Asuransi Mobil Sinar Mas Komprehensif dan TLO Murah

Asuransi

Asuransi Mobil Sinar Mas termasuk salah satu yang menopang kinerja PT Asuransi Sinar Mas  (ASM) pada tahun 2018. Asuransi mobil Sinarmas menyumbang premi bruto sebesar Rp1,24 triliun atau sekitar 17 persen dari total kontribusi premi lainnya.

Asuransi Sinar Mas termasuk salah satu pemimpin asuransi umum di Indonesia. Kiprahnya sudah tidak diragukan lagi. Berbagai prestasi telah dicapai sebagai perusahaan asuransi terbaik dalam berbagai kategori sejak berdiri dari tahun 1985.

Produk Asuransi Mobil Sinar Mas

Produk Asuransi Mobil Sinarmas

Dalam laporan keuangan Sinas Mas, tercatat premi yang didapatkan pada tahun 2018 mencapai Rp7,4 triliun. Peningkatannya hampir mencapai 30 persen dari tahun sebelumnya.

Dari total premi itulah terdapat sokongan dari Asuransi Mobil Sinar Mas. Asuransi Sinar Mas memiliki tiga produk asuransi kendaraan yaitu:

1. Asuransi All Risk Sinar Mas

Perlindungan yang diberikan asuransi All Risk Sinar Mas memang hampir mencakup seluruh risiko kerugian seperti tabrakan, perbuatan orang jahat, kebakaran, dan sambaran petir.

Terdapat perlindungan yang tidak didapatkan dari asuransi mobil lainnya seperti penggantian kerugian jika mobil mengalami kecelakaan ketika berada di feri saat menyeberang dengan menggunakan alat penyeberangan resmi di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat.

Selain itu, penggantian juga berlaku jika mobil mengalami kecelakaan atau kerusakan saat ditarik ke bengkel.

2. Asuransi Total Loss Only Sinar Mas

Proteksi yang dimaksud dari produk ini adalah perlindungan mobil dari potensi pencurian.

Untuk jaminan asuransi TLO Sinar Mas hanya berlaku untuk mobil yang berusia di sama dengan atau di bawah 10 tahun. Namun, jika mobil berusia di atas 10 tahun tetap bisa dijadikan objek pertanggungan tetapi dikenakan loading premi minimal 5 persen per tahun.

3. Asuransi Third Party Liability Sinar Mas

Berbeda dengan asuransi komprehensif dan TLO, asuransi third party liability (TPL) memberikan jaminan perlindungan dari tuntutan pihak ketiga.

Kelebihannya, asuransi TPL ini bisa dibeli secara terpisah dari asuransi komprehensif maupun TLO yang disediakan oleh Asuransi Mobil Sinar Mas. sebab, produk ini berdiri sendiri atau bisa Anda beli secara gabungan dengan asuransi komprehensif dengan TPL atau asuransi TLO dengan TPL.

Cara Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

Cara Klaim Produk Asuransi Sinarmas

Jika terjadi kerugian atau insiden, Anda bisa mengajukan klaim seperti langkah-langkah berikut ini:

1. Cara klaim asuransi jika mobil alami kecelakaan:

  • Laporkan kecelakaan atau kerugian yang terjadi paling lambat 5 hari setelah kejadian melalui customer center 24 jam, email, registrasi melalui layanan online, maupun mendatangi kantor cabang Asuransi Sinar Mas terdekat.
  • Perusahaan asuransi akan melakukan survei.
  • Siapkan dokumen klaim secara lengkap.
  • Perusahaan akan menilai dari hasil survei.
  • Perusahaan akan memberikan surat perintah kerja agar kendaraan diperbaiki di bengkel mitra.

Dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan klaim kerusakan kecil:

  • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan benar
  • STNK Mobil
  • SIM Pengemudi
  • KTP (Tertanggung maupun pelapor)
  • Surat Tanda Penerima Laporan (STPL) dari kepolisian setempat
  • Polis asuransi

Dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan klaim kerusakan besar

  • BPKB Asli
  • SNTK
  • Surat Blokir STNK Asli
  • Dua lembar kuitansi kosong yang sudah ditandatangani tertanggung (salah satunya di atas materai Rp6.000)
  • Surat pernyataan subrogasi di atas materai Rp6.000

2. Cara klaim asuransi jika mobil hilang

Proses klaim asuransi jika mobil hilang sebetulnya tidak berbeda jauh dengan proses  klaim ketika mobil mengalami kerusakan. Perbedaannya hanya terletak pada persyaratan dokumen saja. Berikut dokumen yang harus dilengkapi:

  • Formulir klaim
  • STNK Asli
  • Kunci kendaraan asli beserta cadangannya
  • KTP Asli
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan dari kepolisian setempat
  • Polis Asuransi

Jika proses klaim sudah diterima, ada beberapa dokumen lagi yang dibutuhkan, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • BPKB Asli
  • Faktur Asli
  • Surat Blokir STNK Asli
  • Surat Keterangan Hilang dari Polda
  • Dua kuitansi kosong yang sudah ditandatangani oleh tertanggung (salah satunya di atas materai)

3. Cara klaim jika terjadi tuntutan pihak ketiga

Asuransi ini memang berbeda dengan asuransi mobil lainnya. Untuk melakukan klaim jika terjadi tuntutan dari pihak ketiga, maka Anda perlu menyiapkan dokumen berikut ini:

  • Surat pernyataan tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang akan dijadikan jaminan kerusakan dari pemegang polis untuk pihak ketiga.
  • Surat pernyataan tentang tidak adanya asuransi.
  • Salinan SIM/KTP dan STNK.
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat.

Semua laporan berlaku sama yaitu paling lambat 5 hari setelah kejadian. Jika Anda melaporkan kejadian lebih dari waktu yang disediakan makan kemungkinan besar klaim Anda akan ditolak.

Asuransi mobil Sinarmas tersedia ini secara online dengan proses yang cepat dan lebih mudah. Pilihan jaringan bengkel rekanan Sinar Mas pun tersedia di seluruh Indonesia. Sehingga makin memudahkan proses klaim dan perbaikan mobil Anda.

Dengan pilihan jenis asuransi dan fitur yang beragam dari Simas Mobil ini, Anda pun bisa pilih perlindungan yang sesuai untuk mobil Anda.

Jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal untuk mendapatkan ulasan selengkapnya tentang profil dan produk-produk terbaik dari PT Asuransi Sinar Mas (ASM).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →