Deretan Artis Berkurban di Idul Adha Tahun Ini, Sapi Siapa Paling Besar?

Artis berkurban, foto: Nikita Mirzani (Instagram)

Idul Adha jadi momen spesial buat seluruh umat Islam di Indonesia, tak terkecuali para selebritis tanah air. Banyak artis berkurban untuk merayakan hari yang istimewa ini.

Sebagai selebritis, apalagi mereka yang langganan tampil di layar televisi maupun sering membintangi film layar lebar dan punya penghasilan selangit, tentunya uang bukan lagi jadi alasan untuk tidak berkurban. Apalagi, berkurban memang amat disarankan bagi mereka yang memang sudah mampu.

Para artis ini, berkurban dengan berbagai cara. Ada yang berkurban di lingkungan tempat tinggalnya, ada pula yang berkurban di kampung halamannya.

Cara mereka mendapatkan hewan ternak yang dikurbankan pun beragam. Sebagian membelinya dari lapak-lapak hewan kurban biasa, namun banyak pula yang membelinya di pedagang kurban online, model bisnis hewan kurban yang belakangan memang lagi hits.

Yuk, simak seperti apa sih gaya para artis berkurban!

Ayu Ting Ting

Pedangdut Ayu Ting Ting berkurban di rumahnya di Depok, Jawa Barat. Gak tanggung-tanggung lho, Ayu bahkan membentuk panitia untuk melakukan pemotongan hewan kurban.

Dari foto-foto yang diunggah Ayu dan keluarga ke Instagram, tampak ada empat ekor sapi berukuran besar dan seekor kambing. Tapi, bisa jadi, untuk seorang Ayu Ting Ting yang penghasilannya selangit, jumlah hewan ternak yang dikurbankan lebih dari yang terlihat di foto-foto tersebut.

Uniknya, ternyata Ayu gak hanya berpangku tangan saja dan terima beres. Pelantun lagu Sambalado itu tampak ikut sibuk memotongi daging dengan kaos ungu, sama seperti kaos yang dikenakan panitia pemotongan hewan kurban.

Nikita Mirzani

Artis yang belum lama memutuskan buat berhijab ini juga gak ketinggalan berkurban pada Idul Adha kali ini. Niki, lewat postingan Instagramnya mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan dirinya berpose di depan seekor sapi yang diikatkan pada sebatang pohon kelapa. Sapi hitam itu terlihat gemuk dan sehat. “Alhamdullilah,” tulis Nikita di caption.

https://www.instagram.com/p/BmqK_4iAyC7/?taken-by=nikitamirzanimawardi_17

Raffi Ahmad & Nagita Slavina

Pasangan seleb yang paling dibicarakan publik ini juga gak melewatkan momen Idul Adha tahun ini tanpa berkurban. Sedikitnya ada tiga ekor sapi yang dikurbankan Raffi dan Gigi.

Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @raffinagita1717, terlihat sapi-sapi tersebut. Salah satunya, yang berukuran paling besar, merupakan sapi jenis Limosin dengan bobot mencapai 800 Kg.

“Selamat berkurban buat semua, semoga berkah dan barokah,” tutur Raffi dengan gaya bicara khasnya.

Via Vallen

Pedangdut yang baru aja tampil oke banget di opening ceremony Asian Games 2018, Via Vallen, juga berkurban tahun ini. Via memilih berkurban di kampung halamannya, Tanggulangin, Jawa Timur.

Pada sebuah video yang diunggah ke akun Instagramnya, terlihat Via yang mengenakan mukena sedang mendekati seekor sapi besar berwarna cokelat. Via pun membelai-belai kepala si sapi agak lama dan membiarkan sejumlah orang di sekitarnya mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel.

“Gimana perasa’an kalian ketika ngeliat hewan Qurban air matanya netes pas mau di sembelih???
Tp ngomong2 emang sapiinya beneran nangis ya
Atauuu mata sapinya perihh???
Atauuu jangan2 sapinya ga mau pisah sama akuuu jadinya nangis ?✌?
#jangandibawaserius,” tulis Via di bagian caption

Dewi Perssik

Merayakan Idul Adha, Dewi Perssik belum juga meninggalkan sensasi. Eits, tapi bukan sensasi yang negatif lho, melainkan kata-kata yang ditulis Depe di caption.

Ia menulis tulisan panjang lebar berupa surat yang dibuat seakan-akan dari si sapi yang akan disembelih. Jumlah sapinya, berdasarkan video yang diunggah ke akun Instagramnya, ada empat.

View this post on Instagram

Allahuakbar 3x lailahaillallah Allahuakbar, Allahuakbar walillahilham…. Sapi pasti punya saudara, adik,kk,ortu, bahkan ada punya istri dan punya suami wkwkkw lalu… mereka bilang gini…. dan melalui surat yg dikirimkan utk dewi perssik supaya dibaca semua umat manusia 😁 Kepada keluargaku, pertama-tama dan yang paling utama abang meminta permohonan maaf atas semua kesalahan yang telah abang lakukan. Saat ini waktu abang di muka bumi tinggal menghitung jam saja, tepatnya abang bakal disembelih besok Β± jam 09.00 AM. Sebenarnya maksud kedatangan surat ini hanya sekedar memberi kabar saja bahwa saat ini abang dalam keadaan sehat walafiat sehingga ibu, bapak dan semua keluarga abang tidak usah khawatir, sesungguhnya jalan ini dilakukan untuk menempuh Ridho Allah Swt. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡ @masbin_mys @masfatur @lebbywilayati @santimilani Selamat hari raya idul adha mohon maaf lahir dan batin πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

A post shared by Dewi Perssik Real (@dewiperssikreal) on

Inul Daratista

Masih dari kalangan pedangdut, Inul Daratista pun berkurban tahun ini. Mirip seperti Depe, Inul juga mengunggah video sapi kurbannya. Pun, si pemilik goyang ngebor ini memasang caption menggelitik soal sapinya yang menangis.

View this post on Instagram

Sabar ya piiiiii😘😘😘😘😰 Maafin aku dr tadi bercanda terus, aku doa buatmu mlm ini agar kamu tenang sesuk di ngekkkπŸ”ͺ😰😭ojo nangisss aku melok sediih😰😰😰😰 Bismillah semoga berkah barokah dan menjd gizi yg baik bagi yg makan dagingmu besok yo piiiiiπŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ‚πŸ‚πŸ‚aku sangat ikhlaaasss …semoga kamu tenang sesuk yo piiii❀️😭 Ojo nangis hehehee tak hibur mau yaa🎼🎀 Piye nek tak setelno lagune mba via vallen meraih bintang,kita nyanyi bareng yuukkkk ….biar kamu tenang sama bintang2 dilangit yg indah besokβ€οΈπŸ‚πŸ˜ŠπŸ˜ Maafin bunda inul ya piiii,πŸ™πŸ˜˜πŸ˜yg jelas aku berdoa buatmu tak sholawati ben tenang ,takbir,tahmid wes smua doa buatmu piiii😘😊 #edisisedih

A post shared by Inul Daratista (@inul.d) on

Prilly Latuconsina

Lain lagi cerita Prilly Latuconsina dalam Idul Adha kali ini. Prilly berkurban sapi diΒ Masjid Al Hidayah di komplek tempat tinggalnya, Komplek Pengayoman, Tangerang, Banten.

Uniknya, Prilly memesan sapi secara online dan mempercayakan soal pemesanan kepada seorang temannya. Ia tidak melihat langsung penampakan sapi kurbannya. Menurut Prilly, sapi kurbannya tahun ini lebih besar dari sapi kurban tahun lalu.

“Jadi sapinya ini beratnya 780 kilogram. Jadi lebih gede dari Idul Adha tahun kemarin,” katanya seperti dikutip dari Grid.

https://www.instagram.com/p/BmuyexzBrDO/?taken-by=prillylatuconsina96

Billy Syahputra

Nah, kalo Billy Syahputra, bukan cuma berkurban. Dia malah menjadi pengusaha sapi kurban. Yups, memang, jelang Idul Adha, adik Almarhum Olga Syahputra itu terjun ke bisnis dadakan jualan sapi kurban. Bahkan, pemain film Warisan Olga itu udah menyiapkan 100 ekor sapi untuk dijual ke kalangan artis.

Sejumlah artis papan atas seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Uya Kuya, Nikita Mirzani, dan Ruben Onsu membeli sapi darinya. Wah, kalau bisnis kaya Billy ini sih pasarnya udah jelas, teman-teman artis. Jadi, kayaknya dia ga akan kesulitan buat cari pembeli.

https://www.instagram.com/p/Bl7uFzJgKCv/?taken-by=bilsky16

Ruben Onsu

Meskipun gak merayakan Idul Adha, artis Ruben Onsu juga berkurban. Tapi, kurbannya ini ia peruntukkan bagi rekan karibnya, Almarhumah Julia Perez.

Nah, Ruben membeli sapi kurban tersebut dari Billy. Yah namanya juga sesama artis, gak papa kan ngelarisin dagangan teman sendiri?

Itu dia deretan artis berkurban di Idul Adha tahun ini. Kalau kamu tahu ada artis lain yang juga berkurban tapi belum ada di daftar di atas, boleh dong kasih tahu ke kita di kolom komentar.