Harga Tiket Pesawat Mahal, ASN Gak Boleh Umbar Perjalanan Dinas

Harga Tiket Pesawat Mahal, ASN Diminta Hemat (Shutterstock)

Harga Tiket Pesawat Mahal, ASN Diminta Hemat (Shutterstock)

Lonjakan harga tiket pesawat memberikan dampak besar bagi masyarakat hingga perjalanan dinas Kementerian/Lembaga (K/L) negara.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan efisiensi. Terutama dari sisi belanja operasional termasuk anggaran perjalanan dinas.

“Kami lihat kan sebetulnya dari keseluruhan belanja K/L untuk perjalanan dinas itu kami minta diefiensikan,” kata Sri Mulyani.

Tentunnya hal ini sejalan dengan keluhan masyarakat terhadap mahalnya harga tiket pesawat. Jangan sampai ASN berfoya-foya ditengah keprihatinan masyarakat yang terganggu dengan mahalnya tiket pesawat.

Hemat Anggaran

Tak hanya itu, Menkeu juga meminta para ASN juga melakukan penghematan pada pos-pos anggaran belanja lainnya.

Namun demikian, Sri Mulyani menegaskan para Kementerian dan Lembaga akan melakukan perhitungan dengan matang. Apabila ada kenaikan pos anggaran belanja pada satu titik maka akan melakukan penghematan di titik lain.

“Tapi mereka akan terlihat pelaksanaan dari belanja masing-masing K/L. Jadi mungkin mereka juga akan melakukan efisiensi biasanya. Kalau ada kenaikan di satu sisi tapi kemudian mereka melakukan efisien ditempat lain,” kata Sri Mulyani.

Permintaan Sri Mulyani ini bukan tanpa alasan. Sebab, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) kenaikan harga tiket pesawat memberikan kontribusi tinggi terhadap inflasi 2019.

Sampai dengan Juni, yaitu sebesar 0,30 persen dari 3,32 persen. Diharapkan dengan melakukan penghematan pada pos perjalanan dinas, maka anggaran belanja negara dapat optimal. Selain juga efisien dalam melayani masyarakat guna kepentingan bersama.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis