10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Karyawan!

karyawan saat bekerja bersama rekan-rekannya

Asuransi kesehatan karyawan merupakan produk asuransi kesehatan yang khusus diperuntukkan bagi karyawan sebuah perusahaan. Ini merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan SDM nya dengan memberikan asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan dan anak istri mereka. 

Bagi karyawan, kebijakan perusahaan seperti ini tentu akan sangat membantu untuk mengantisipasi risiko kesehatan yang mungkin terjadi di masa depan. Risiko kesehatan itu bisa muncul kapan saja akibat beban kerja, stres dan lain – lain. 

Namun, karyawan menjadi lebih tenang karena ada jaminan finansial saat mengalami kondisi sakit atau kecelakaan. Mereka juga merasa perusahaan punya kepedulian lebih sehingga loyalitas terhadap perusahaan pun lebih tinggi. Sebagai informasi, memberikan asuransi kesehatan bagi karyawan adalah salah satu cara meningkatkan produktivitas karyawan.  

Nah, berikut ini beberapa tips memilih produk asuransi terbaik untuk karyawan. 

Jangan Hanya Tergoda dengan Premi Murah

Ada beberapa faktor yang wajib jadi pertimbangan saat memilih asuransi kesehatan untuk karyawan perusahaan, Pertimbangan tersebut tidak semata premi yang murah namun mencakup manfaat dan jenis pertanggungan yang ditawarkan. 

Ada produk asuransi yang menawarkan premi murah tetapi tidak mengcover manfaat untuk jenis penyakit berat tertentu. Ini menjadi sesuatu yang tidak bagus bila suatu saat karyawan mengalami penyakit yang tak dicover asuransi tersebut. 

Terkait harga, lihatlah berapa besar harga premi tahunnya dan jangan tergiur dengan asuransi bulanan yang seolah kecil. Ada banyak kok asuransi tenaga kerja yang harga preminya terjangkau namun manfaatnya bagus. 

Pilih yang Memiliki Layanan Digital 

Fitur cek asuransi digital saat ini sudah menjadi keharusan terlebih bagi karyawan yang sudah akrab dengan teknologi digital. Carilah produk asuransi yang memberikan informasi secara komprehensif dalam satu aplikasi sehingga memudahkan untuk mengecek manfaat, sisa saldo maupun prosedur klaim. 

Lakukan Edukasi Terhadap Polis Asuransi yang Dipilih 

Berikan informasi secara detail kepada karyawan tentang manfaat apa saja yang mereka dapatkan dari polis asuransi kesehatan yang dipilih perusahaan. Produk asuransi kesehatan mungkin belum bekerja sama dengan rumah sakit atau layanan kesehatan tertentu sehingga kamu perlu menginformasikan cakupan layanannya. 

Informasikan pula jenis manfaat asuransi yang dipilih seperti Hospital Benefit atau Hospital Cash Plan. Pada produk asuransi yang menerapkan sistem Hospital Benefit, peserta tinggal memberikan kartu asuransi lalu dan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun saat berobat. 

Berbeda dengan Cash Plan di mana pembayaran bersifat reimbursement yang artinya peserta harus membayar dulu biaya pengobatan di rumah sakit. Setelahnya, baru bisa diklaim dengan bukti – bukti pembayaran. 

Cari yang Memberikan Pertanggungan Rawat Jalan

Seringkali diabaikan, fasilitas rawat jalan sebenarnya dibutuhkan dalam asuransi kesehatan. Asuransi rawat jalan memberikan proteksi finansial terhadap risiko kesehatan setelah peserta menjalani rawat inap di rumah sakit. 

Rawat inap sebenarnya tidak hanya mencakup pengobatan lanjutan pasca rawat inap. Tetapi, mencakup pula perawatan gigi, kacamata, dan kunjungan perawatan ke dokter umum atau spesialis. 

Usahakan agar asuransi kesehatan untuk karyawan punya manfaat luas seperti mengcover rawat jalan tersebut. 

Pilih yang Memiliki Jaringan Rumah Sakit Luas

Lakukan penelusuran lebih lanjut mengenai rumah sakit mana saja yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang akan kita pilih. Hal ini karena tidak semua produk asuransi dapat dipakai di setiap rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. 

Beberapa produk asuransi mengcover biaya rumah sakit baik di dalam maupun luar negeri. Asuransi seperti Cigna Premium Health Protection misalnya, dapat dipakai untuk berobat di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand. 

Bila sejumlah karyawan kamu punya mobilitas cukup tinggi baik di dalam maupun luar negeri, tidak ada salahnya menjadikan faktor jaringan rumah sakit ini menjadi pertimbangan. Jangkauan rumah sakit yang luas memberikan proteksi karyawan dimanapun mereka berada. 

Terdapat Manfaat Asuransi Kesehatan dan Jiwa Sekaligus

Asuransi kesehatan bagi karyawan lebih lengkap lagi bila disertai asuransi jiwa. Untuk kamu yang belum paham, asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang mampu memberikan proteksi finansial kepada ahli waris atau keluarga pada saat tertanggung atau pemegang asuransi meninggal dunia. 

Asuransi jiwa sangat penting bagi keluarga yang ditinggalkan karena biasanya, tertanggung  merupakan tulang punggung keluarga. Asuransi jiwa berfungsi melindungi keluarga dari hilangnya pendapatan. 

Menanggung Karyawan dan Keluarga

Karyawan perusahaan merupakan ayah atau ibu dari anak – anak mereka di rumah. Sebagai bentuk kepedulian, perusahaan dapat memilih jenis asuransi yang tidak hanya mengcover biaya pengobatan karyawan tetapi anak dan istri juga. Tapi, perlu diketahui jaminan asuransi karyawan ini tidak termasuk keluarga inti seperti orang tua, mertua, sepupu dan lain-lain. 

Pilihan Personalisasi Manfaat Sesuai Profil Nasabah

Dalam memilih produk asuransi,ada baiknya bila menyesuaikan dengan kebutuhan. Tidak perlu memiliki asuransi dengan manfaat yang banyak bila kemungkinan besar tidak digunakan. Kamu dapat mengatur pilihan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan karyawan baik saat ini maupun di masa depan. 

Risiko kesehatan memang tidak ada yang tahu. Namun, sesungguhnya itu dapat diperkirakan dengan melihat gaya hidup saat ini, riwayat kesehatan dan lain – lain. Pada asuransi kesehatan dengan manfaat tambahan (rider), kamu dapat membantu nasabah memilih tambahan manfaat yang mungkin bakal dibutuhkannya. 

Uang Pertanggungan Sebanding dengan Biaya Rumah Sakit

Dalam asuransi kesehatan, ada yang menanggung biaya pengobatan berdasarkan tagihan rumah sakit (limit tahunan), namun ada pula uang pertanggungan rawat inap harian. Pada jenis kedua tersebut, bila tagihan rumah sakit melebihi batas uang pertanggungan rawat inap harian, maka sisanya harus dibayarkan oleh peserta. 

Pastikan bahwa kamu memahami ketentuan tersebut dengan membaca polis secara cermat. Pastikan agar uang pertanggungan itu tidak lebih rendah dari biaya rawat inap rumah sakit saat ini. 

Pada asuransi kesehatan plus asuransi jiwa, uang pertanggungan dapat diklaim pemegang polis asuransi untuk di hari tua nanti. Uang pertanggungan ini berbeda – beda tergantung besar kecilnya premi yang dibayarkan. Di Indonesia, besaran uang pertanggungan adalah sekitar Rp 200 Juta-Rp 1M.

Gunakan Broker Asuransi yang Tepat

Menggunakan broker dalam asuransi adalah sesuatu yang sah dan legal secara hukum. Dengan broker, kamu akan dibantu memilih perusahaan asuransi yang tepat, menyesuaikan premi dengan kondisi finansial, sampai membantu urusan legal terkait dengan perusahaan asuransi. 

Saat ini, sudah banyak kok perusahaan broker asuransi yang menawarkan konsultasi secara gratis. Salah satunya, Lifepal yang memberikan konsultasi terkait kebutuhan asuransi secara lengkap. Tim Lifepal pun akan memberikan sejumlah rekomendasi asuransi yang bisa jadi pertimbangan kamu. Menarik, bukan?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →