7 Asuransi Murah yang Direkomendasikan [Plus Tips Memilih]

Asuransi Jiwa dan asuransi murah

Banyak orang ragu membeli asuransi karena premi yang harus dibayarkan terasa terlalu mahal. Begitu juga bagi sebagian pekerja lepas dan pelaku UMKM.

Padahal justru kelompok pekerja inilah yang tidak memiliki jaminan apa pun, baik itu jaminan hari tua terlebih jaminan kesehatan.

Meski mengetahui manfaat dari asuransi, namun karena ketidakpastian pendapatan, kadang menjadi kendala bagi freelancer dan pelaku UMKM untuk membeli premi asuransi.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu, bahwa saat ini ada produk asuransi murah dengan premi terjangkau yang jenis perlindungannya sesuai dengan kebutuhan kita, yaitu asuransi mikro.

Regulasi asuransi mikro ini diluncurkan pada tahun 2013 dan ditujukan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah Rp50 ribu per hari.

Tidak hanya besar preminya saja yang terjangkau, namun jenis perlindungannya juga disesuaikan dengan profesi kelompok masyarakat yang berada pada kategori ini. Misalkan untuk para pelaku UMKM, maka dapat memilih asuransi kesehatan, asuransi kebakaran, kecelakaan, hingga asuransi yang melindungi dari bencana alam akibat gempa dan tsunami.

Tips memilih asuransi murah, tetapi tidak murahan

Meskipun premi yang dibayarkan murah, tapi tetap saja kita harus pintar memilih jenis asuransi yang kita butuhkan agar premi yang kita bayar bermanfaat secara maksimal. Berikut cara memilih asuransi murah yang direkomendasikan.

  • Pilih berdasarkan kebutuhan
  • Pilih yang preminya terjangkau

1. Pilih berdasarkan kebutuhan

Ini sebetulnya merupakan aturan dasar untuk membeli asuransi baik asuransi konvensional atau pun asuransi murah. Memilih berdasarkan kebutuhan tidak hanya membantu kita mengurangi risiko kerugian, tapi juga mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Jasa marketplace asuransi seperti Lifepal.co.id dapat kita gunakan untuk memilih jenis asuransi mikro yang tepat untuk kita. Di Lifepal juga kita bisa membandingkan berbagai polis asuransi demi bisa mendapatkan harga polis dan pertanggungan yang terbaik.

Menggunakan jasa marketplace juga lebih menghemat waktu jika dibandingkan kita yang harus menghubungi satu per satu agen asuransi untuk bertanya manfaat dan besar premi yang harus dibayar.

2. Pilih yang preminya terjangkau

Poin kedua ini juga merupakan aturan dasar dalam memilih asuransi. Meskipun disebut dengan asuransi murah, namun tetap saja kita harus menyesuaikan dengan penghasilan pribadi. Jangan sampai karena mementingkan perlindungan kesehatan, kita jadi mengabaikan kebutuhan lainnya, ya!

Daftar asuransi dengan premi murah

Perusahaan asuransi di Indonesia
Perusahaan asuransi di Indonesia dalam lifepal.co.id

Ada banyak jenis asuransi murah yang dapat kita pilih; mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kebakaran, kehilangan, hingga asuransi untuk perlindungan dari bencana alam.

Di bawah ini berbagai rekomendasi asuransi murah yang sesuai untuk pekerja lepas dan UMKM.

  • Asuransi murah dari Jasindo
  • Asuransi murah dari Allianz Life
  • Asuransi murah dari Bringin Life
  • Asuransi murah dari Jasa Tania
  • Asuransi stop usaha gempa
  • Warisanku
  • Asuransi murah dari Jagadiri

1. Asuransi murah dari Jasindo

Jasindo memiliki asuransi murah dengan nama Jamin. Dikeluarkan pertama pada akhir tahun 2014 Jasindo Micro Insurance. Jenis perlindungan yang ditawarkan adalah asuransi kebakaran yang dikombinasikan dengan asuransi kesehatan dan risiko meninggal. Premi yang perlu dibayarkan Rp50.000 per tahun.

2. Asuransi murah dari Allianz Life

Allianz Life mengeluarkan tiga  jenis asuransi mikro, yaitu:

  • Asuransi Kartu Proteksiku untuk asuransi kecelakaan diri 24 jam di seluruh dunia.
  • Asuransi Dana Kesehatanku untuk jaminan rawat inap, pembedahan akibat kecelakaan maupun sakit.
  • Asuransi Rumahku Plus yang ditujukan untuk perlindungan rumah dari bahaya kebakaran, pencurian, banjir, dan bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, badai topan, dan lain sebagainya.

Besar premi yang harus dibayarkan bervariasi, seperti:

  • Asuransi Kartu Proteksiku, premi sangat terjangkau Rp27.500 per tahun.
  • Asuransi Dana Kesehatanku, besar premi yang harus dibayar adalah Rp450.000 per tahun.
  • Asuransi Rumahku Plus, premi yang harus dibayarkan mulai dari Rp100.000 per tahun

3. Asuransi murah dari Bringin Life

Bringin Life menawarkan paket asuransi kecelakaan, kesehatan, meninggal dunia, disingkat menjadi KKM. Premi yang harus dibayarkan untuk asuransi ini dinilai sangat terjangkau, yaitu Rp50.000 per orang, atau Rp 90.000 untuk pasangan suami istri.

4. Asuransi murah dari Jasa Tania

Jasa Tania juga memiliki asuransi mikro dengan nama JT Care Mikro. JT Care Mikro memberikan perlindungan terhadap risiko rawat inap di rumah sakit, klinik, atau puskemas. Premi yang dibayarkan untuk asuransi ini sebesar Rp50.000 per tiga bulan.

5. Asuransi stop usaha gempa

Sesuai namanya, asuransi ini memberikan perlindungan tempat usaha atas risiko kerusakan akibat gempa bumi atau tsunami. Ada beberapa penyedia asuransi pada kelompok ini, di antaranya:

  • Asuransi Central Asia (ACA); besar premi yang dibayarkan sangat terjangkau, yaitu Rp40.000 yang berlaku selama satu tahun. Jika terjadi gempa atau tsunami, pemilik usaha akan mendapat santunan sebesar Rp2.500.000 untuk memulai usahanya kembali.
  • Avrist; Besar premi yang dikeluarkan oleh Avrist berbeda-beda, tergantung kelas bangunannya.
  • Sinar Mas; memberikan santunan sebesar Rp2,5 juta kepada peserta dengan premi Rp40.000 per tahun.

6. Warisanku 

Beberapa penyedia asuransi ini adalah ASTRA, Tripakarta, ACA, Asuransi Avrist, WePlus, dan Aswata. Premi yang dibayarkan cukup Rp30.000 per tahun dengan pertanggungan:

  • Risiko meninggal dunia karena kecelakann: uang santunan Rp10.000.000 juta untuk ahli waris, dan Rp500.000 untuk biaya pemakaman.
  • Risiko meninggal dunia karena sakit: Rp500.000 untuk biaya pemakanan

7. Asuransi murah dari Jagadiri

Asuransi Jagadiri menawarkan produk asuransi sejenisnya dengan sangat murah, produknya pun beragam mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaran, gigi, hingga lifestyle. Rata-rata premi yang dibayarkan pun sangat terjangkau mulai dari Rp19.000 hingga Rp88.000.

Hal yang harus diketahui tentang asuransi murah

Ada yang perlu kita perhatikan saat membeli asuransi murah, yaitu jangka waktu perlindungannya yang terbatas. Karena itu, jika ingin terus mendapatkan perlindungan atau manfaat dari asuransi yang dipilih, jangan lupa untuk selalu memperbaharui atau membeli kembali polis asuransi murah tersebut.

Beberapa produk asuransi murah memiliki jangka waktu tiga bulan, namun beberapa produk jangka waktunya adalah satu tahun.

Jadi pastikan, kita mengetahui dan catat jangka waktu produk asuransi murah yang dibeli. Pemahaman jangka waktu tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui jangka waktu perlindungan, namun juga untuk tahu sampai kapan klaim yang kita ajukan akan dibayarkan.

Cara mendapatkan asuransi murah

Setelah mengetahui hal penting soal jangka waktu asuransi murah yang ingin kamu miliki, lalu bagaimana cara mendapatkannya? Berikut lima cara mudah untuk mendapatkan asuransi murah yang bisa kamu coba.

  • Pilih asuransi jiwa murni
  • Mulai sejak usia muda
  • Tidak perlu ambil rider
  • Gaya hidup sehat
  • Hindari asuransi seumur hidup

1. Pilih asuransi jiwa murni

Asuransi jiwa murni atau yang disebut juga dengan term merupakan jenis premis asuransi paling murah. Meski begitu, ia memberikan uang perlindungan paling besar. Asuransi jenis ini pun tidak memiliki unsur investasi sehingga seluruh uang premi yang kamu bayarkan akan dihabiskan untuk proteksi diri. 

2. Mulai sejak usia muda 

Usia menentukan besaran premi yang harus dibayarkan. Semakin muda usiamu, maka premi pun menjadi semakin murah.

Alasannya sederhana, risiko kematian lebih besar dialami oleh mereka yang lebih tua. Pihak asuransi pun tidak ingin rugi sehingga premi untuk mereka yang berusia lebih tua pun menjadi lebih besar.

Meski begitu, tidak ada yang benar-benar tahu kematian akan datang. Untuk mencegah kemungkinan terburuk, baiknya mau memproteksi diri dan keluarga dengan miliki asuransi jiwa sedini mungkin. Sebelum terlambat dan biaya premi yang dikeluarkan semakin besar. 

3. Tidak perlu ambil rider

Tujuan kamu memilih asuransi mikro adalah karena preminya yang murah sesuai dengan pemasukan yang terbatas. Oleh karena itu, tidak perlu lah kamu menambah beban pengeluaran dengan membeli rider atau asuransi tambahan. Memilih rider, otomatis kamu perlu membayar lebih untuk premi yang dibayarkan setiap bulan. 

Kamu juga perlu teliti sebelum menyetujui pembelian polis asuransi sebab tidak jarang agen asuransi langsung menambahkan rider dalam proposal.

Hal ini terjadi karena komisi agen dibayarkan besaran premi yang didaftarkan melalui dirinya. Jika kamu menemukannya, kamu bisa meminta yang bersangkutan untuk mengurangi rider dalam polis asuransi yang kamu ajukan. 

4. Gaya hidup sehat 

Memiliki asuransi memang memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan. Namun, jika sebelum memilikinya kamu sudah berada dalam kondisi yang tidak sehat, ini justru membuat kondisi keuanganmu semakin tidak sehat sebab kamu akan dibebankan dengan ekstra premi. 

Ekstra premi merupakan premi tambahan yang harus kamu bayarkan jika kamu mengidap suatu penyakit bahkan sebelum memiliki asuransi kesehatan tersebut. Tidak jadi mendapatkan asuransi murah, kamu malah harus bayar dobel

5. Hindari asuransi seumur hidup 

Karena yang kamu cari adalah asuransi murah, maka asuransi seumur hidup bukanlah pilihan yang tepat. Semakin lama jangka waktu suatu asuransi, maka premi yang harus dibayarkan pun menjadi semakin besar. Ini sejalan dengan manfaat perlindungan yang ditawarkan. 

Memang manfaat perlindungan yang ditawarkan sangat menggiurkan, menjamin keluarga yang ditinggalkan setelah meninggal memiliki bekal finansial yang cukup. Namun, urungkan saja niat mulia tersebut sampai kamu memiliki kemampuan yang cukup.

Untuk mendapatkan perbandingan yang lebih lengkap mengenai produk-produk asuransi terbaik lainnya, silakan kunjungi Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →