Gak Nyangka! Mulan Jameela hingga Celine Evangelista Ternyata Keturunan Pahlawan

Pahlawan-blog

Hari Pahlawan Nasional telah diperingati pada 10 November lalu oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenang jasa pahlawan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Meski para pahlawan telah gugur, masih anak dan cucu bahkan cicit meneruskan perjuangannya melalui bidangnya masing-masing. Salah satunya, di bidang seni. 

Para artis Tanah Air itu ternyata memiliki keturunan pahlawan. Siapa sajakah artis yang dimaksud?

Yuk, ketahui lengkapnya dari rangkuman Lifepal berikut:

1. Maia Estianty

Pahlawan
Maia Estianty (Instagram/@maiaestiantyreal)

Maia Estianty diketahui merupakan salah satu artis Indonesia keturunan pahlawan. Maia merupakan cicit dari salah satu pahlawan nasional Indonesia, Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. 

Dalam unggahannya di Instagram, Minggu 10 November 2019, Maia mengaku bangga terlahir dari orang-orang hebat. Ibunda Al, El, dan Dul itupun menuliskan akan mewakili sang eyang, H.O.S Tjokroaminoto untuk menerima penghargaan.

Sekadar diketahui, Hadji Oemar Said (H.O.S.) Tjokroaminoto merupakan pahlawan nasional sekaligus pemimpin abadi Sarekat Islam (SI). Tjokroaminoto memimpin SI sejak 1914 hingga wafat pada 17 Desember 1934. 

Di bawah kendalinya, SI sempat menjadi salah satu organisasi massa terbesar dalam sejarah pergerakan nasional. 

Tjokroaminoto juga merupakan guru bagi tokoh-tokoh yang kelak sangat berpengaruh, seperti Sukarno, Semaoen, Musso, hingga Maridjan Kartosoewirjo. Karena itu, Tjokroaminoto bisa disebut sebagai bapaknya bapak bangsa Indonesia.

Baca juga: Gaya Memikat Dian Sastro bak Pahlawan Wanita Indonesia

2. Mulan Jameela

pahlawan
Mulan Jameela (Instagram/@mulanjameela1)

Tak berbeda dengan mantan rekan duetnya, Mulan Jameela juga ternyata masih keturunan pahlawan. Fakta tentang sosok ayah Mulan Jameela itu baru saja terungkap pada peringatan hari pahlawan, Minggu 10 November 2019. 

Istri Ahmad Dhani tersebut mengungkapkan sosok sang ayah yang merupakan veteran melalui Instagramnya, @mulanjameela1.

Dalam unggahannya, ibu empat anak tersebut tampak mengunggah dua buah foto yang menerangkan bahwa ayahnya merupakan seorang pahlawan bernama R.E Komar yang merupakan anggota TNI AD.

Semasa hidupnya, ayah Mulan Jameela kerap ikut bertempur sebagai seorang prajurit. Atas jasa-jasa membela NKRI itu, R.E. Komar dua kali mendapat penghargaan tanda jasa pahlawan.

3. Dian Sastrowardoyo

pahlawan
Dian Sastrowardoyo (Instagram/@therealdisastr)

Dian Sastrowardoyo juga melengkapi deretan artis keturunan pahlawan Indonesia. Istri Indraguna Sutowo itu merupakan cucu keponakan dari Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sunario dikenal sebagai satu tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional, Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II. 

Sunario juga merupakan salah satu tokoh Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

4. Karina Salim

pahlawan
Karina Salim (Instagram/@karinasalim)

Artis sekaligus penyanyi Karina Salim juga merupakan keturunan pahlawan. Yaitu, cucu dari H. Agus Salim. 

Sekadar diketahui, Agus Salim ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Indonesia pada 27 Desember 1961 melalui Keppres No. 657 tahun 1961.

5. Celine Evangelista

pahlawan
Celine Evangelista (Instagram/@celine_evangelista)

Celine Evangelista juga termasuk dalam darah keturunan pahlawan Indonesia. Istri Stefan William itu ternyata cicit dari H Fadeli Luran. 

H Fadeli Luran merupakan tokoh pemersatu agama Islam dan penyebar agama Islam di Makassar.

6. Dewi Yull

pahlawan
Dewi Yull (Instagram/@dewiyullofficial)

Penyanyi Dewi Yull juga termasuk artis Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan. 

Mantan istri Ray Sahetapy itu merupakan cicit RM Tirto Adhisoerjo, seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia, dikenal juga sebagai perintis persuratkabaran dan kewartawanan nasional Indonesia.

Itulah enam artis Indonesia yang ternyata masih berdarah keturunan pahlawan. Meski tak berjuang mengangkat bedil dan bambu runcing, mereka diketahui berjuang di industri seni Tanah Air.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →