belum selama New Balance, mereka sudah berhasil bersaing di kancah internasional.

Industri olahraga yang menjadi target pemasaran Under Armor adalah sepak bola, tinju dan dunia fitness. Bahkan aktor The Rock pun berhasil mereka dapatkan kontrak eksklusifnya.

Keuntungan yang berhasil dibukukan oleh Under Armor dalam setahun mencapai US$ 5 miliar atau setara Rp 70 triliunan.

2. Adidas – Rp 341 triliun

Apparel Olahraga
Adidas

Peraih predikat apparel olahraga terbesar kedua diduduki oleh Adidas yang berasal dari Jerman. Perusahaan yang identik dengan logo 3 garis strip ini didirikan oleh Adolf Dassler pada tahun 1924.

Olahraga sepak bola menjadi nilai jual utama brand satu ini. Gimana gak, klub sepak bola seperti Real Madrid, Bayern Munchen hingga Manchester United berhasil gaet sebagai partner kerja sama jersey.

Gak aneh, perusahaan ini sukses membukukan keuntungan sampai 22 miliar Euro atau setara Rp 341 triliun.

1.  Nike – Rp 477 triliun

Brand apparel olahraga terbesar di dunia berhasil direngkuh oleh Nike. Korporasi yang didirikan Bill Bowerman dan Phil Knight ini mulai beroperasi pada tahun 1964 di Oregon, Amerika Serikat. 

Inovasi sepatu sneakers dan olahraga yang terus diperbaharui oleh Nike menjadi daya tarik tersendiri yang bikin banya orang ngefans sama perusahaan berlogo centang ini.

Selain olahraga sepak bola, Nike juga memimpin pasar peralatan olahraga di bola basket, atletik dan tenis. Tercatat keuntungan yang berhasil dibukukan oleh Nike menyentuh US$ 34 miliar atau setara Rp 477 triliun.

Itulah perusahaan apparel olahraga terbesar di dunia saat ini. Dari ketujuh nama tersebut, produk apa yang paling kamu sukai? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →