Mencari Asuransi Mobil Honda? Cek Referensinya di Sini

asuransi mobil

Salah satu merek mobil yang menguasai pangsa pasar mobil di Indonesia adalah Honda. Pabrikan asal Jepang itu tercatat sebagai salah satu dari lima merek yang menguasai pangsa pasar mobil di Indonesia.

Sejumlah tipe mobil Honda yang tidak sulit ditemukan di jalan kota atau desa antara lain Honda Jazz, Honda CR-V sampai Honda Brio. Honda menawarkan berbagai tipe mobil dengan berbagai harga di pasar mobil pada saat ini.

Pada dasarnya, tiap pemilik mobil menghadapi berbagai risiko, seperti kecelakaan, tersambar petir, atau dicuri. Dengan kata lain, memiliki mobil tidak bebas risiko.

Kendati demikian, pemilik mobil bisa mengantisipasi kerugian akibat risiko-risiko dengan membeli asuransi mobil untuk mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi. Dengan demikian, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi kepada nasabah. 

Tentu saja, pemilik mobil perlu membayar sejumlah uang dalam bentuk premi asuransi kepada perusahaan asuransi.

Asuransi All Risk dan TLO

Premi Asuransi

Pada umumnya, asuransi mobil terdiri atas dua jenis, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Asuransi all risk atau yang biasa disebut sebagai asuransi komprehensif adalah asuransi yang menanggung semua kerugian yang dialami mobil.

Misalnya, mobil kita mengalami kecelakaan ringan, sedang, parah atau bahkan dicuri maka perusahaan asuransi akan memberi ganti rugi sebesar kerugian yang dialami. Kalau mobil kita berserempetan dengan mobil lain dan mengakibatkan lecet, maka perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi.

Bukan hanya lecet, asuransi all risk juga menjamin kerugian apabila mobil mengalami kecelakaan parah yang mengakibatkan sebagian besar badan mobil mengalami kerusakan. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya perbaikan mobil tersebut.

Sementara itu, asuransi TLO atau yang biasa dikenal sebagai asuransi kerugian total (TLO) hanya menanggung kerugian apabila mobil itu dicuri atau mengalami kerusakan parah dengan tingkat kerusakan minimal 75 persen. Dengan kata lain, apabila mobil Honda Brio kita mengalami lecet, maka perusahaan asuransi tidak akan mengganti kerugian tersebut. 

Secara umum, asuransi all risk umumnya dibeli oleh orang yang memiliki mobil dengan harga relatif mahal. Tarif asuransi TLO lebih murah dibandingkan dengan asuransi all risk.

Meski begitu, tarif asuransi all risk dan TLO ditentukan telah ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator industri asuransi berdasarkan Surat Edaran Nomor.6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017. 

Berikut ini tabel tarif asuransi all risk dan asuransi TLO. 

Rate asuransi all risk

Kategori HargaKendaraan Wilayah I Wilayah 2 Wilayah 3
Kategori 1 0 – Rp125 juta 3,82% – 4,20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%
Kategori 2 >Rp125 juta -Rp200 juta 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%
Kategori 3 >Rp200 juta -Rp400 juta 2,18% – 2,40% 2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%
Kategori 4 >Rp400 juta -Rp800 juta 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%
Kategori 5 >Rp800 juta 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%

Sumber tabel: Surat Edaran OJK

Rate asuransi TLO

Kategori HargaKendaraan Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Kategori 1 0 s.d.Rp 125 juta 0,47%-0,56% 0,65%-0,78% 0,51%-0,56%
Kategori 2 >Rp 125 juta –Rp 200 juta 0,63%-0,69% 0,44%-0,53% 0,44%-0,48%
Kategori 3 >Rp 200 juta –Rp 400 juta 0,41%-0,46% 0,38%-0,42% 0,29%-0,35%
Kategori 4 >Rp 400 juta– Rp 800 juta 0,25%-0,30% 0,25%-0,30% 0,23%-0,27%
Kategori 5 > Rp 800 juta 0,20%-0,24% 0,20%-0,24% 0,20%-0,24%

Sumber: Surat Edaran OJK

Keterangan:

Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya

Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Perusahaan Asuransi yang Menjual Asuransi Mobil untuk Honda

perencanaan aset

Ada sejumlah perusahaan asuransi umum yang menjual produk asuransi mobil untuk Honda. Produk itu dijual sebagai bagian dari produk asuransi kendaraan bermotor. Pada umumnya, jenis produk yang ditawarkan adalah asuransi all risk dan TLO. 

Tentu saja, setiap perusahaan memiliki kemasan yang berbeda untuk memasarkan produk asuransi tersebut. Berikut ini sejumlah contoh perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi mobil Honda. 

1. Asuransi Astra

Asuransi Astra memiliki produk Asuransi Garda Oto. Garda Oto dapat menjamin risiko yang dihadapi pemilik mobil Honda Brio, BR-V, Mobilio, Accord, City, Civic, CR-V, Freed, dan produk mobil Honda lainnya. 

Garda Oto menyediakan dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Produk asuransi ini juga menjamin berbagai risiko tambahan dalam bentuk asuransi rider, seperti huru hara, terorisme, sampai kecelakaan pengemudi atau penumpang.

2. Asuransi Raksa

Sama seperti perusahaan asuransi pada umumnya, Asuransi Raksa memiliki dua jenis pertanggungan yaitu all risk dan TLO.

Untuk mobil CBU (Completely Built Unit) atau mobil impor, maka asuransi mobil yang ditawarkan adalah all risk dengan usia mobil maksimal lima tahun. Sementara itu, untuk mobil dengan usia maksimal 15 tahun bisa dilengkapi dengan asuransi TLO.

3. Asuransi Sinarmas

Asuransi Sinarmas memiliki produk Asuransi Simas Mobil. Sama seperti produk asuransi mobil pada umumnya, Simas Mobil memiliki dua jenis pertanggungan yaitu all risk dan TLO.

Batas usia kendaraan yang diasuransikan adalah 5 tahun untuk asuransi komprehensif atau all risk. Untuk mobil di atas usia 5 tahun wajib dikenakan loading premi minimal 5 persen per tahun.

Sementara itu, untuk jaminan TLO, usia mobil maksimal 10 tahun. Untuk usia 10 tahun akan dikenakan loading premi minimal 5 persen per tahun.

4. Asuransi MAG

Asuransi MAG memiliki produk asuransi mobil bernama Magna Mobil. Sama seperti perusahaan asuransi pada umumnya, Asuransi MAG memiliki produk asuransi mobil all risk dan asuransi TLO.

Asuransi Magna Mobil dapat pula menjamin berbagai risiko, seperti kerusuhan, banjir, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, dan kecelakaan pengemudi. 

5. Asuransi ACA

Asuransi ACA memiliki produk asuransi mobil. Salah satu produk andalan Asuransi ACA adalah Otomate yang memiliki sejumlah fasilitas seperti mobil pengganti, perbaikan darurat, mobil derek dan lain-lain.

Sebagai contoh, apabila mobil kita mengalami kecelakaan dan perlu diperbaiki di bengkel selama lebih dari 48 jam, maka Asuransi ACA meminjamkan mobil. Bantuan itu akan berakhir apabila mobil kita selesai diperbaiki di bengkel.

Ternyata terdapat berbagai pilihan asuransi untuk mobil Honda kita. Tentu saja tiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Maka dari itu sangat disarankan untuk memahami ketentuan di dalam polis asuransi yang ditawarkan agar tidak terjadi kesalahpahaman terkait pertanggungannya nanti saat mengajukan klaim asuransi.

Untuk mendapatkan ulasan berbagai profil perusahaan asuransi terbaik di Indonesia beserta produk-produk unggulan mereka, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →