Cerita Sukses Aryo Ariotedjo Dirikan Coworking Space Berlandaskan Kearifan Lokal

aryo ariotedjo

Aryo Ariotedjo mungkin bisa menjadi contoh sosok inspiratif untuk kamu yang lagi merencanakan atau sedang merintis bisnis model coworking office dan coliving house di Indonesia. Ia merupakan pendiri dari Wellspaces.co yang udah memiliki beberapa lokasi strategis di Ibu Kota dan sekitarnya. 

Kebutuhan akan ruang kerja yang sesuai dengan modal memang menjadi hal yang susah-susah gampang untuk dicari oleh beberapa perusahaan rintisan atau biasa kita kenal dengan startup.

Lelaki yang akrab disapa Aryo ini pun melihat masalah tersebut sebagai peluang. Lulusan jurusan Banking, Corporate, Finances and Securities Law Universitas Prasetya Mulya tahun 2010 ini melihat adanya kesempatan untuk memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan rintisan itu untuk bisa berkembang dengan lebih baik.

Daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih kisah sukses Aryo Ariotedjo dalam meniti karier hingga merintis bisnis Wellspaces.co.

Baca juga: Tak Andalkan Nama Besar Orangtua, 5 Anak Pejabat Ini Berprestasi dan Menginspirasi!

Minat berwirausaha Aryo Ariotedjo udah muncul semenjak kuliah dan sempat kena tipu

aryo ariotedjo
Sejak masih duduk di bangku kuliah sudah punya minat usaha sendiri. (Instagram/@aryoariotedjo)

Aryo sendiri udah mulai merintis bisnis semenajak duduk di bangku kuliah. Saat itu bidang usaha yang dijalankannya cukup beraneka ragam. 

“Kalau bisnis sih gue udah selalu nyoba dari zaman kuliah coba kecil-kecilan. Jualan kaoslah, minumanlah dan berbagai macam,” jelasnya saat ditemui Lifepal ID di kawasan SCBD, Jakarta Selatan tanggal 26 September 2019.

“Terus sempet juga coba kayak zaman dulu kan orang bilang ‘kalau mau cepet kaya brokerin aja brokerin batu bara’ jadi waktu itu gw coba sempet jalanin satu sampai dua tahun hanya jebol sekali. Itupun kena tipu, kena tipu maksudnya harusnya dapet berapa tapi turun,” tambahnya.

Karena itu ia memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu di beberapa perusahaan seperti Medco Power Indonesia untuk posisi Business Development. Seperti yang kita ketahui, Medco Power Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi dan dimiliki oleh pengusaha sukses Arifin Panigoro.

Baca juga: Pernah Jualan Donat, Begini Kisah Elang Gumilang yang Sukses Raup Rp 55 Triliun

Mulai mendirikan bisnis lagi pada tahun 2012

aryo ariotedjo
Mulai dirikan bisnis sendiri pada tahun 2012. (Instagram/@aryoariotedjo)

Tekad yang kuat dari Aryo Ariotedjo untuk terjun di dunia usaha nampaknya udah terlanjur membara, walau pernah mengalami hal tidak mengenakkan. Hal itu terlihat dari upayanya kembali membangun bisnis bernama Grupara Ventures pada tahun 2012.

Kegiatan bisnis Grupara Ventures sendiri bergerak di bidang investasi. Mereka mengelola modal yang diberikan oleh investor untuk diberikan kepada startup yang potensial untuk berkembang serta berdampak positif secara luas.

Setahun kemudian Aryo juga mendirikan Freeware Spaces Group yang masih memiliki relasi dengan Grupara Ventures. Perusahaan ini bisa dikatakan menjadi salah satu pelopor berdirinya coworking office di daerah Jakarta. Lokasi tepatnya berada di kawasan Ampera, Jakarta Selatan. 

Freeware Spaces Group sendiri adalah cikal bakal dari berdirinya Wellspaces.co yang dipimpin oleh Aryo hari ini. Penasaran cerita lengkapnya tentang bidang usaha yang satu ini? Yuk kita simak poin selanjutnya.

Baca juga: Kisah Inspiratif Mesty Ariotedjo, Dokter yang Juga Pemain Harpa Peraih Forbes 30 Under 30

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Aryo mendirikan Freeware Spaces Group berlandaskan kearifan lokal

aryo ariotedjo
Coworking spaces yang didirikan Aryo. (wellspaces.co)

Dalam mendirikan usaha coworking office-nya tersebut, Aryo Ariotedjo ternyata menanamkan nilai yang unik dan gak banyak orang pikirkan yakni kearifan lokal 

“Kenapa dulu namanya Freeware? Karena dulu memang gratis, berdasarkan kearifan lokal. Jadi waktu itu memang banyak startup entrepreneur yang punya visi baru tapi gak banyak investor kan. Untuk orang bisa punya fasilitas dan ekosistem yang mendukung belum ada,” terangnya.

Saat itu Aryo mengumpulkan pengusaha-pengusaha untuk bekerja di satu lokasi yang lokasinya berada di Ampera tadi. Sedangkan, untuk cost operasionalnya sendiri Freeware mengharapkan subsidi dari perusahaan-perusahaan yang bermarkas di sana. 

Luas kantornya kini menyentuh 10.000 meter persegi dan berubah nama menjadi Wellspaces.co

aryo ariotedjo
Penampakan ruangan kantor coworking space milik Aryo. (wellspaces.co)

Seiring bertumbuhnya Freeware Spaces Group, model bisnis yang mereka gunakan mengalami sedikit perubahan dengan mengarah sedikit ke komersial pada tahun 2016. Ini bertujuan agar kegiatan usaha menjadi lebih sehat dan mandiri untuk bisa berdiri sendiri ke depannya. 

Gagasan tersebut ternyata membuahkan hasil. Buktinya sampai tahun 2019, jumlah luas coworking office yang dimiliki oleh perusahaan Aryo Ariotedjo ini udah menyentuh sekitar 10.000 meter persegi yang tersebar di sedikitnya sembilan lokasi berbeda.

Padahal, sebagai perbandingan, luas kantor pertama Freeware Spaces saat berdiri gak sampai 150 meter persegi!

Barulah pada tahun 2019 ini Freeware Spaces Group mengubah namanya menjadi Wellspaces.co sebagai salah satu upaya rebranding. Pada tahun 2020 perusahaan ini menargetkan untuk melipatgandakan luas wilayah usahanya mencapai lebih dari 20.000 meter persegi.

Modal dan omzet yang didapat oleh Wellspaces.co

aryo ariotedjo
Salah satu ruangan di Wellspaces.co. (wellspaces.co)

Untuk mendirikan usaha Freeware Spaces Group dulu, modal yang dibutuhkan oleh Aryo Ariotedjo sekitar Rp 200 jutaan untuk segala keperluan sampai bisa berjalan kegiatan bisnisnya. 

Sementara itu, untuk omzetnya sendiri lumayan menggiurkan. Untuk setiap 1.000 meter persegi luas kantor yang dimilikinya berpotensi menghasilkan omzet mencapai Rp 500 jutaan. Jadi bisa dihitung sendiri berapa potensi total yang bisa dihasilkan jika saat ini total bangunannya mencapai 10.000 meter persegi.

Gak hanya bergerak di coworking office aja, ke depannya Wellspaces.co juga mengembangkan sayap bisnisnya untuk coliving house yang sekarang udah disiapkan di daerah Antasari dan Senopati, Jakarta Selatan.

Nah itulah sedikit informasi tentang kisah sukses Aryo Ariotedjo dalam membangun bisnis yang udah dijalanin semenjak tahun 2012 lalu tersebut. Semoga bisa menginspirasi kamu yang pengin mengikuti jejaknya tersebut. Semoga sukses! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →