Asuransi Motor Adira: Premi, Manfaat dan Cara Klaim

Asuransi motor adira

Adira Insurance tidak hanya dikenal dengan asuransi mobil Adira Autocillin-nya saja. Tetapi juga dikenal karena produk asuransi motor Adira, Motopro. Asuransi Motopro ini memberikan perlindungan terhadap potensi kerugian dengan objek pertanggungan berupa kendaraan roda dua.

Dalam pemberitaan Tempo, Adira Insurance mengaku bahwa asuransi kendaraan bermotor mengalami pertumbuhan hingga 4 persen pada semester pertama 2018. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat dalam berasuransi semakin tinggi. Bahkan, Adira Insurance optimis apabila perekonomian Indonesia terus stabil, kepemilikan asuransi kendaraan roda dua diprediksi bakal meningkat.

Lalu apa sebenarnya Asuransi Motor Adira Motopro? Asuransi Motor Adira Motopro memberikan perlindungan kendaraan roda dua dari berbagai risiko, di antara seperti:

  • Pencurian
  • Kebakaran
  • Kerusakan 75 persen akibat kecelakaan
  • Santunan kematian akibat kecelakaan
  • Santunan cacat tetap akibat kecelakaan
  • Perluasan jaminan tuntutan dari pihak ketiga dengan limit pertanggungan Rp20 juta

Produk Asuransi Motor Adira Motopro

Produk Asuransi Motor Adira

Dilihat dari produknya, Adira hanya memberikan manfaat asuransi TLO (total loss only) ditambah dengan jaminan perluasan.

Berikut ini adalah paket asuransi Motopro yang bisa Anda pilih berdasarkan kategori harga motor yang dijadikan pertanggungan.

1. Paket Motopro harga motor ≤ Rp500 Juta

Paket asuransi motor ini memberikan jaminan terhadap:

  • Penggantian kerugian total /TLO

Jaminan perluasan:

  • Tanggung jawab pihak ketiga (TPL/Third Party Liability)
  • Kecelakaan diri
  • Biaya pengobatan
  • Angin, topan, banjir, badai, hujan dan longsor

2. Paket Motopro Plus harga motor ≤ Rp100 Juta

Paket asuransi motor ini memberikan jaminan terhadap:

  • Penggantian terhadap kerugian total / total loss only (TLO)
  • Kecelakaan diri
  • Biaya pengobatan
  • Angin, topan, banjir, badai, hujan dan longsor

Jaminan perluasan:

  • Tanggung jawab pihak ketiga (TPL/Third Party Liability)

Sebagai catatan, untuk limit maksimum penggantian tanggung jawab pihak ketiga dibatasi hingga Rp10 juta. Sementara untuk limit maksimum kecelakaan diri dibatasi Rp100 juta.

Jika motor hilang, penggantian disesuaikan dengan nilai pasar dari kendaraan tersebut sesuai dengan merek dan tipe motor yang hilang.

Terdapat dua jenis asuransi motor yang ditawarkan oleh Adira Insurance, antara lain yaitu Motopro Classic (Konvensional) dan Motopro (Syariah).

Menariknya untuk pembelian asuransi Motopro (syariah), Anda bisa mendapatkan manfaat bagi hasil apabila tidak pernah melakukan klaim selama masa pertanggungan. Jumlah nominalnya ditentukan dari surplus dana tabarru yang didasarkan pada prinsip syariat yang ketat.

Cara Menghitung Asuransi Motor Adira

pasangan belajar menghitung pajak

Berdasarkan surat edaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) RI Nomor 6/SEOJK.05/2017, begini cara menghitung premi asuransi motor comprehensive maupun TLO dengan mudah.

Jenis Asuransi Uang Pertanggungan Wilayah I Wilayah II Wilayah III
Comprehensive Semua pertanggungan 3,18-3,50% 3,18-3,50% 3,18-3,50%
TLO 1,76-2,11% 1,80-2,16% 0,67-0,80%

Catatan

Wilayah 1 : Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya;

Wilayah 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten; dan

Wilayah 3 : Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Sebagai contoh, misalnya Anda membeli motor Honda Beat Sporty CW tahun 2019 dengan harga Rp15 juta. Dengan catatan, menggunakan KTP DKI Jakarta. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Comprehensive 3,18% x Rp15.000.000 Rp477.000
TLO 1,80% x Rp15.000.000 Rp270.000

Dari perhitungan di atas didapatkan angka premi untuk asuransi comprehensive yang harus dibayarkan per tahun adalah Rp477.000. Sedangkan premi yang harus dibayarkan untuk asuransi TLO adalah Rp270.000. Cukup mudah perhitungannya, bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Motor Adira

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Motor Adira

Dilihat dari produknya, asuransi Motopro bukan merupakan asuransi comprehensive seperti yang ditawarkan asuransi mobil Adira Autocillin.

Asuransi Motor Adira hanya memberikan perlindungan terhadap potensi kerusakan total atau kerugian di atas 75 persen.

Akan tetapi, kelebihan produk asuransi ini memberikan perluasan jaminan terhadap pengendara seperti proteksi kecelakaan diri, kebakaran, biaya pengobatan karena kecelakaan, dan risiko tuntutan dari pihak ketiga.

Bagi Anda yang menjalankan syariat Islam, Anda juga bisa memilih produk syariah dibandingkan produk konvensional.

Cara klaim asuransi motor di Adira juga mudah kok. Bisa melalui kanal customer service 24 jam ke nomor 1500 456 atau SMS ke nomor 0812 111 3456 dengan menyertakan persyaratan dan dokumen yang diminta.    

Itulah Asuransi Motor Adira yang memberikan perlindungan untuk sepeda motor Anda. Anda bisa mendapatkan produk asuransi kendaraan roda dua dengan premi yang sangat terjangkau dan jaminan perluasan yang sangat menguntungkan.

Lifepal bisa membantu Anda mendapatkan asuransi kendaraan terbaik. Hubungi tim Lifepal sekarang juga untuk penjelasan lebih lanjut.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →