Cara Baca Arti Kode Sekring Mobil yang Perlu Kamu Tahu

arti kode sekring mobil

Sekring adalah komponen pengaman kendaraan yang dipasang untuk mencegah rusaknya komponen-komponen di sebuah rangkaian sistem kelistrikan apabila terdapat konsleting. Salah satu hal mendasar yang wajib diketahui pemilik mobil adalah membaca arti kode sekring mobil. 

Sebab, kompleksnya sistem kelistrikan mobil terkadang memicu beberapa masalah kecil yang perlu mendapat perhatian khusus. Misalnya, headlamp mati, lampu rem tidak berfungsi, atau radio yang tidak berfungsi.

Selain itu, arti kode sekring mobil juga menunjukkan seberapa besar daya dan komponen tempat mengalirnya arus listrik. Akan tetapi, arti kode sekring pada setiap mobil memang berbeda-beda. 

Lantas, bagaimana cara baca kode sekring mobil? Berikut penjelasannya.

Cara baca kode sekring mobil

Melansir Familyhandyman, kendaraan memiliki 40 atau lebih sekring otomatis yang dikelompokkan di dua tempat atau lebih dan biasanya bervariasi dari 10 hingga 30 amp. Letak sekring biasanya ada di dalam atau di sekitar panel instrumen dekat dasbor. 

Selain itu, letak sekring juga bisa ditemukan di bawah kap mesin atau di bawah jok belakang. Biasanya mobil memiliki lebih dari satu kotak sekring (fuse), misalnya pada mobil Toyota Avanza yang memiliki kotak sekring di ruang mesin dan di bawah setir. 

Kamu bisa melihat kode yang terlampir di sana. Cara baca kode sekring mobil juga cukup mudah. 

Misalnya, kode sekring lampu mobil H-LP RH dan H-LP LH. Kode H-LP RH memiliki arti headlamp sebelah kanan, sementara H-LP LH adalah headlamp sebelah kiri. Kemudian, kode A/C memiliki arti AC, POWER memiliki arti power window, serta D/L sebagai kode central lock.

Daftar kode sekring mobil di kabin

Berikut adalah daftar arti kode sekring mobil yang terletak di kotak kabin, yakni di balik kemudi mobil.

Kode sekring mobilArti kode/Komponen
POWERPower window
HTR SUBSistem injeksi bahan bahan bakar multiport/sequential multiport, sistem AC mobil
IG1/BACKLampu mundur, sistem AC mobil, flasher darurat, sistem starting, meter
ECU IG1Anti-lock brake system, electric power steering, SRS airbag system
ECU IG2Sistem kontrol shift lock, transisi otomatis, meter
(DEF)Defogger kaca belakang
(D/L)Sistem power door lock
HAZARDKode sekring lampu sein lampu sein tanda belok
(CIG)Power outlet
ACCSistem audio, shift lock control system, sistem kaca spion luar
STSistem injeksi bahan bahan bakar multiport/sequential multiport, starter
E/GSistem injeksi bahan bakar sequential multiport, pompa bahan bakar, kipas pendingin elektrik
(A/C NO. 2)Sistem AC mobil
(FR FOG RH)Lampu kabut sisi kanan
(FR FOG LH)Lampu kabut sisi kiri
FR WIPWiper dan washer kaca bagian depan mobil
(RR WIP)Wiper dan washer kaca bagian belakang mobil​​​​​​​

Daftar kode sekring mobil di ruang mesin

Tidak hanya di kabin, arti kode sekring mobil juga dapat ditemukan di bagian ruang mesin. Berikut daftar kode sekring mobil di ruang mesin.

Kode Sekring MobilArti Kode/Komponen
H-LPH RHLampu headlamp kanan 
H-LP LHLampu headlamp kiri
(ABS NO. 2)Anti-lock brake system
EFISistem injeksi bahan bakar, bahan bakar sequential multiport, sistem injeksi, pompa bahan bakar
(A/C NO. 1)Sistem AC mobil
(ABS NO. 1)Anti-lock brake system
TAILLampu belakang, lampu plat nomor polisi, lampu kabut depan, lampu posisi depan,, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport.
HORN (KLAKSON)Kode sekring klakson mobil
(ECU-B)Transmisi otomatis
STOPLampu interior, lampu rem, lampu rem high mounted, sistem kontrol shift lock, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, anti-lock brake system
BACK UPSistem diagnosis on-board, sistem audio
HTRSistem air conditioner
EPSElectric Power Steering
SPARESekring mobil cadangan
RADKipas pendingin radiator elektrik

Kode sekring lampu mundur

Terkadang sebuah mobil mengalami lampu mundur atau back up light mati. Apabila kamu menemukan masalah tersebut, pastikanlah bohlam lampu back up dalam kondisi baik. 

Setelah itu, cek sekring mobil dengan cara melihat pada kotak sekring (fuse box) yang ada di ruang kemudi, tepatnya pada bagian stir.

Letak sekring lampu mundur, misalnya pada mobil Xenia, ada di Fuse IG1/BACK dan kapasitas arus sebesar 7,5 amp. Apabila ditemukan sekring putus, pastikan tidak ada rangkaian konslet maupun arus yang terlalu besar. Setelah itu, gantilah sekring dengan yang baru dan kapasitasnya sama yakni 7,5 amp.

Kode sekring lampu kabin

Selain lampu mundur, mobil juga bisa mengalami masalah lampu kabin mati. Apabila kamu menemukan masalah tersebut, pastikan bohlam lampu dan switch pada pintu kondisinya baik. 

InArc Banner Web A-100
InArc Banner Mobile A-100

Setelah itu, kamu bisa cek sekring mobil dengan melihat kotak sekring yang ada di ruang mesin atau engine room. Letak sekring lampu kabin ada di Fuse STOP dengan kapasitas arus sebesar 10 amp. 

Apabila kamu menemukan sekring putus, pastikan tidak ada rangkaian konslet maupun arus yang terlalu besar. Kemudian, gantilah sekring dengan yang baru namun kapasitasnya sama, yakni 10 amp.

Pastikan kamu mengatur keuangan dengan baik agar gak boros dan sudah terproteksi dengan asuransi mobil supaya gak perlu pusing lagi memikirkan mahalnya biaya servis dan perbaikan karena ada asuransi yang menanggungnya. Kamu juga bisa dapat ganti rugi andai mobilmu hilang dicuri berkat asuransi mobil TLO.

Apa yang terjadi jika sekring mobil putus?

Jika sekring mobil putus maka harus segera diganti dengan yang baru untuk menghindari korsleting pada komponen kelistrikan yang ada di mobil. 

Tetapi kamu juga perlu melihat komponen kelistrikan yang terkait dengan sekring mobil putus karena bisa saja terjadi ada sistem elektronik mobil yang tidak berfungsi.

Ciri-ciri sekring mobil putus

Lalu, kapan sekring pada mobil perlu diganti? Sebenarnya, kamu bisa melihat tanda atau ciri-ciri sekring mobil putus seperti berikut:

Permukaan sekring menghitam 

Ciri sekring mobil putus yang mudah terlihat adalah permukaannya yang menghitam akibat terbakar. Jika sekring mobil menghitam seperti itu, tandanya telah terjadi arus pendek listrik (short circuit) yang berpotensi korsleting. 

Pada sekring jenis blade yang terdapat komponen plastik biasanya akan meleleh. Sementara pada jenis sekring tabung akan terlihat bekas asap menempel di dinding sekring. 

Tapi jangan khawatir karena ini merupakan pengamanan  di mana arus listrik berlebihan telah diputus. Kamu tinggal menelusuri komponen listrik yang terkait saja.  

Kawat sekring putus 

Terkadang sekring yang putus tidak ditandai dengan menghitamnya permukaan sekring. Bisa jadi sekring jenis blade kawat yang yang melengkung ditemukan terputus. Sementara itu pada sekring jenis tabung, kamu akan melihat kabelnya terputus. 

Terdapat komponen mobil mati 

Jika terdapat komponen listrik mobil yang mati, kamu perlu curiga bahwa sekring sudah putus. Kamu perlu memeriksa komponen yang mati tersebut untuk memastikan di mana kerusakannya.

Fungsi sekring mobil 

Sedikit banyak kamu mungkin sudah mengetahui bahwa sekring mobil ini sebagai pengaman rangkaian kelistrikan pada mobil. Perannya sangat vital, khususnya untuk menjaga kemungkinan adanya arus pendek listrik pada kendaraan. 

Namun ternyata, ada beberapa fungsi sekring mobil lainnya, lho. Berikut pembahasannya.

1. Menghentikan aliran listrik saat melebihi kapasitas 

Sekring mobil akan secara otomatis menghentikan aliran listrik bila aliran listrik sudah berlebihan dan berpotensi menyebabkan korsleting. 

Peran sekring mobil ini sangat penting guna mencegah kerusakan pada komponen kelistrikan lainnya. Yang paling fatal adalah tentu saja kebakaran pada mobil. 

2. Berperan sebagai sensor saat terjadi kerusakan

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah ada masalah pada sistem kelistrikan mobil atau tidak adalah dengan melihat sekring. 

Bila memang sekring mobil terputus, maka sudah hampir pasti ada kerusakan pada sistem kelistrikan mobil kamu dan sebaiknya dilakukan pengecekan lebih lanjut. 

3. Mengetahui kapasitas arus listrik berdasarkan warna sekring

Setiap mobil tentunya memiliki kapasitas kelistrikan yang berbeda-beda. Dengan adanya sekring mobil, kamu bisa melihat kapasitas kelistrikan komponen berdasarkan warnanya.

Jenis jenis sekring mobil 

Sekring pada mobil ternyata memiliki bentuk yang berbeda-beda, lho. Perbedaan bentuk tersebut bukan tanpa alasan karena turut mempengaruhi fungsi sekring mobil itu sendiri. 

Berikut beberapa jenis sekring mobil yang perlu kamu ketahui. 

Jenis sekring Glass Cartridge

Jenis sekring Glass Cartridge

Jenis sekring yang satu ini menyerupai sebuah tabung dengan dinding kaca transparan. Bagian ujungnya terbuat dari logam yang memuat kode dan ukuran muatan arus. 

Untuk dapat melihat penggantian, kamu cukup melihat angka yang terdapat pada ujung sekring saja. Model sekring jenis ini dianggap lebih kuat dan banyak digunakan pada mobil-mobil tua. 

Jenis sekring blade 

jenis sekring blade

Jenis sekring mobil ini memiliki bahan logam pada bagian bawah dan plastik pada bagian atasnya. Bagian plastik biasanya terdiri dari beberapa warna di mana setiap warna ada kode warna sekringnya sendiri yang menjadi tanda dari kapasitas jumlah arus yang bisa diterima. 

Jenis sekring ini termasuk yang banyak digunakan pada mobil-mobil modern. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan menancapkan sekring pada tempat yang tersedia. 

Jenis sekring model batu

sekring model batu

Jenis sekring mobil ini juga termasuk yang sering digunakan pada mobil, terutama pada mobil Eropa seperti Mercedes Benz dan BMW. 

Jenis sekring model batu ini agak mirip dengan sekring glass cartridge yang sudah disebutkan di atas, bedanya hanya tidak transparan saja. Perbedaan lainnya, sekring ini menggunakan bahan plastik di bagian tengahnya. 

Model Yazaki 

yazaki fuse

Yazaki atau yang disebut juga sebagai Yazaki Battery Fuse Terminal (BFT) merupakan pengembangan dari sekring model fusible link. Umumnya, jenis sekring Yazaki dipakai pada aki sebagai pengaman. 

Model Fusible Link

Fusible Link Jenis skring mobil

Bentuk sekring yang satu ini menyerupai kabel di mana pada salah satu ujungnya terdapat semacam ring. Di kedua ujungnya terdapat logam yang disolder secara bersamaan agar mudah meleleh saat adanya korsleting. 

Cara menjaga sekring agar tidak cepat rusak

Meskipun harga sekring mobil relatif murah, yakni belasan hingga puluhan ribu saja, tetapi sekring perlu harus dijaga. Melihat fungsi penting sekring mobil, tentu komponen ini mesti sering dicek apakah masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak. 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga fungsi sekring mobil tetap optimal. 

Cek secara berkala

Periksa secara rutin sekring mobil, terutama jika mobil telah melewati jalanan rusak. Cek apakah sekring mobil menjadi kendor atau posisi sekring jadi kendor. 

Jika kamu menemukan sekring yang kendor, sebaiknya perbaiki dengan menancapkannya kembali ke posisi semula. 

Siapkan sekring cadangan 

Sebagai upaya pencegahan, kamu juga bisa menyiapkan sekring cadangan bila sewaktu-waktu sekring yang terpasang rusak. Jika memang ada kerusakan dan harus diganti, kamu bisa cepat menggantinya, bukan? 

Demikianlah pembahasan mengenai cara baca arti kode sekring mobil yang semoga dapat membantu kamu, ya. Melihat pentingnya fungsi sekring mobil, komponen ini seharusnya diperhatikan dengan baik. 

Tips dari Lifepal! Itulah beberapa penjelasan mengenai arti kode sekring mobil beserta cara membacanya. Membaca kode sekring mobil jadi salah satu hal yang wajib kamu pelajari.

Selain itu, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan untuk memasang inverter mobil yang membuat mobil dapat menyalurkan daya ke perangkat elektronik. 

Jangan lupa berikan proteksi  asuransi pada mobilmu agar kamu dapat berkendara dengan aman dan nyaman. 

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu akan terhindar dari risiko kerugian finansial akibat kerusakan mobil, kecelakaan, atau kehilangan. Oleh sebab itu, carilah broker asuransi yang tepat agar mendapatkan informasi seputar asuransi mobil yang kredibel, misalnya Lifepal. Tunggu apa lagi, segera asuransikan mobilmu, ya!

Cari tahu asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan

Asuransi mobil memberikan manfaat berupa penggantian biaya servis akibat kerusakan karena kecelakaan maupun bencana alam. Dengan asuransi mobil kamu tidak perlu khawatir lagi jika terjadi sesuatu dengan mobil kamu. 

Cari tahu di Lifepal daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan menggunakan Kuis Asuransi Mobil di bawah ini. 

Kemudian, hitung perkiraan biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan dengan Kalkulator Premi Asuransi Mobil dari Lifepal. 

Pertanyaan seputar arti kode sekring mobil 

Sekring mobil untuk apa?

Sekring mobil dapat berguna untuk memotong arus listrik bila terjadi kelebihan muatan arus. Seperti yang kita tahu, mobil bisa mengalami kelebihan arus listrik yang bisa memicu masalah kelistrikan. Salah satu cara untuk memahami sekring ini adalah mempelajari arti kode sekring mobil.

Apa yang ditanggung oleh asuransi mobil?

Asuransi mobil menanggung biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, bencana alam dan lain-lain. Asuransi TLO, salah satu satu jenis asuransi mobil bahkan dapat menanggung biaya kerusakan mobil yang rusak parah yang sama dengan atau lebih dari 75%.

Dapatkan Promo