Asuransi Jiwa Sangat Penting Dimiliki oleh Pembayar KPR, Apa Alasannya?

Asuransi jiwa sangat penting bagi yang tengah memiliki cicilan KPR

Asuransi jiwa itu sebaiknya dimiliki lho oleh mereka yang punya banyak tanggungan. Gak terkecuali bagi mereka membeli rumah dengan mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Setiap debitur KPR otomatis menjadi nasabah asuransi perlindungan jiwa. Biaya pembayaran preminya tercatat dengan jelas di biaya KPR yang perlu mendapat persetujuan dari nasabah kalau emang sepakat dengan biaya-biaya yang ditentukan bank.

Dengan kata lain, biaya preminya termasuk dalam biaya KPR tersebut mau gak mau harus dibayar oleh nasabah kalau mau pengajuan KPR-nya disetujui oleh bank. Pertanyaannya, apa perlunya sih asuransi perlindungan jiwa bagi pembayar KPR?

Alasan kenapa pembayar KPR wajib memiliki asuransi jiwa?

Ini lho alasanya kenapa perlu memiliki asuransi ini?
Asuransi perlindungan jiwa bagi pemilik cicilan KPR, (Shutterstock).

Asuransi berfungsi sebagai proteksi keuangan. Fungsi proteksi keuangan di sini adalah menjamin kondisi keuangan tetap baik-baik aja sekalipun terjadi risiko yang membebani pengeluaran. 

Kenapa asuransi punya fungsi seperti itu? Sebab asuransi bekerja dengan mengganti biaya kerugian yang ditimbulkan beberapa risiko. 

Karena fungsinya sebagai proteksi itulah, asuransi tersebut dimasukkan dalam komponen biaya KPR oleh bank. Ditambah lagi adanya ketentuan bank memasukkan asuransi jiwa ke dalam biaya KPR telah diatur di Peraturan Menteri Keuangan RI No. 124/PMK.010/2008.

Peraturan tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship menjelaskan bahwa “asuransi kredit adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan pemenuhan kewajiban finansial penerima kredit apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit.”

Dari bunyi ketentuan di atas, kita bisa menangkap maksud dari adanya asuransi perlindungan jiwa bagi yang tengah memiliki KPR, yaitu sebagai pengganti kewajiban yang semestinya dibayar debitur selama masa cicilan berlangsung (tenor KPR) dengan syarat si debitur gak bisa lagi memenuhi kewajibannya.

Bisa aja selama cicilan belum lunas, si nasabah KPR mengalami risiko yang menyebabkannya gak mampu lagi membayar cicilan KPR sampai selesai. Nah, konsekuensi dari risiko itulah yang kemudian diambil alih oleh perusahaan asuransi.

Asuransi perlindungan jiwa KPR berbeda dengan asuransi tersebut pada umumnya

Bagi pemilik cicilan KPR perlu nih memiliki asuransi buat perlindungan jiwa
Bagi pemilik cicilan KPR perlu nih memiliki asuransi buat perlindungan jiwa, (Shutterstock).

Karena telah memiliki asuransi tersebut sebelumnya, gak serta-merta membuatmu bisa menolak asuransi perlindungan jiwa yang disertakan dalam biaya KPR. Asuransi jiwa dalam KPR emang telah dikhususkan bagi debitur KPR dan keberadaannya terikat dalam perjanjian biaya KPR.

Menariknya nih biaya premi asuransi perlindungan jiwa KPR bisa dibilang terjangkau, padahal perlindungan ini dapat mencapai hingga 20 tahun lho. Terus preminya cuma sekali dibayarkan di awal aja.

Sekalipun terjangkau, besaran biaya preminya berbeda-beda di tiap-tiap debitur, tergantung dari usia debitur KPR itu sendiri. Seperti yang kamu tahu, semakin tua usia debitur, semakin tinggi biaya premi asuransi yang dibayarkan karena risikonya juga semakin besar.

Apakah debitur KPR perlu memiliki asuransi perlindungan jiwa lagi?

Apakah perlu bagi pemilik cicilan KPR asuransi ini?
Apakah perlu bagi pemilik cicilan KPR asuransi ini?, (Shutterstock).

Kalau punya kemampuan bayar, kenapa gak? Semakin banyak perlindungan tentu aja semakin baik buat kondisi keuangan. 

Satu hal yang perlu diingat, sesuaikan biaya premi dengan kemampuan bayar. Persoalannya, kemampuan bayar ini tergantung dari besaran premi yang dibayarkan.

Premi yang terjangkau pastilah mampu dibayar banyak orang. Persoalannya, mencari asuransi tersebut dengan premi terjangkau bukanlah perkara mudah.

Nah, kalau kamu mau memiliki asuransi jiwa dengan premi terjangkau, temukanlah di tempat yang tepat di mana kamu bisa membandingkannya secara online. Dengan begitu, kamu bisa mendapat asuransi yang sesuai dengan kemampuan bayar mu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →