6 Daftar Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

manajemen keuangan untuk anak

Pendidikan anak tentu jadi salah satu perhatian utama para orang tua. Hampir semua orang tua pasti menginginkan putra-putra mereka mendapat akses pendidikan setinggi mungkin.

Tidak heran bila orang tua “mati-matian” bekerja agar anak-anak mereka bisa meraih cita-cita. Hal ini pulalah yang jadi pemicu kekhawatiran banyak orang tua, yaitu bagaimana bila mereka ternyata tidak bisa bekerja lagi? Ntah karena kejadian tidak diinginkan atau mereka tidak produktif lagi.

Masalahnya adalah menabung saja tidak cukup. Sebab, inflasi setiap tahun berefek pada biaya pendidikan yang semakin tinggi pula.

Misalkan, Anda memiliki tabungan Rp 100 juta sekarang yang akan digunakan beberapa tahun ke depan untuk sekolah anak. Di tahun berikutnya, nilai Rp 100 juta tersebut bisa saja tidak cukup. Tidak cukup karena inflasi sehingga nilai uang berkurang, kemudian tidak cukup karena biaya sekolah pun akan naik.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi problem tersebut adalah dengan menyediakan asuransi untuk putra-putri Anda.

Hanya saja cukup bingung, kan, pilih asuransi pendidikan terbaik untuk putra-putri Anda? Tidak perlu bingung sebenarnya asalkan Anda mau membandingkan.

Yap! Bandingkan antar satu produk asuransi dengan produk lainnya. Berikut pilihan produk asuransi pendidikan paling umum yang ada di Indonesia.

1. Asuransi Pendidikan Prudential

Asuransi Pendidikan Terbaik Prudential

Anda pasti sudah tidak asing dengan brand Prudential, bukan? Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga menyediakan produk asuransi pendidikan.

Produk tersebut adalah PRUlink edu protection dan PRUlink edu protection Syariah. Minimum premi termasuk cukup terjangkau, yaitu Rp 500 ribu per bulan. Dari premi tersebut, nasabah bisa mendapatkan manfaat hingga Rp 30 juta per polis setiap bulan.

Terdapat dua pilihan masa pertanggungan untuk anak, yaitu hingga 18 tahun atau 25 tahun. Sementara itu, kenaikan manfaat setiap 3 tahun mencapai 15 persen agar dapat bersaing dengan inflasi.

2. Asuransi Pendidikan Manulife

 

Manulife Indonesia menyediakan dua program asuransi pendidikan dengan metode berbeda. Pertama, asuransi pendidikan dengan sistem unit-link yaitu Manulife Education Protector. Kedua adalah asuransi ProGraduate.

Untuk asuransi unit-link Manulife Education Protector, Anda akan mendapatkan uang pertanggungan dan pembayaran terjadwal sesuai jenjang pendidikan anak. Akan tetapi, nilai uang tersebut bisa berubah sesuai dengan persentase kenaikan atau penurunan instrumen investasi yang Anda pilih.

Sementara itu untuk produk ProGraduate, manfaat yang diberikan lebih pasti. Sebab, pada produk ini, jumlah uang pertanggungan dan dana yang diberikan per jenjang pendidikan anak akan diberikan sesuai perjanjian awal.

3. Academy Cash BNI dan Sun Life Financial

Asuransi Pendidikan Terbaik Sun Life Financial

Academy Cash adalah produk asuransi pendidikan anak kerjasama antara BNI dan Sun Life Financial. Periode premi yang bisa Anda ambil adalah 11 tahun sampai 17 tahun. Nantinya, orang tua dan anak bisa dapat 100 persen uang pertanggungan.

Untuk premi sendiri, Academy Cash tergolong terjangkau. Nasabah bisa membayarkan premi mulai dari Rp 151 ribu saja per bulan. Dana pendidikan yang diperoleh mencapai Rp 100 juta.

4. BRI Life Danasiswa

 

Bank pemerintah satu ini melalui anak perusahaan asuransinya, yaitu BRI Life, turut menyediakan asuransi pendidikan terbaik. BRI Life Danasiswa dan BRI Life Danasiswa Syariah menyediakan dana pendidikan dengan rentang kontrak asuransi yang cukup singkat.

Anda dapat mendaftarkan jadi nasabah BRI Life Danasiswa dengan kontrak minimal 5 tahun. Kemudian, premi per tahunnya pun cukup ringan yaitu Rp 5 juta saja. Dari premi tersebut nilai uang pertanggungan yang diperoleh pun bisa mencapai 100 persen.

5. Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas

Asuransi Pendidikan Terbaik Mandiri

Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas merupakan program asuransi pendidikan dari AXA Mandiri. Salah satu keunggulan produk ini adalah loyalty bonus di akhir tahun kelima sebesar 1,5 persen.

Masa pertanggungannya sendiri adalah 25 tahun dikurangi usia anak saat masuk ke program asuransi ini. Kemudian, minimal premi juga sangat ringan yaitu Rp 2,5 juta saja per tahun.

6. Asuransi pendidikan BCA

 

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Asuransi BCA pun turut menyediakan kebutuhan asuransi. Hampir sama dengan asuransi pendidikan lainnya yang menerapkan sistem unit-link, BCA pun demikian.

Melalui program Maxi Kid Investa, BCA menawarkan investasi sekaligus asuransi. Program dana pendidikan ini menawarkan uang pertanggungan asuransi hingga Rp 1,5 miliar. Sementara itu, asumsi kenaikan nilai investasinya sendiri sekitar 13,5 persen per tahun.

Melihat produk-produk asuransi pendidikan yang telah disebutkan di atas, Anda sudah bisa pertimbangkan nih mana yang terbaik untuk putra-putri Anda.

Masing-masing menawarkan nilai premi yang cukup berbeda-beda. Tentu dengan manfaat yang berbeda secara signifikan pula. Jadi, Anda bisa sesuaikan dengan kemampuan penghasilan Anda!

Apabila Anda masih penasaran dengan berbagai produk asuransi pendidikan di atas, Anda bisa tanya agen asuransi terkait. Atau, Anda bisa konsultasi dengan tim Lifepal untuk beberapa kebutuhan asuransi Anda.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →