Asuransi Kesehatan BRI Life, Ulasan untuk Pribadi dan Bisnis

BRI Life

Menjadi lembaga keuangan terbesar di Indonesia, ternyata BRI tidak hanya jago di layanan perbankan. Salah satu bank tertua di Indonesia tersebut juga memiliki perusahaan asuransi bernama BRI Life atau BRingin Life. Salah satu produk unggulan anak perusahaan BRI Life ini adalah asuransi kesehatan BRI.

Sebagai perusahaan yang merambah ke bidang asuransi, BRI Life tampak sangat serius di pasar tersebut. Sebab, BRI Life menyediakan produk lengkap, mulai dari proteksi untuk individu, keluarga, dan golongan pensiun. BRI Life pun juga menjual produk asuransi mikro dan bancassurance.

Program asuransi kesehatan BRI Life, produk ini dibagi menjadi dua macam berdasarkan sasaran nasabahnya. Ada yang dikhususkan untuk individu, yaitu Dana Sehat Sejahtera atau Dasetera. Kemudian, Program Kesehatan BRI yang memberikan perlindungan kepada karyawan perusahaan.

Lifepal lagi ada promo diskon 30% buat produk BRI Life, lho! Hanya dengan premi Rp50 ribu per bulan, kamu bisa dapatkan santunan kecelakaan sampai Rp50 juta!

Yuk, simak rincian manfaat dan keunggulan produknya, termasuk premi asuransi kesehatan Bringin Life atau BRI Life.

Rangkaian Produk Asuransi Kesehatan BRI Life

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat yang didapat dari program perawatan kesehatan dari BRI Life ada dua macam, yaitu sebagai berikut:

1. Dana Sehat Sejahtera (Dasetera)

Dikhususkan untuk individu, produk asuransi kesehatan BRI ini cocok bagi Anda yang menginginkan premi ringan. Namun, tentu saja tidak murahan. Sebab, manfaat yang diberikan cukup lengkap. Kemudian, Anda bisa pilih setidaknya ada enam plan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Oh ya, ada pengembalian premi pula setelah tahun kelima!

Berikut tiga manfaat yang ditawarkan dari Dasetera, yaitu:

  • Biaya perawatan rumah sakit (sudah termasuk rawat inap, ICU, dan pembedahan)
  • Biaya santunan meninggal dunia dan ahli waris
  • Pengembalian premi setelah 5 (lima) tahun jika tidak terjadi klaim sama sekali

Usia peserta mulai usia 18 hingga 55 tahun dengan masa premi 5 (lima) tahun. Masa pertanggungan tersebut dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan.

Untuk pembayaran premi, asuransi kesehatan BRI Dasetera dibagi menjadi dua macam, yaitu bulanan dan tahunan. Premi asuransi kesehatan Bringin Life ini mulai dari Rp55.000 per bulan hingga Rp612.000 per tahun. Dengan catatan, nominal premi akan disesuaikan dengan usia calon peserta asuransi.

2. Asuransi Kesehatan BRI untuk Karyawan

Produk Asuransi Perawatan Kesehatan merupakan perlindungan kepada karyawan perusahaan dengan lima macam manfaat utama. Kelima manfaat itu terdiri dari:

  • Biaya rawat inap (biaya kamar, biaya operasi, biaya obat-obatan, biaya ambulans, santunan duka, dan santunan cacat total)
  • Biaya rawat jalan (pemeriksaan dokter spesialis dan umum, biaya obat, dan biaya laboratorium)
  • Biaya melahirkan (santunan 100 persen pada saat memasuki usia kehamilan tujuh bulan)
  • Biaya perawatan gigi (termasuk pembersihan karang gigi, penambalan gigi, pencabutan gigi, gigi palsu, dan obat-obatan lainnya)
  • Biaya santunan kacamata (penggantian lensa kacamata dan bingkai kacamata selama dua tahun sekali)

Produk asuransi kesehatan grup dari BRI ini khususnya cocok bagi perusahaan yang telah cukup besar. Sebab, minimal karyawan yang ditanggung adalah 100 orang. Terdapat dua cara pembayaran manfaat pada karyawan yang bisa Anda pilih, yaitu reimbursement dan penggunaan kartu alias cashless.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kesehatan BRI

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap produk asuransi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun demikian bukan berarti produk asuransi ini tidak dapat direkomendasikan sama sekali ya.

Agar Anda tidak merasa salah pilih, berikut kelebihan dan kekurangan dari asuransi Kesehatan BRI yang bisa Anda pikirkan.

  • Kelebihan: memiliki banyak plan yang dipilih sesuai keinginan, harga premi terjangkau yaitu setara dengan Rp1.800 saja per hari, dan terdapat pengembalian uang premi pula sebesar 100 persen.
  • Kekurangan: biaya premi ditentukan berdasarkan usia nasabah. Jadi, seiring bertambah usia maka premi pun semakin besar. Oleh sebab itu, bila ingin mendapatkan manfaat dari asuransi BRI Life ini, mulailah sedini mungkin.

Sebagai informasi pula, produk asuransi kesehatan BRI Life tidak menerima tertanggung di bawah usia 18 tahun. Sehingga bagi keluarga yang memiliki anak yang di bawah usia tersebut, pilihan asuransi ini kurang tepat untuk Anda.

Sementara itu, untuk asuransi grup, BRI Life sepertinya baru melirik perusahaan yang tergolong sudah settle dengan banyak karyawan. Jadi, bagi Anda yang baru memulai perusahaan dengan jumlah karyawan sedikit, sayang sekali tidak ada pilihan untuk Anda.

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, kini Anda bisa memutuskan bersama keluarga atau rekan bisnis Anda apakah akan menggunakan asuransi BRI Life atau tidak.

Yang pasti, apabila Anda menginginkan premi murah maka asuransi kesehatan BRI Life cocok untuk Anda. Akan tetapi, kalau Anda menginginkan pertanggungan untuk seluruh keluarga, sebaiknya coba cari alternatif lain.

Mau tahu lebih banyak tentang BRI Life? Lihat daftar pertanyaan populer tentang produk-produk BRI Life di Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →