Pilihan Asuransi untuk Melindungi Motor Honda Kita

Asuransi kehilangan motor

Ada banyak merek sepeda motor yang terkenal di Indonesia, salah satunya Honda. Produsen kendaraan bermotor asal Jepang ini sudah berdiri sejak 1948 dan produknya dikenal di seluruh dunia. 

Nah, bagi kita yang memiliki sepeda motor dari pabrikan ini, ada asuransi motor untuk Honda yang bisa dipilih sebagai jaminan proteksi.

Asuransi Motor, Buat Apa?

Wanita bertanya

Memiliki sepeda motor tidak diragukan lagi akan membantu kita. Apalagi jika pekerjaan kita memerlukan mobilitas yang tinggi dan mengharuskan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Tidak jarang kita harus berada di jalanan dan datang ke tempat yang berbeda-beda dalam satu hari. Hal itu membuat risiko kerusakan motor akibat kecelakaan ataupun kehilangan tidak bisa dihindari meskipun kita berkendara dengan sangat berhati-hati.

Dengan adanya berbagai risiko tersebut, banyak produk asuransi bermunculan untuk memberikan perlindungan. Memiliki asuransi untuk sepeda motor kita memang sangat penting. Meskipun menghadapi risiko setiap hari, namun kita akan merasa lebih tenang dan nyaman saat motor sudah diasuransikan.

Apa Saja Jenis Asuransi untuk Melindungi Motor Honda Kita?

Wanita penasaran

Pada umumnya, perusahaan asuransi memiliki dua jenis asuransi motor yang ditawarkan kepada publik, yakni TLO (Total Loss Only) dan all risk. 

1. Asuransi TLO

Asuransi TLO memberi jaminan atas ganti rugi atas kehilangan motor karena pencurian saat motor diam (motor dicuri di parkiran), perampasan, atau penodongan. Asuransi TLO juga menjamin ganti rugi jika motor mengalami kerusakan akibat tabrakan, benturan, terbalik, atau tergelincir dengan kondisi kerusakan minimal atau di atas 75 persen. Namun jika produk asuransi ini tidak menanggung kerusakan ringan atau kerusakan di bawah skala 75 persen.

Asuransi TLO biasanya tidak bertanggung jawab atas musibah kehilangan jika motor hilang karena dibawa kabur teman atau saudara, hilang karena ditipu atau digelapkan tanpa sepengetahuan kita, atau diambil orang saat kita dalam pengaruh hipnotis.  

Saat kita membeli sepeda motor baru secara kredit, biasanya hanya asuransi TLO saja yang diberikan. Jadi pada saat pertama membayar uang muka, uang muka tersebut sudah termasuk dengan total premi asuransi untuk motor tersebut. Asuransi TLO tersebut biasanya ditambah dengan manfaat asuransi kecelakaan diri. 

2. Asuransi all risk

Asuransi all risk tidak hanya memberikan ganti rugi motor saat hilang, tetapi meliputi musibah atau kerugian lainnya juga seperti motor yang lecet. Jadi segala risiko yang terjadi pada sepeda motor yang diasuransikan dengan asuransi all risk akan diganti rugi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam polis asuransi

Asuransi all risk biasanya ditawarkan untuk kendaraan di atas Rp30 juta rupiah, seperti Harley Davidson atau motor mewah lainnya. Namun sebagai konsumen kita bisa saja memilih jenis asuransi apa yang akan dipakai sesuai dengan kebutuhan.

Serba-Serbi Perusahaan Asuransi Motor untuk Honda

kredit motor oto finance

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan khusus untuk motor Honda, di antaranya:

1. Motopro dari Adira Insurance 

Asuransi ini memberikan jaminan Total Loss Only (TLO) terhadap sepeda motor Honda yang kita miliki. Jaminan tersebut akan memberikan ganti rugi bila terjadi kehilangan atau kerusakan total (lebih dari 75%). Kita juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri selama mengendarai sepeda motor tersebut jika mengambil paket lengkap.

Saat ini, Adira Insurance memiliki tiga paket asuransi Motopro yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan, yakni:

  • Paket lengkap untuk motor di bawah harga Rp50 juta yang memberikan manfaat TLO, kecelakaan diri, dan biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan. 
  • Paket standar untuk semua harga motor yang memberikan manfaat TLO. 
  • Paket untuk motor di atas harga Rp50 juta yang memberikan manfaat TLO.

2. Asuransi langsung dari Honda

Maksudnya adalah kini asuransi motor Honda sebagian besar telah disematkan dalam semua produknya sehingga kita sebagai konsumen tidak perlu membeli asuransi secara terpisah. Kita juga tidak perlu khawatir akan kehilangan motor ketika proses angsuran masih berlangsung karena masih bisa diproses dengan pelayanan asuransi motor dari Honda.

Jika sudah memiliki asuransi tersebut, saat terjadi risiko, kita bisa langsung mengajukan klaim asuransi sesuai persyaratan yang berlaku. Misalnya saat motor kita hilang, apa yang harus kita lakukan?

  • Pertama, segera melapor ke Polsek setempat atas kejadian kehilangan sepeda motor milik tersebut. Akan tetapi perhatikan bahwa dalam kasus kehilangan motor tertentu, pihak Polsek akan menahan STNK dan kunci sepeda motor. Jika nanti STNK dan kunci ditahan pihak Polsek, maka diperlukan tanda terima kepada konsumen. 
  • Kedua, pihak penanggung asuransi akan meminta surat BPKB asli, fotokopi KTP, SIM, kuitansi kosong sebanyak tiga lembar bermaterai 6000 ditambah lagi penyertaan polis asuransi. Setelah itu, pihak penanggung asuransi nantinya akan mengecek tempat kejadian, melakukan wawancara, dan beberapa proses lainnya. Jika lancar, kita akan mendapatkan ganti rugi dalam durasi waktu sekitar 30 hari kerja setelah semua data diterima secara lengkap oleh pihak penanggung.

Namun jika hanya mengalami kerusakan, pihak AHASS selaku bengkel resmi dari Honda akan melakukan estimasi kerugian dan kerusakan. Ingat, jika kita memiliki asuransi motor honda TLO, hanya kerusakan di atas 75 persen yang bisa mendapatkan ganti rugi. Butuh informasi yang lebih lengkap lagi mengenai produk-produk asuransi motor terbaik di Indonesia? Jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →