Sudah Gak “Laku” Lagi, 6 Artis Ini Gak Malu Jadi Tukang Sate Hingga Perias Mayat

Artis bangkrut dan kariernya hancur tidak hanya dialami satu dua orang. Sejumlah artis Tanah Air ini mengalami hal tersebut.

Menjadi artis memang tak selamanya bisa menjamin kehidupan yang baik dan bergelimang harta, jika sang artis tak dapat menjaga keuangannya maka tak dapat dipungkiri jika di masa mendatang mereka akan hidup serbakekurangan.

Apalagi, dengan seiring waktu kepopuleran seorang artis akan meredup dan kalah pamor dengan artis-artis pendatang baru. Banyak artis yang dulunya tenar, justru mengalami nasib memprihatinkan beberapa tahun kemudian.

Beberapa artis yang sempat terkenal, juga ada yang memilih jalan hidup lain, atau karena sesuatu hal harus meninggalkan dunia keartisan.

Berikut, enam artis Indonesia yang dulunya terkenal dan kini memilih tak lagi menjadi publik figur, atau meninggalkan dunia hiburan karena sesuatu hal:

Andita Lela Karlita: tukang kopi

Artis bangkrut
Andita Lela Karlita salah seorang artis bangkrut yang kini jadi tukang kopi (YouTube)

Seorang wanita penjual kopi di Nganjuk, Jawa Timur, baru-baru ini menjadi viral karena kecantikannya. Ternyata, pelayan cantik itu dulunya seorang artis FTV  bernama Andita Lela Karlita.

Sayangnya, kariernya di dunia entertainment tak bertahan lama. Andita kembali ke Nganjuk kota asalnya.

Setelah karier keartisannya berakhir, dia kini disibukkan menjadi penjual kopi di warung kopi sederhanadi Desa Kuncir, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Baca juga: 8 Usaha Bangkrut Milik Artis Ini Buktikan Popularitas Bukan Jaminan

Ira Riswana: perias mayat

Artis bangkrut
Ira Riswana termasuk artis bangkrut yang kini jadi perias mayat (YouTube)

Ira Riswana merupakan jebolan Gadis Sampul 1994 yang menjadi model dan pernah bermain di banyak sinetron, di antaranya “Kucinta Dia” pada tahun 2001.

Namun, dia memilih beralih profesi ketika salah satu ibu dari temannya meninggal dunia dan meminta bantuannya untuk merias mayat. Semenjak itu dirinya menjalani profesi sebagai penata rias jenazah.

Meski mendandani mayat, dia mengaku tak pernah takut dan dihantui jenazah yang didandaninya. Sehingga, dia menjalani profesi tersebut dengan suka cita.

Baca juga: 5 Artis Indonesia yang Kariernya Hancur dan Bangkrut karena Narkoba

Bobby Joseph: jadi driver ojek dan jualan baju

Artis bangkrut
Bobby Joseph termasuk artis bangkrut yang kini jadi driver ojek dan jualan baju (Ist)

Sebagai seorang artis, popularitas dan kekayaan adalah dua hal yang selalu menjadi kebanggaan. Namun, tidak selamanya kedua hal tersebut bisa dipertahankan.

Seperti dialami Bobby Joseph, yang pernah merajai layar kaca lewat sejumlah sinetron laris. Dia mulai mendapat perhatian lewat aktingnya sebagai Terry di sinetron “Candy”.

Aktor muda ini memang masih sesekali tampil di layar kaca, tapi tak seintens dulu. Ketatnya persaingan dengan banyaknya pendatang baru membuatnya sedikit tersisih.

Dia pun kini lebih banyak berjualan hingga menjadi driver ojek. Dia juga mengaku berjualan roti dan nasi bakar di pinggir jalan. Dia juga berjualan jersey langsung dari artis satu ke artis lainnya.

Aldi Taher: kini berjualan mie ayam sampai sate taichan

Artis bangkrut
Aldi Taher termasuk artis bangkrut yang kini berjualan sate taichan (Instagram/@alditaher.official)

Aldy Taher selama berkarier di dunia hiburan Tanah Air banyak membintangi berbagai film, bintang iklan dan sinetron. Namun, personel grup band Trio Ubur Ubur tersebut kini dalam kondisi yang kurang baik.

Setelah rumah tangganya hancur, karier mantan suami Dewi Perssik itu di dunia hiburan juga tidak semulus dulu lagi.

Dia pun mencoba mencari jalan lain agar dapat menstabilkan ekonominya. Bintang sinetron “Jodoh Wasiat Bapak” inipun tak gengsi berjualan mie ayam, parfum, sampai dengan sate Taichan di pinggir jalan.

El Ibnu: habiskan waktu di kursi roda

Artis bangkrut
El Ibnu termasuk artis bangkrut yang kini menghabiskan waktu di kursi roda (kitabisa.com)

Banyak artis yang dulunya tenar, justru mengalami nasib memprihatinkan beberapa tahun kemudian. Salah satunya, El Ibnu, mantan vokalis band Elkasih yang sempat populer dengan lagu Kau Tigakan Cinta beberapa tahun silam.

El memang divonis menderita stroke sejak tahun 2015 lalu. Sejalan dengan hal itu, kesibukkannya sebagai seorang vokalis band juga tidak bisa lagi dilakukan. Dia pun kini hanya menghabiskan hari-harinya di atas kursi roda saja.

Kondisi El tersebut diketahui setelah diberitakan salah satu program infotainment, beberapa waktu lalu.

Dalam penjelasannya, kini El dirawat oleh sang ibu tercinta. Konon, semua tabungan juga telah habis demi pengobatan El.

Penderitaan El semakin bertambah sejak digugat cerai sang istri tercinta yang membuat El hanya ditemani sang ibu saat sakit seperti sekarang.

Permasalahan El juga tak sampai di situ, dirinya juga sempat diterpa masalah BPJS yang dinonaktifkan secara sepihak hingga dia mengadukan hal tersebut lewat media sosial.

Curhatan tersebut ditujukan langsung pada Presiden Joko Widodo yang kemudian juga diberi banyak tanggapan oleh para netizen yang turut prihatin dengan kondisi El.

Aminah Cendrakasih: pemeran Mak Nyak dalam Si Doel

Artis bangkrut
Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak dalam Si Doel yang termasuk artis bangkrut (Instagram/@si.rano)

Pemeran Mak Nyak yang menjadi Ibu Doel “Si Doel Anak Sekolahan” ini di masa tuanya harus mengalami kebutaan karena penyakit glukoma yang dideritanya. Dia juga mengalami kesulitan ekonomi di masa tuanya.

Itulah deretan nama artis Tanah Air yang terpaksa mengakhiri profesinya sebagai selebriti karena mengalami kebangkrutan atau kariernya hancur.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis