Asuransi Mobil Rental: Pengertian, Jenis, dan Cara Klaim

asuransi rental mobil

Asuransi mobil rental adalah salah satu jenis asuransi yang memberikan pertanggungan ganti rugi atas risiko kerusakan maupun kehilangan atas mobil rental atau sewaan. Bagi para pemilik usaha persewaan mobil tentu paham bahwa risiko-risiko tersebut cukup tinggi.

Walau tidak semuanya, namun sejumlah perusahaan asuransi mobil menawarkan manfaat pertanggungan ini pada produknya. Simak ulasan selengkapnya di artikel ini, berikut dengan rekomendasi dan tipsnya!

Alasan Pentingnya Punya Asuransi Mobil Rental

Usaha persewaan mobil merupakan salah satu bisnis yang sedang menjamur di Indonesia. Pasalnya, usaha ini bisa dimulai dengan modal yang minim namun omzetnya menggiurkan karena target pasarnya yang luas.

Walau begitu, seperti halnya semua jenis bisnis, menjalankan usaha persewaan mobil juga perlu dipertimbangkan untung ruginya. Memiliki asuransi sebagai perlindungan terhadap mobil-mobil rental yang dimiliki bisa menjadi salah satu solusi untuk meminimalisir kerugian.

Namun sebelum membeli asuransi mobil rental, sebaiknya kamu mempertimbangkan alasan-alasan berikut ini:

1. Tidak bisa mengontrol penyewa saat menggunakan mobil

Dalam menjalani usaha mobil sewaan, kamu bakal meminjamkan asetmu ke berbagai macam orang yang berbeda. Nah, kamu enggak pernah tahu seperti apa karakter orang tersebut, dan apakah dia disiplin dalam mengendarai mobilmu.

Oleh sebab itu, kamu pun enggak bisa mengontrol dan memprediksi bagaimana kondisi mobil saat dikembalikan.

2. Ada risiko lain di luar kecerobohan pengendara dan penyewa

Meskipun kamu sudah menyeleksi penyewa dengan sangat ketat, tetap saja ada risiko kecelakaan akibat kecerobohan orang lain, sehingga merusak mobilmu. Selain itu, kemungkinan bencana alam gak terhindarkan juga.

3. Premi asuransi mobil rental lebih rendah daripada risiko kerugian

Biasanya, premi tahunan asuransi mobil enggak sampai 5 persen dari harga mobilnya kok! Makanya daripada keluar besar buat reparasi, atau bahkan untuk membeli mobil pengganti, lebih baik menyisihkan sedikit uang untuk bayar premi.

Jenis Asuransi Mobil Rental

Jenis asuransi mobil rental sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis pertanggungan produk perlindungan kendaraan bermotor pada umumnya. Tersedia dua jenis pertanggungan yakni All Risk dan Total Loss Only (TLO) dengan penjelasan manfaatnya berikut ini.

1. All Risk

Asuransi all risk merupakan jenis asuransi mobil yang memberikan pertanggungan ganti rugi atas kerusakan yang dapat terjadi pada kendaraan, baik kerusakan ringan, parsial, hingga berat seperti yang disebabkan oleh kecelakaan. Selain kerusakan, All Risk juga menanggung risiko kehilangan mobil yang tentunya sangat penting bagi pemilik usaha rental mobil.

Selain menawarkan manfaat utama, ada juga beberapa pertanggungan tambahan seperti kerusakan akibat banjir dan jaminan tanggung jawab pihak ketiga. Dengan pertanggungan yang cukup komplit ini maka premi asuransi all risk memang cenderung lebih mahal daripada TLO.

2. Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only atau disebut juga dengan asuransi TLO adalah jenis pertanggungan yang memberikan ganti rugi atas kerusakan dengan total di atas 75 persen atau lebih dari harga kendaraan saat terjadinya kerusakan dan juga kehilangan kendaraan. Jenis asuransi ini tidak menanggung kerusakan-kerusakan parsial seperti lecet atau penyok.

Oleh karena itu, harga preminya juga cenderung lebih terjangkau ketimbang all risk. Pada usaha rental mobil, asuransi ini cocok digunakan untuk kendaraan yang berusia di atas 5 tahun dan juga berisiko mengalami kerusakan total sampai tidak bisa digunakan lagi.

Rekomendasi Asuransi Mobil Rental Terbaik

Ada banyak penyedia produk asuransi mobil di Indonesia yang memberikan manfaat pertanggungan untuk mobil sewaan atau rental, berikut di antaranya. 

1. Asuransi mobil ACA

ACA menawarkan polis Comprehensive (All Risk) yang cocok untuk rental mobil karena perlindungannya menyeluruh. Selain itu, asuransi yang sudah berpengalaman selama 64 tahun ini memiliki bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia, ditambah dengan layanan perbaikan darurat, mobil derek, dan ambulans untuk nasabah asuransi kendaraan bermotor ACA.

2. Asuransi mobil MSIG

MSIG menyediakan asuransi kendaran bermotor untuk penggunaan komersial berupa All Risk dan TLO. Selain kerusakan fisik, jaminan pihak ketiga sudah termasuk ke dalam jaminan dasar produk All Risk lho!

Kalau masih kurang, kamu bisa juga kok menambahkan perluasan untuk kecelakaan penumpang serta kerugian akibat kerusuhan. Selain itu, kelebihan lainnya dari asuransi ini adalah banyaknya jumlah bengkel rekanan asuransi MSIG yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Asuransi mobil Astra Buana

Astra Buana memang memiliki produk asuransi khusus kendaraan komersial, dengan nama Asuransi Kendaraan Bermotor Komersial. Salah satu anak dari grup Astra Internasional ini menawarkan cakupan perlindungan All Risk dan TLO.

Kalau kamu ingin menambah pertanggungan bencana alam, Astra Buana juga menyediakan perluasan untuk bencana alam, kerusuhan, kecelakaan diri, hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga. 

Menariknya, asuransi kendaraan ini punya fasilitas layanan 24 jam melalui aplikasi seperti Garda Mobile, Garda Mobile, Garda Center, Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA), dan Garda Akses.

Pastikan kamu mengatur keuangan dengan baik agar gak boros dan sudah terproteksi dengan asuransi mobil supaya gak perlu pusing lagi memikirkan mahalnya biaya servis dan perbaikan karena ada asuransi yang menanggungnya. Kamu juga bisa dapat ganti rugi andai mobilmu hilang dicuri berkat asuransi mobil TLO.

Tips Memilih Asuransi untuk Mobil Rental

Sebelum membeli asuransi mobil rental, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, yaitu bagaimana memilih jenis produk dan tipe pertanggungan.

1. Pilih jenis produk khusus mobil rental

Umumnya, asuransi mobil dua peruntukkan. Pertama adalah untuk mobil pribadi dan kedua mobil komersial, maksudnya mobil yang dioperasikan untuk kegiatan usaha. Sebaiknya kamu pilih asuransi mobil atau kendaraan bermotor komersial. Karena penyewaan mobil termasuk ke dalam kegiatan usaha.

Namun, gak semua perusahaan asuransi langsung mengklasifikasikannya. Ada yang menjual polis asuransi mobil tanpa embel-embel.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Oleh karena itu, sebaiknya kamu tanyakan semua jelas kepada pihak agen atau perusahaan asuransi soal manfaat pertanggungannya terkait mobil rental. Hal tersebut juga dapat membantumu mengajukan klaim nantinya agar tidak ditolak.

2. Pilih tipe pertanggungan yang sesuai

Kamu mungkin bertanya-tanya, asuransi untuk mobil rental, apakah TLO atau All Risk? Jawabannya bergantung pada kebutuhan kamu.

Sebagai informasi, ada dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan di pasaran, yaitu All Risk (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Perbedaan keduanya adalah pada pertanggungan, yaitu asuransi all risk bakal menanggung semua kerugian pada mobil sementara TLO hanya bakal mencairkan klaim kehilangan atau rusak parah.

Pilih yang mana? Tentu saja tergantung dari prioritas kamu. Kalau kamu mengincar premi yang murah, maka TLO jawabannya. Sayangnya asuransi TLO gak bakal memberikan ganti rugi kalau kerusakan mobilmu cuma lecet atau penyok sedikit.

Sementara itu perlindungan menyeluruh ada pada asuransi All Risk. Jenis ini bakal mengganti kerugian apapun, meskipun hanya sekadar baret saja. Konsekuensinya, kamu harus membayar premi yang lebih mahal.

Cara Klaim Asuransi Mobil untuk Rental

Ada banyak kasus klaim yang ditolak karena gak sesuai persyaratan. Misalnya seperti karena polis asuransi yang kamu pilih bukan buat mobil komersial atau dokumen persyaratan yang kamu lampirkan tidak lengkap.

Berikut langkah-langkah dan juga syarat untuk mengajukan klaim asuransi mobil rental yang perlu kamu ikuti:

  • Segera laporkan kejadian atau kerugian kepada pihak asuransi dalam kurun waktu 5×24 jam
  • Lengkapi dokumen persyaratan seperti:
    • Polis asuransi
    • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan benar
    • Kronologi kejadian (tertulis)
    • Fotokopi SIM dan STNK
    • Surat keterangan dari kepolisian setempat apabila kerusakan berat disebabkan oleh kecelakaan atau kehilangan
    • Foto-foto kerusakan pada kendaraan
  • Apabila melibatkan pihak ketiga, lengkapi juga dokumen berikut:
    • Fotokopi SIM, KTP, dan STNk pihak ketiga
    • Surat tuntutan dari pihak ketiga yang telah ditandatangani dan dibubuhi materai
    • Surat pernyataan dari pihak ketiga bahwa yang bersangkutan tidak memiliki asuransi mobil
    • Berita berisi keterangan dari kepolisian setempat terkait kecelakaan

Bagaimana, tertarik untuk membeli asuransi mobil rental? Sebelum membeli polis, pastikan hitung-hitungan bisnisnya menguntungkan buat kamu, ya!

Kamu juga bisa sekaligus menghitung besaran premi asuransi mobil sesuai kebutuhan dengan mengisi form di bawah ini.

FAQ Seputar Asuransi Mobil Rental

Kenapa penting untuk memiliki asuransi?

Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu.

Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, dan lainnya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

Asuransi untuk mobil rental, apakah TLO atau All Risk?

Hal ini tergantung dari prioritas kamu. Kalau kamu mengincar premi yang murah, maka asuransi mobil TLO jawabannya. Sayangnya TLO gak bakal memberikan ganti rugi kalau kerusakan mobilmu cuma lecet atau penyok sedikit.

Sementara itu perlindungan menyeluruh ada pada asuransi All Risk. Jenis ini bakal mengganti kerugian apapun, meskipun hanya sekadar baret saja. Konsekuensinya, kamu harus membayar premi yang lebih mahal.