Pentingnya Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Kamu

asuransi hewan

Asuransi hewan memang belum terlalu familiar di telinga kita. Tapi ternyata, mengasuransikan hewan itu penting, lho!

Merawat hewan, baik hewan peliharaan maupun hewan ternak memang tidak mudah, tetapi sangat menyenangkan. Namun perlu diingat, selain makanan, kita juga harus mengurus kebutuhan lainnya seperti tempat tinggal, wadah buang kotoran, hingga mood si hewan.

Semua itu akan lebih lengkap jika ditambah dengan mengasuransikan hewan peliharaan kesayangan kita. Meskipun tidak sepopuler jenis asuransi lainnya, asuransi ini ternyata sudah cukup lama beredar di Indonesia.

⚠️Awas, risiko sakit bisa datang kapan saja! Yuk dapatkan manfaat berobat gratis dengan asuransi kesehatan terbaik di Lifepal!

Asuransi untuk hewan peliharaan ini patut dipertimbangkan karena semakin banyak masyarakat yang hobi memelihara binatang menggemaskan dan lucu. Sayang sekali kalau memelihara hewan tidak disertai dengan jaminan hidup yang baik.

Yuk, ketahui pentingnya mengasuransikan hewan beserta pilihan asuransi hewan di Indonesia!

Apa itu asuransi hewan?

Asuransi hewan (pet insurance) adalah perlindungan terhadap hewan peliharaan atas risiko-risiko tertentu. Risiko tersebut bervariasi mulai dari cacat tetap total atau akibat kecelakaan, hingga kematian.

Sejatinya, asuransi hewan adalah turunan dari produk asuransi properti yang dimodifikasi sesuai kebutuhan pemilik hewan peliharaan. 

Manfaat asuransi hewan

Sama seperti jenis asuransi lain, pet insurance memberi ketenangan kepada pemilik hewan peliharaan. Terlebih jika kita sudah menganggap hewan peliharaan sebagai bagian dari keluarga, tentunya kita tidak menginginkan hal buruk terjadi pada hewan kesayangan.

Ini manfaat yang kamu dapatkan dengan mengasuransikan hewan peliharaan:

1.      Perawatan kesehatan hewan peliharaan

Sama seperti asuransi pada umumnya, mengasuransikan hewan artinya mengurangi beban biaya perawatan kesehatan hewan peliharaan jika sedang sakit atau mengalami kecelakaan.

2.      Perlindungan terhadap pencurian hewan peliharaan

Tidak ada yang menginginkan hewan peliharannya dicuri. Namun jika itu terjadi, pemilik hewan peliharaan akan mendapatkan santunan ketika peliharaan mereka dicuri.

3.      Penanggungan biaya kematian hewan peliharaan

Serupa dengan asuransi lain, pet insurance juga menanggung biaya penguburan hewan peliharaan yang mati karena sakit atau mengalami kecelakaan.

4.      Penanggungan biaya medis atas luka pemilik yang disebabkan hewan peliharaan

Tidak hanya hewan peliharaan yang dilindungi, sang pemilik juga mendapat perlindungan apabila terluka akibat hewan peliharaan mereka.

Dengan demikian, pet insurance pun memfasilitasi biaya medis yang terjadi pada manusia akibat serangan hewan peliharaan.

5.      Perlindungan properti yang dirusak oleh hewan peliharaan

Tidak peduli sejinak apa hewan peliharaan kita, bukan berarti kita bisa mencegah perilaku mereka. Hewan peliharaan pun tetap saja memiliki insting untuk liar dan aktif. Contohnya merusak barang-barang di rumah.

Pentingnya Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Kamu
Pentingnya Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Kamu

Pet insurance memberikan fasilitas penggantian biaya untuk barang-barang yang dirusak oleh hewan peliharaan.

6.      Biaya pengurusan hewan di asrama maupun di penitipan hewan

Beberapa pet insurance akan menanggung biaya perawatan hewan peliharaan yang ditinggal bepergian oleh majikan. Asuransi ini pun bisa menanggung biaya perawatan hewan yang dititipkan di tempat penitipan. 

Jenis-jenis hewan yang bisa diasuransikan

Asuransi ini baru sebatas hewan peliharaan, baik itu peliharaan di rumah maupun untuk diternakkan. Binatang peliharaan yang umum adalah kucing, kelinci, anjing, ikan, dan burung hias. Sementara untuk hewan ternak, sejauh ini yang sudah banyak diasuransikan adalah sapi.

Tetapi ada beberapa hewan peliharaan lain yang bisa mendapat asuransi:

  1.     Kura-kura
  2.     Reptil seperti ular, kadal, dan iguana
  3.     Burung kecil seperti sejoli, parkit, dan cockatiels
  4.     Mamalia berukurang sedang eksotis seperti Kambing Pygmy atau Kune-kune Pig

Khusus binatang eksotis, diperlukan surat izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam yang membuktikan bahwa binatang tersebut didapatkan secara legal.

Polis asuransi hewan

Pengertian dan penggunaan pet insurance tidak sama dengan asuransi jiwa/kesehatan untuk manusia. Walaupun beberapa bentuk proteksinya sama, namun pet insurance merupakan turunan dari asuransi properti.

Ada 2 jenis polis pada produk asuransi khusus untuk binatang peliharaan:

1.      Non lifetime / tidak seumur hidup

Asuransi jenis pertama ini akan melindungi binatang peliharaan pada kondisi dan periode waktu tertentu. Polis yang digunakan hanya akan menanggung seluruh hal yang dialami oleh hewan peliharaan pada saat itu saja, bukan berlaku seumur hidup.

Biasanya asuransi ini dipakai oleh pemeliara binatang yang bertujuan mengembangbiakkan hewan untuk dijual kembali atau ditawarkan adopsi ke orang lain.   

2.      Lifetime / seumur hidup

Polis ini berlaku untuk melindungi binatang pada kondisi hidup/sedang berlangsung hingga mati. Dengan produk asuransi ini, maka biaya penguburan binatang peliharaan yang telah mati bisa difasilitasi.  

Perusahaan asuransi yang memiliki asuransi hewan

Perlu disadari bahwa belum banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi untuk binatang peliharaan. Tetapi jangan khawatir, beberapa nama besar perusahaan asuransi ternyata sudah punya pet insurance, lho!

Ini dia beberapa produk pet insurance di Indonesia:

1.      Simas Pet Insurance

Simas Pet Insurance adalah perlindungan binatang peliharaan yang dikeluarkan oleh perusahaan Asuransi Sinar Mas. Binatang peliharaan yang bisa mendapatkan produk asuransi ini yakni anjing dan kucing. Risiko yang dicover adalah risiko kematian akibat kecelakaan, risiko pencurian disertai kekerasan, serta risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

Simas Pet Insurance memiliki 6 paket jaminan dengan nilai pertanggungan total per paket yang bervariasi. Mulai dari maksimal Rp 500.000 hingga maksimal Rp 50.000. 000.

Pentingnya Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Kamu
Pentingnya Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Kamu

Usia binatang yang dijamin oleh Simas Pet Insurance untuk polis baru adalah minimal 0 bulan sampai 15 tahun. Sedangkan untuk memperpanjang polis asuransi setidaknya berusia mulai dari 4 tahun sampai dengan 8 tahun. 

2.      Jagain.com

Asuransi ini ditawarkan untuk binatang peliharaan seperti anjing dan kucing dari risiko kematian karena kecelakaan, hilang dicuri, dan santunan kepada pihak ketiga. Hewan peliharaan yang diasuransikan harus memiliki sertifikat.

3.      AXA Mandiri

AXA Mandiri rupanya mengeluarkan asuransi untuk binatang peliharaan, lho! Binatang peliharaan yang bisa mendapatkan asuransi ini adalah anjing dan kucing dengan syarat memiliki sertifikat resmi.

Produk ini merupakan perlindungan atas risiko kematina, cacat tetap total akibat kecelakaan, dan biaya tambahan penitipan binatang sebagai akibat langsung dari keterlambatan jadwal kedatangan dari pesawat tertanggung ke domisili Tertanggung.

AXA Mandiri menawarkan empat Plan asuransi dengan nilai tanggungan minimal Rp 5.000.000 dan maksimal Rp 25.000.000.

Binatang peliharaan yang dapat diasuransikan mulai dari umur 30 hari sampai dengan maksimal 10 tahun (9 tahun untuk pertama kali diasuransikan). 

4.      Rumah Polis Pet Insurance

Asuransi selanjutnya adalah Rumah Polis Pet Insurance. Rumah Polis merupakan bagian dari perusahaan asuransi PAIB di Indonesia yang juga turut bekerja sama dengan Adira Insurance.

Asuransi untuk hewan peliharaan ini memiliki tiga paket asuransi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Adapun jumlah preminya berbeda-beda, mulai dari Rp 425 ribu per tahun hingga Rp 1.250.000 per tahun.  

Jaminan polis yang diberikan adalah:

  •  Santunan kematian binatang peliharaan yang disebabkan kecelakaan
  • Santunan pemakaman dan kremasi pada binatang yang disebabkan kecelakaan
  • Santutan biaya iklan dan reward apabila binatang peliharaan hilang disertai kekerasan
  • Biaya pengobatan dan bedah pada hewan peliharaan disebabkan kecelakaan
  • Santunan biaya rawat inap apalagi hewan peliharaan dirawat inap di klinik
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga yang disebabkan oleh hewan peliharaan

Usia hewan peliharaan tertanggung minimal 6 bulan dan maksimal 8 tahun. Hewan peliharaan yang diasuransikan wajib memiliki sertifikat atan tanda pengenal resmi.

5.      Asuransi Hewan Ternak Sapi dari Jasindo

Tidak hanya binatang peliharaan yang mendapatkan asuransi, lho! Hewan ternak rupanya bisa diasuransikan. Asuransi ini dikeluarkan oleh Jasindo dengan nama produk Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).

Asuransi ini memberikan proteksi bagi peternak sapi bagi risiko binatang ternak seperti risiko kematian sapi karena penyakit, kecelakaan, kehilangan akibat pencurian, maupun kematian akibat beranak.

Harga premi asuransi ini Rp 200 ribu. Tetapi dengan bantuan pemerintah, premi yang dibayarkan cukup Rp 40 ribu. Adapun nilai pertanggungan maksimalnya yakni Rp 10 juta per ekor sapi.

Perlu diketahui, peternak sapi yang mendapatkan asuransi ini adalah peternak pembibitan atau pembiakan sapi, maupun peternak skala kecil yang diatur oleh undang-undang.

Pentingnya Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Kamu
Pentingnya Asuransi Hewan Untuk Peliharaan Kesayangan Kamu

Kriteria sapi yang diproteksi adalah sapi indukan atau sapi betina dengan usia minimal satu tahun dan memiliki identitas jelas seperti eartag, cap bakar, dan kartu ternak.

Jangka perlindungan asuransi satu tahun dan dimulai langsung ketika premi sudah dibayarkan.

Pengajuan klaim asuransi ternak hampir sama dengan binatang peliharaan. Untuk klaim sakit dan kematian, jangan lupa menghubungi dokter hewan atau petugas teknis yang bersangkutan. Jika terjadi kehilangan, pemilik ternak wajib melaporkan kehilangan ternak ke kantor polisi terdekat.

Sementara dokumen klaim yang dibutuhkan adalah fotokopi polis asuransi ternak sapi, berita acara kehilangan maupun surat keterangan kematian sapi yang ditandatangani pejabat dinas peternakan dan kesehatan binatang di daerah setempat.

❓Punya pertanyaan seputar asuransi? Yuk tanya langsung ke ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

Cara klaim asuransi hewan peliharaan

Biasanya sistem yang digunakan untuk asuransi properti adalah reimbursement. Jadi, pemilik hewan peliharaan menanggung biaya perawatan medis terlebih dahulu sebelum mengajukan klaim dengan membawa bukti.

Berikut proses klaim untuk asuransi binatang peliharaan:

  1.     Meminta bantuan dari Dokter Hewan
  2.     Mengklaim langsung ke perusahaan 
  3.     Menghubungi agen asuransi
  4.     Menelepon langsung perusahaan asuransi
  5.     Mengisi formulir klaim secara online jika tersedia

Demikian ulasan tentang pet insurance yang perlu kamu ketahui. Meskipun jumlahnya terbatas, tapi tidak adalah salahnya mempertimbangkan membeli asuransi untuk binatang kesayangan kamu!

Pertanyaan seputar asuransi hewan

Apa manfaat asuransi hewan?

Asuransi ini diperuntukkan untuk perlindungan hewan atas risiko-risiko tertentu. Asuransi jenis ini merupakan turunan dari asuransi properti, tidak sama dengan asuransi jiwa/kesehatan pada manusia.

Risiko apa saja yang ditanggung asuransi hewan?

Risiko yang ditanggung asuransi untuk hewan bervariasi mulai dari sakit, cacat tetap total atau akibat kecelakaan, dan kematian. Termasuk di dalamnya biaya penitipan ke tempat penitipan hewan.

Bagaimana proses klaim asuransi hewan?

Berikut proses klaim untuk asuransi hewan peliharaan:

  1.     Meminta bantuan dari Dokter Hewan
  2.     Mengklaim langsung ke perusahaan asuransi
  3.     Menghubungi agen asuransi
  4.     Menelepon langsung firma asuransi hewan
  5.     Mengisi formulir klaim secara online jika tersedia