8 Burung Besi Milik Susi Air, Ada yang Harganya di Atas Rp 100 Miliar

susi air

Mungkin, kamu jarang mendengar nama maskapai penerbangan Susi Air. Wajar saja, karena maskapai ini hanya melayani rute-rute terpencil dan pesawat sewaan. 

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti lah sang pendirinya. Tepatnya pada tahun 2004, Susi yang saat itu sukses sebagai pengusaha pengolahan ikan memberanikan diri untuk membeli sebuah pesawat Cessna Caravan. 

Susi nekat meminjam Rp 20 miliar ke bank untuk menebus pesawat tersebut. Pesawat tersebut bukan untuk mengangkut penumpang, tapi untuk mendistribusikan ikan dan lobster ke klien.

Kemudian masih di tahun 2004, ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan penerbangan yang diberi nama PT ASI Pudjiastuti Aviation. Di masa-masa awal beroperasi, Susi Air cuma memiliki dua armada. 

Kedua armada itu difokuskan untuk mengantarkan bantuan ke daerah terkena bencana, salah satunya adalah ke Aceh yang saat itu terkena tsunami. 

Maskapai ini terus berkembang, hingga kini memiliki lebih dari 50 unit pesawat, dengan pilot kebanyakan orang asing. Rute mereka juga sudah meliputi ke seluruh Indonesia mulai dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua. 

Berikut ini deretan armada pesawat penumpang maupun sewaan yang dimiliki Susi Air dan masih digunakan hingga saat ini. 

Baca juga: 8 Jet Pribadi Termahal Sejagat dan Pemiliknya, Ada yang Harganya Rp 8 Triliun

1. Piaggio P-180 Avanti II salah satu armada Susi Air

susi air
Piaggio P-180 Avanti II salah satu armada Susi Air yang memiliki harga fantastis, (susiair.com).

Gak cuma pesawat penumpang, Susi Air juga menyediakan pesawat jet premium untuk sewaan. Salah satu armadanya adalah Piaggio P-180 Avanti II. 

Pesawat ini didesain oleh Piaggio Aero asal Italia, menggunakan dua mesin turboprop. Mesin ini menggabungkan baling-baling yang digerakkan dengan turbin gas, sehingga membuat pesawat lebih cepat dan irit dibandingkan dengan jet pada umumnya. 

Layaknya pesawat jet pada umumnya, interiornya sangat mewah dengan kapasitas penumpang antara 6-8. Bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan jarak hingga 2.200 kilometer, dengan kecepatan maksimal 750 kilometer per jam. 

Dikutip dari Aircraft Compare, harga satu unit Avanti II sekitar US$ 5,7 juta atau Rp 80 miliaran. Saat ini, Susi Air memiliki tiga unit Avanti II. 

Baca juga: Ini Waktu Terbaik untuk Beli Tiket Pesawat Murah untuk Libur Akhir Tahun

2. Cessna Grand Caravan 

Susi Air
Salah satu armada milik Susi Air yang melayani rute ekspedisi, (Susiair.com).

Armada Cessna Grand Caravan Susi Air memiliki dua fungsi, ada yang untuk pesawat angkut barang dan angkut penumpang. Cessna Caravan merupakan armada pertama dari maskapai yang bermarkas di Pangandaran ini untuk mengirimkan bantuan ke daerah bencana. 

Cessna Caravan terkenal sebagai pesawat yang bisa dioperasikan di segala medan, bahkan di landasan yang kasar sekalipun. Buat perjalanan jarak jauh maupun jarak pendek juga oke banget. 

Semua Cessna milik Susi Air telah dilengkapi dengan teknologi mutakhir, ruang cockpit dengan kaca terbaru. Harga satu unitnya sekitar US$ 2,3 juta atau Rp 32 miliaran. Bu Susi punya 32 unit Cessna Grand Caravan. 

Baca juga: 5 Fakta Pesawat F-16 Milik TNI yang Harga Jualnya Tembus Ratusan Miliar Rupiah

3. Pilatus PC-6 Turbo Porter 

susi air
Pilatus PC-6 Turbo Porter salah satu unit armada yang dimiliki perusahaan penerbangan Susi Pudjiastuti, (susiair.com).

Selain Cessna, Susi Air juga punya pesawat yang bisa dioperasikan di segala medan, yaitu Pilatus PC-6 Turbo Porter. Pesawat ini lebih banyak dioperasikan di daerah Papua. 

Penggunaannya pun beragam, mulai dari mengirimkan barang, angkutan orang, dan kadang disewa untuk misi pencarian orang hilang di pedalaman Papua. 

Kapasitas mampu menampung dan juga memadai untuk 7 orang penumpang, dan 850 kilogram barang. Kalau soal terbang, kecepatan maksimumnya 230 kilometer per jam, dengan jarak maksimal 1.250 kilometer. 

Harga pesawat ini sekitar US$ 1,9 juta atau Rp 26 miliaran. 

4. LET 410 

susi air
Pesawat jenis LET 410 merupakan salah satu armada yang dimiliki maskapai penerbangan milik Susi Pudjiastuti,. (susiair.com).

Selanjutnya ada LET 410, salah satu pesawat yang juga digunakan untuk operasional di daerah-daerah terpencil. Pesawat buatan Rusia ini mampu menampung 19 orang penumpang, dan mengantarkan barang dari kota-kota besar. 

Banyak keunggulan yang dimiliki armada ini, seperti bisa mendarat di landasan pendek dan tidak beraspal, bisa beroperasi di suhu ekstrem +/- 50 derajat celcius. Harga satu unitnya sekitar US$ 6,3 miliar atau Rp 88 miliaran. 

5. Air Tractor AT 800-2F

Susi Air
Ini salah satu armada miliki penerbangan Susi Pudjiastuti, (Susiair.com).

Selain pesawat angkutan barang dan penumpang, Susi Air juga punya pesawat tanker untuk memadamkan kebakaran dari udara. Air Tractor AT 800-2F dirancang khusus dengan kapasitas 80-an galon berisi air dengan kecepatan laju yang tinggi. 

Berkat spesifikasinya, pesawat ini sering digunakan untuk memadamkan kebakaran hutan di daerah-daerah rawan kebakaran Indonesia. Harga satu unitnya bisa mencapai US$ 3,2 juta atau Rp 45 miliaran. 

6. Diamond Twin Star

susi air
Diamond Twin Star salah satu maskapai penerbangan milik Susi, (Susiair.com).

Diamond Twin Star adalah pesawat kecil yang hanya bisa menampung 3 penumpang pilot. Pesawat bermesin dua ini pertama kali dibeli pada tahun 2007 silam. 

Peruntukannya untuk menyediakan hasrat para wisatawan yang pengin mencoba pesawat pribadi, tapi budgetnya pas-pasan. Tapi kini, kegunaan untuk armada belajar bagi murid sekolah pilot Susi Flying School. Harga per unitnya armada ini sekitar US$ 400 ribu atau Rp 5,6 miliaran. 

7. Agusta Grand 109 

susi air
Gak cuma pesawat kecil, Susi Air juga memiliki helikopter lho, (susiair,com).

Buat kalangan eksekutif di Ibu Kota, yang membutuhkan kecepatan dalam mobilitas, Susi Air juga menyediakan Helikopter Agusta Grand 109.

Helikopter bermesin ganda ini menjadi yang tercepat di dunia. Bisa digunakan untuk menuju ke 40 titik pendaratan di Ibu Kota, dengan kecepatan maksimum mencapai 300 kilometer per jam. Harga satu unitnya berkisar US$ 8,1 juta atau Rp 114 miliaran.

8. Agusta Koala A119Ke

susi air
Salah satu armada milik maskapai penerbangan Susi Pudjiastuti berupa helikopter, (susiair.com).

Selain Agusta Grand, Susi Air juga punya helikopter Agusta Koala A119Ke. Beda dengan Agusta Grand, helikopter ini menggunakan mesin tunggal, dan digunakan untuk keperluan-keperluan darurat. 

Agusta Koala sering digunakan untuk operasi SAR, transportasi medis cepat, hingga operasi militer. Bagasinya bisa memuat hingga 150 kilogram barang. Harga helikopter ini sekitar US$ 3 juta atau Rp 42 miliaran. 

Itulah delapan armada pesawat yang dimiliki oleh Susi Air. Keren banget ya, dari modal pinjaman bank Rp 20 miliar, kini Bu Susi sudah punya banyak pesawat yang harganya juga fantastis. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)