Asuransi Astra: Ragam Produk Hingga Keunggulan Polisnya

Produk Unggulan Asuransi Astra

Asuransi Astra memiliki nama resemi PT Asuransi Astra Buana, telah berdiri sejak tahun 1956 yang didirikan oleh William Soerjadjaja. Adapun salah satu produk unggulannya adalah asuransi mobil. 

Berfokus awal pada bidang otomotif, perusahaan Astra memiliki banyak perjalanan sejarah yang sangat signifikan dan berhasil membangun negeri. Lalu, bagaimana perjalanan perusahaan hingga berkembang pesat pada saat ini?

Distributor Otomotif Pertama di Indonesia

Sebelum berganti nama, perusahaan asuransi ini memiliki nama PT Maskapai Asuransi Buana pada tanggal 12 September 1956. Setelah mendapatkan kesuksesan besar, nama perusahaan ini berubah menjadi PT Astra International (PT AI).

Selama PT Astra International dibangun, perusahaan ini telah mengakuisisi hampir 60 persen dari saham. Pencapaian ini tergolong sukses besar karena didukung oleh faktor-faktor usaha distributor otomotif, khususnya dari Jepang. Tidak hanya mencakup bidang otomotif, perusahaan besar Astra juga ikut berkecimpung di bidang elektronik, konstruksi, agribisnis, dan sebagainya.

Pada tahun 1990, nama perusahaan berganti nama lagi menjadi PT Asuransi Astra Buana. Perubahan nama ini juga diikuti dengan pergantian logo sebagai penguatan Grup Astra sebagai perusahaan dengan manajemen keuangan terbaik.

Lahirnya Asuransi Astra Garda Oto

Asuransi otomotif terbesar di Indonesia diluncurkan oleh Asuransi Astra dengan nama Garda Oto pada tahun 1995. Produk asuransi Garda Oto ini menjadi acuan bagi seluruh perusahaan asuransi lainnya dan berkembang di segala penjuru Indonesia.

Setelah mengantongi kesuksesan besar, nama ‘Garda’ menjadi acuan utama perusahaan asuransi ini dalam mempromosikan produknya. Fasilitas yang mereka tawarkan terdiri dari Garda Akses 24 jam yang memberikan pertolongan terkait asuransi otomotif. Kemudian ada juga Garda Siaga yang memberikan perlindungan cepat pada saat keadaan darurat di jalan raya.

Ketika jenis asuransi syariah masuk ke dalam industri asuransi di Indonesia, Astra mulai ikut berkecimpung di bidang tersebut pada tahun 2005. Produk ini melayani bantuan yang sesuai dengan syariat Islam berdasarkan ketentuan dari Dewan Pengawas Syariah.

Perkembangan teknologi yang melaju semakin pesat pun membuat perusahaan meluncurkan produk asuransi berbasis teknologi. Produk ini bernama “e-marine” yang ditujukan kepada nasabah asuransi komersial dengan kemudahan proses penerbitan sertifikat asuransi dan cover note.

Setelah mengenal selayang pandang tentang sejarah perkembangan Asuransi Astra, ternyata ada banyak sekali produk yang ditawarkan. Apa sajakah produk unggulan dari Astra?

Produk Unggulan Asuransi Astra

Menurut data terakhir pada tahun 2017, 54 persen segmen asuransi terletak pada sektor otomotif, 31 persen pada sektor asuransi komersial, dan 15 persen terletak pada sektor asuransi lainnya seperti bisnis dan kesehatan. Oleh karena itu, produk unggulan dari PT Asuransi Astra Buana dibagi menjadi 4 (empat) macam, yaitu retail, komersial, kesehatan, dan syariah.

1. Asuransi Retail

Seperti yang sudah diketahui, produk Astra sudah memiliki pengalaman terpercaya dalam menangani asuransi otomotif. Pada jenis produk ini digolongkan ke dalam bagian asuransi retail. Produk ini dibagi menjadi 3 (tiga) macam kategori khusus, yaitu:

2. Asuransi Mobil

Produk asuransi ini juga disebut dengan Garda Oto yang sudah sangat populer sejak tahun 90-an. Saat ini, produk tersebut telah dikembangkan lebih baik.

Fasilitas asuransi Garda Oto yang ditawarkan meliputi pengajuan klaim asuransi secara online, jaringan layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dan akses termudah melalui aplikasi online, Garda Mobile Otocare.

Produk ini juga melayani Garda Siaga yang terdapat Emergency Roadside Assistance (ERA) dan Emergency Medical Assistance (EMA).

3. Asuransi Motor

Produk Astra ini juga disebut dengan Garda Motor yang memberikan santunan khusus kepada motor yang mengalami Total Loss Only (TLO) dan kerusakan karena tabrakan, tergelincir, kebakaran, dan sebagainya. Total penggantian kerugian tersebut dapat mencapai 75 persen.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir untuk mengurus segala kehilangan atau kerugian terhadap kendaraan, karena Garda Motor juga tersebar di seluruh dunia.

4. Asuransi Mikro

Bagi yang membutuhkan asuransi yang tidak perlu membayar premi bulanan yang jumlahnya besar, kamu dapat mencoba asuransi Mikro.

Hanya dengan membayar premi Rp 30 ribu per bulan, nasabah akan mendapatkan santunan kecelakaan diri hingga meninggal dunia. Santunan tersebut diberikan pada waktu kesepakatan yang sudah diberikan.

5. Asuransi Commercial

Produk Astra ini diberikan kepada para pengusaha yang bergerak pada sektor bisnis tertentu. Perlindungan asuransi ini dinamakan Garda Marine. Bidang bisnis ini terdiri dari pertambangan, ekspedisi, manufaktur, serta institusi keuangan. Jenis asuransi ini dibagi menjadi 9 (sembilan) macam, yaitu:

  • Asuransi Kebakaran dan Harta Benda
  • Asuransi Pengangkutan
  • Asuransi Rangka Kapal
  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Asuransi Alat Berat
  • Asuransi Tanggung Gugat
  • Asuransi Rekayasa
  • Asuransi Uang
  • Asuransi Tanaman

6. Asuransi Kesehatan

Pada tahun 2008, asuransi kesehatan baru dimulai di perusahaan asuransi Astra dengan meluncurkan Garda Medika dengan penawaran yang lebih terjangkau. Produk asuransi ini juga memiliki Garda Siaga Emergency Medical Assistance yang memberikan bantuan darurat berupa ambulans yang siap sedia selama 24 jam.

Keunggulan yang bisa dijumpai dari produk ini terdiri dari sistem pembayaran cashless, jaringan 900 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia, kemudahan perawatan melalui provider Astra resmi, serta kemudahan dalam pengajuan klaim melalui aplikasi Garda Mobile HR-Akses.

7. Asuransi Syariah

Produk Astra syariah berdiri pada tahun 2005 yang diawasi secara langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. Asuransi syariah ini memiliki juga berlaku untuk 3 produk Astra konvensional, yang terdiri dari Asuransi Retail, Commercial, dan Health.

Itulah perjalanan perusahaan asuransi Astra yang berhasil mengembangkan usahanya di bidang asuransi. Tentu saja, pengalaman mereka yang sangat terpercaya tidak akan membuat kamu ragu untuk menjadi bagian dari nasabah.  

Selain Garda Oto, masih ada banyak pilihan asuransi mobil di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan. Jika bingung, yuk konsultasikan dengan ahli asuransi secara gratis melalui Tanya Lifepal!

Pertanyaan Seputar Asuransi Astra

Bagus atau tidaknya asuransi sebenarnya tergantung kebutuhan dan anggaran calon nasabah. Namun, Astra Garda Oto merupakan salah satu polis asuransi mobil unggulan di Indonesia. Adapun bengkel rekanan Astra tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia.

PT Asuransi Astra Buana

Jl. TB Simatupang Kav.15, Lebak Bulus,

Cilandak, Jakarta Selatan, 12440.

Phone: 1 500 112

Email: [email protected]

Bengkel rekanan Astra tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Adapaun daftar lengkapnya dapat dilihat pada laman Asuransi Astra Garda Oto.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →