Pilihan Produk Asuransi Ramayana dan Cara Pengajuan Klaim

asuransi ramayana

Asuransi Ramayana sebagai perusahaan asuransi yang kini sudah berstatus go public didirikan pada tanggal 6 Agustus 1956 dengan nama PT. Maskapai Asuransi Ramayana. 

Perusahaan yang telah terdaftar sebagai perusahaan asuransi umum di AAUI ini berfokus kepada perlindungan kerugian dan kerusakan pada sektor pengerjaan proyek.

Di samping itu, perlindungan untuk karyawan juga menjadi prioritas perusahaan asuransi ini melalui penawaran produk asuransi karyawan, kecelakaan diri, dan asuransi syariah.

Tentang Asuransi Ramayana

Asuransi Ramayana dipimpin oleh F.S. Harjadi dan R.G. Doeriat. Selanjutnya, perusahaan ini disahkan dengan penetapan Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 15 September 1956 No. J.A. 5/67/16.

Pada awalnya, bisnis perusahaan PT. Maskapai Asuransi Ramayana ini adalah memberikan proteksi atas barang impor dan ekspor NV Agung. Baru pada tanggal 4 November 1956 perusahaan ini mendapatkan izin operasi sebagai perusahaan asuransi kerugian, namun belum bersifat komersial.

Bisnis berskala komersial baru dijalani setelah mengubah nama perusahaan menjadi PT Asuransi Ramayana melalui pengesahan dari Keputusan Menteri Kehakiman No. C HT01.04.TH 68 tanggal 19 juli 1986.

Kantor pusat PT Asuransi Ramayana TBK terletak di Jalan Kebon Sirih No. 49 Jakarta Pusat 10340. Perusahaan dapat dihubungi melalui informasi berikut.

Asuransi Ramayana memiliki 28 kantor cabang yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan berbagai kota lainnya. 

Untuk menunjang kinerja dan layanan kepada nasabah, terutama di Jakarta, Asuransi Ramayana membuka cabang pembantu di beberapa wilayah Jakarta, seperti:

  • Senen
  • Harmoni
  • Kebayoran
  • Sudirman

Untuk menjawab permintaan pasar atas produk perlindungan syariah, perusahaan juga membuka cabang syariah di Jalan Kebon Sirih No. 49 Jakarta Pusat sebagai kantor pusatnya.

Produk perlindungan keuangan dari Asuransi Ramayana

Asuransi Ramayana memiliki 9 produk perlindungan keuangan untuk calon nasabah individu dan instansi yang meliputi asuransi:

  • Kesehatan karyawan (kumpulan)
  • Kendaraan
  • Properti
  • Syariah
  • Pengangkutan
  • Rekayasa
  • Marine Hull & Airline Hull
  • Aneka
  • Perjanjian kerja sama

Asuransi kesehatan karyawan

Produk asuransi kesehatan dari Ramayana difokuskan untuk melindungi karyawan/karyawati suatu perusahaan. Tipe asuransi sejenis ini disebut juga dengan istilah asuransi karyawan atau kumpulan.

Keunggulannya tidak hanya individu pekerja, istri/suami berikut anaknya termasuk sebagai pemegang polis. Dengan kata lain, anggota keluarga bisa mendapatkan manfaat perlindungan biaya medis juga.

Asuransi karyawan ini memberikan jaminan pelayanan kesehatan secara komprehensif yang mana meliputi jaminan dasar berupa rawat inap dan beberapa jaminan tambahan seperti:

Manfaat pertanggungannya berlaku satu tahun dan dapat diperbaharui setiap tahun.

Rumah sakit rekanan Asuransi Ramayana terbilang lengkap dengan jaringannya yang sudah tersebar di sebagian besar kota-kota utama di Indonesia.

Asuransi kendaraan

Asuransi mobil dari Ramayana memberikan perlindungan ganti rugi atas kerusakan yang menimpa objek kendaraan yang dipertanggungkan di dalam polis asuransi. Tidak hanya kerusakan, nasabah juga bisa mengajukan klaim asuransi jika kehilangan kendaraan akibat musibah pencurian.

Pilihan polis asuransi kendaraan dari Asuransi Ramayana ada tiga, yaitu: 

  • Asuransi Kendaraan Bermotor
  • Otoransi
  • Asuransi Alat Berat.

Polis Asuransi Kendaraan Bermotor dan Otoransi pada dasarnya menawarkan perlindungan asuransi all risk dan asuransi TLO untuk kendaraan milik pribadi, dinas perusahaan, dan bisnis komersial. Jenis kendaraan yang ditanggung adalah sedan, jeep, wagon, double cabin, minibus, pick up, dan bus.

Khusus polis Asuransi Alat Berat hanya menjamin kendaraan atau peralatan untuk proyek seperti buldozer, excavator, grapple loader, dump truck, forklift, road roller, crawler crane, dan yang sejenisnya.

Terkait pengajuan klaim, tertanggung dapat menghubungi langsung kantor PT. Asuransi Ramayana Tbk terdekat melalui sambungan telepon. Pelaporan klaim tidak boleh melebihi 3 hari sejak kejadian.

Setelah proses analisis klaim asuransi telah selesai dan disetujui, nasabah akan diberikan referensi bengkel rekanan Asuransi Ramayana untuk melakukan perbaikan.

Asuransi properti

Perlindungan properti dari Asuransi Ramayana memberikan ganti rugi atas risiko kerugian keuangan karena kerusakan atau kehilangan objek yang dipertanggungkan.

Objek tersebut bisa berupa rumah tinggal, gedung perkantoran, pabrik dan industri, hotel, rumah sakit, stok, aset mesin, dan aset lain sesuai kesepakatan di dalam polis asuransi.

Produk asuransi properti dari Ramayana mencakup tiga polis pilihan sesuai kebutuhan nasabah, yaitu:

1. Property All Risk (PAR) dan Industri All Risk (IAR)

PAR/IAR menjamin hampir semua risiko kerugian akibat perbuatan manusia dan bencana alam, antara lain:

  • Kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat dan huru-hara
  • Angin topan, badai, banjir, kerusakan akibat air, gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, tanah longsor, dan pergerakan tanah.

2. Asuransi Kebakaran

Polis ini menjamin kerugian  atau kerusakan yang menimpa harta  benda dan/atau objek berharga akibat risiko standar kebakaran.

Selain itu, Asuransi Ramayana menawarkan perlindungan atas kerugian akibat serangan petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap yang berasal dari kebakaran.

Nasabah bisa mendapatkan tambahan atau perluasan pertanggungan yang meliputi:

  • Kerugian disebabkan oleh kerusuhan, perbuatan jahat, huru-hara, mogok kerja, penghalangan pekerjaan, pencegahan sehubungan dengan risiko-risiko tersebut, dan perbuatan penjarahan pada saat terjadinya huru-hara atau kerusuhan.
  • Perbuatan yang bersifat terorisme dan perbuatan terkait sabotase.
  • Kerugian akibat musibah alam gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran, dan termasuk pertanggungan ledakan yang menyertai gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami. Masih ada kerusakan akibat angin topan, badai, banjir, dan kerusakan akibat air.

Pada dasarnya, polis ini memberikan perlindungan atas kerugian yang terjadi di rumah tinggal, seperti:

  • Kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap yang timbul akibat kebakaran.
  • Jaminan atas diri tertanggung, kerabat tertanggung, dan pembantu rumah tangga jika mengalami risiko kecelakaan yang berujung kepada kehilangan nyawa atau mengalami cacat permanen.
  • Perlindungan untuk pihak ketiga yang berada di dalam rumah atau pekarangan rumah milik tertanggung atas risiko mengalami kehilangan nyawa atau mengalami kerugian akibat kerusakan pada harta bendanya.
  • Jaminan biaya dari Asuransi Ramayana untuk digunakan nasabah menyewa tempat tinggal, sementara rumah tertanggung sedang diperbaiki akibat rusak total.
  • Jaminan biaya untuk membayar pengacara untuk menyelesaikan proses peradilan dengan pihak ketiga.
  • Perlindungan biaya untuk membersihkan puing-puing akibat dampak dari musibah kebakaran.

Asuransi syariah

Asuransi Ramayana Syariah dibangun atas asas kerja sama dengan prinsip tolong menolong di antara nasabah asuransi. 

Premi asuransi yang telah dibayar akan dikumpulkan dan diinvestasikan pada instrumen yang halal dan bebas riba. Pengelolaannya menggunakan sistem bagi hasil dan pengembangan dana akan dikelola dengan mengikuti aturan syariah. 

Tiap perusahaan asuransi syariah memiliki manajemen pengawasan jalannya pengelolaan dana syariah yang dinamakan dengan Dewan Pengawas Syariah (DPS), termasuk Asuransi Ramayana Syariah.

DPS bertugas mengawasi manajemen dan fungsional produk serta semua kebijakan terkait pengelolaan investasi supaya senantiasa sejalan dengan syariat.

Asuransi pengangkutan

Asuransi pengangkutan memberikan perlindungan atas biaya kerugian atau kerusakan yang dialami Tertanggung selama selama barang-barang yang diasuransikan diangkut atau dikirim dengan moda transportasi darat, laut dan udara.

Segala macam jenis barang atau komoditi yang diangkut dalam kontainer maupun bukan kontainer dalam wujud padat, cair, dan gas bisa menjadi objek pertanggungan asuransi pengangkutan Ramayana.

Lebih detailnya, berikut cakupan pertanggungan di dalam dua polis berikut.

1. Asuransi pengangkutan darat, laut, dan udara 

Polis ini menjamin biaya kerugian untuk pengangkutan barang dengan rute dari gudang/pelabuhan ke gudang. Pertanggungannya yang mendasar meliputi:

  • Pengangkutan Laut: Institute Cargo Clause (ICC) A, ICC B, ICC C.
  • Pengangkutan (Khusus) Darat: Cover A DAI, Cover B DAI.
  • Pengangkutan (Khusus) Udara: Institute Cargo Clause.

2. Asuransi rangka kapal

Sesuai namanya, polis ini memberi jaminan atas biaya kerugian atau kerusakan operasional kapal laut yang meliputi rangka kapal dan mesin.

Berdasarkan jaminan standar atau mendasar dari polis ini, pertanggungan yang diberikan tergantung kepada kondisi berikut.

  • Institute TLO 1.10.70.
  • Institute TLO 1.10.83.
  • Standard Indonesian Hull Form 1.10.70.
  • Institute Time Clause – Hull 1.10.83, dan lain-lain.

Asuransi rekayasa

Jika berbicara tentang perlindungan atas risiko-risiko kerugian atau kerusakan pada seputar pekerjaan proyek, maka asuransi rekayasa adalah solusinya.

Asuransi rekayasa atau engineering insurance cocok dimanfaatkan oleh tertanggung dengan kriteria berikut.

  • Pemilik alat-alat berat untuk CPM.
  • Pemilik projek  dan kontraktor untuk CAR dan EAR.
  • Industry dengan mesin-mesin dan alat boiler untuk MB dan Boiler Insurance.
  • Perusahaan di bidang telekomunikasi dan elektronik untuk EEI Insurance.
  • Pemerintah, Jasa Marga, dan pelabuhan untuk CECR.

Objek pertanggungan untuk asuransi rekayasa pada umumnya terkait dengan pengerjaan proyek pembangunan dan restrukturisasi yang meliputi:

  • Boiler Explosion Insurance untuk alat-alat boiler.
  • Machinery Breakdown untuk mesin industri maupun bukan industri seperti genset dan sejenisnya.
  • Erection All Risks untuk pemasangan  mesin-mesin atau projek lain yang sejenis.
  • Contractor’s All Risks untuk pembangunan gedung, pabrik, dan sejenisnya.
  • Civil  Engineering Completed Risks (CECR) untuk bangunan yang pengerjaan perencanaan dan konstruksi dasarnya sudah rampung, misalnya jalan raya, dermaga, jembatan, dan sejenisnya.
  • Contractor’s Plant Machinery (CPM) untuk alat-alat berat yang dipergunakan di dalam sebuah konstruksi, misalnya kendaraan buldozer, crane, dan lain-lain.
  • Electronic Equipment Insurance untuk semua peralatan elektronik seperti komputer, peralatan telekomunikasi, instalasi kelistrikan, dan sejenisnya.

Asuransi Marine Hull & Airline Hull

Asuransi Marine Hull & Airline Hull (Aviation) atau umumnya disebut asuransi rangka kapal dan pesawat terbang khusus memberikan perlindungan atas terjadinya risiko musibah, kerusakan, dan hal-hal terkait lainnya yang menyebabkan kerugian finansial.

Penjelasan detailnya sebagai berikut.

1. Asuransi Marine Hull atau rangka kapal

Asuransi Marine Hull khusus memberikan perlindungan atas kerusakan pada rangka kapal laut akibat terjadinya risiko musibah tenggelam, menabrak dermaga, kapal kandas, dan benturan.

Selain itu, asuransi rangka kapal dari Ramayana turut menawarkan perlindungan risiko kerusakan mesin kapal melalui polis Hull & Machinery Insurance.

2. Asuransi Airline Hull atau rangka pesawat terbang

Asuransi rangka pesawat dari Ramayana menawarkan perlindungan atas tiga risiko kerusakan berikut.

  • Hull untuk jaminan rangka pesawat udara.
  • Spares and Equipment untuk peralatan dan perlengkapan pesawat. Hal ini termasuk peralatan dan komponen pesawat, mesin berikut perlengkapan pendukung serta suku cadangnya, dan peralatan terkait di landasan.
  • Liability untuk tanggung jawab hukum atas pihak ketiga.

Asuransi aneka

Asuransi aneka atau umumnya disebut general insurance dari Ramayana menawarkan perlindungan atas berbagai risiko yang pada dasarnya dihadapi oleh pekerja atau pemilik usaha.

Ada beberapa pilihan polis asuransi yang masing-masing menawarkan perlindungan finansial berbeda, antara lain:

1. Money Insurance

Money insurance atau asuransi uang menjamin kerugian perusahaan yang mengalami risiko musibah kecurian, kehilangan, atau perampokan uang dan barang berharga di dalam penyimpanan atau di tengah proses pengangkutan ke lokasi lain.

Barang berharga selain uang yang dimaksud bisa berupa cek dan surat berharga.

2. Personal Accident

Umumnya disebut dengan asuransi kecelakaan diri, polis ini menjamin ganti rugi finansial bagi karyawan yang mengalami risiko meninggal dunia, cacat sementara atau cacat permanen, dan biaya pengobatan bagi karyawan. Detail pertanggungan yang diberikan sebagai berikut.

  • Kelalaian tertanggung dengan tidak sengaja terjatuh ke dalam air atau suatu zat cair lainnya sehingga mengalami infeksi virus atau kuman penyakit tertentu. Kondisi ini juga terkait dengan dampak infeksi tersebut pada luka yang sebelumnya sudah dialami tertanggung.
  • Tertanggung menghirup uap atau gas tertentu yang mengakibatkan dirinya mengalami keracunan.
  • Tertanggung mengalami mati lemas atau tenggelam.
  • Tertanggung mengalami kondisi medis yang bertambah parah atau mengalami komplikasi akibat kecelakaan kerja yang dijamin di dalam polis asuransi sesuai pernyataan dari dokter yang menangani.

3. Workmen’s Compensation

Polis ini menawarkan jaminan keuangan bagi perusahaan berupa pemberian kompensasi biaya pengobatan di rumah sakit bagi karyawan mereka yang mengalami risiko kecelakaan kerja.

4. Burglary/Theft 

Polis asuransi ini khusus membahas dan menjamin risiko tindakan kebongkaran atau kecurian di dalam area properti pemilik atau pengelola usaha.

5. Fidelity Guarantee

Fidelity Guarantee adalah salah satu polis di dalam asuransi aneka dari Ramayana yang memberikan jaminan kerugian atas kehilangan uang bagi pemilik perusahaan yang ditimbulkan akibat ketidakjujuran, seperti penipuan dan penggelapan, yang dilakukan oleh pegawainya.

6. Plate/Glass/Neon Signs/Billboard

Polis asuransi memberikan jaminan terjadinya musibah yang memicu risiko kerusakan atau kehilangan terkait plate kaca, billboard, dan neon sign.

7. Travel Baggage

Hampir mirip dengan manfaat yang didapatkan dari asuransi perjalanan, polis asuransi ini memberikan perlindungan ganti rugi jika tertanggung mengalami risiko kehilangan atau kerusakan bagasi, terbongkarnya bagasi di dalam perjalanan.

8. Liability

Polis ini khusus menanggung risiko kerugian finansial untuk membiayai tanggung jawab hukum terhadap pihak lain.

Asuransi perjanjian kerja sama (bond)

Asuransi perjanjian kerja sama atau asuransi bond adalah penjaminan finansial yang melibatkan tiga pihak, antara lain:

  • Surety sebagai pihak pertama, yaitu perusahaan asuransi
  • Principal sebagai pihak kedua, yaitu nasabah asuransi.
  • Obligee sebagai pihak ketiga, yaitu klien nasabah asuransi.

Pada penerapannya, jika sebuah perusahaan kontraktor selaku nasabah asuransi (principal) gagal memenuhi kewajibannya di dalam kontrak proyek secara tepat waktu, maka pihak perusahaan asuransi (surety) akan memberikan ganti rugi kepada pemberi proyek atau pihak yang khusus ditunjuk sebagai penerima jaminan (obligee).

Asuransi Ramayana menawarkan dua polis asuransi perjanjian kerja sama, yaitu Surety Bond terkait jaminan proyek dan Customs Bond terkait jaminan kewajiban perpajakan kepada bea cukai.

Bagaimana cara pengajuan klaim Asuransi Ramayana?

Cara nasabah Asuransi Ramayana yang ingin mengajukan klaim asuransi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu klaim asuransi kendaraan dan klaim asuransi bukan kendaraan.

1. Klaim asuransi kendaraan

Nasabah yang ingin mengajukan klaim asuransi kendaraan bisa menghubungi call center 24 jam di nomor 1500049 atau mengirim pesan singkat ke nomor 0858 8888 4949.

Nasabah yang ingin mengajukan klaim sekaligus berkonsultasi bisa mendatangi kantor layanan klaim secara langsung di alamat berikut.

Klaim asuransi kendaraan di Jakarta Claim Center PT Asuransi Ramayana Tbk
Komplek Harmoni Plaza Blok A/11
Jalan Suryopranoto No. 2-4, Jakarta 10130
Phone: (021) 31905544 – 3913864 (Hunting)
Fax: (021) 3921045 – 3911790
Klaim asuransi kendaraan di luar Jakarta Kantor cabang atau perwakilan Asuransi Ramayana tempat polis asuransi diterbitkan.

Pelaporan klaim asuransi kendaraan Ramayana sebaiknya dilakukan secepatnya dengan batas maksimal terlama adalah tiga hari sejak kejadian. Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa dokumen berikut.

  • Dokumen polis asuransi.
  • Fotokopi KTP dan SIM
  • Fotokopi STNK

Jika klaim yang diajukan melibatkan pihak ketiga atau jika nasabah mengalami kehilangan kendaraan, persiapkan surat keterangan dari pihak berwajib juga.

2. Klaim asuransi bukan kendaraan

Terkait dengan pengajuan klaim asuransi yang tidak terkait dengan perlindungan kendaraan, nasabah wajib mengikuti pedoman berikut.

Bagi nasabah yang berada di Jakarta maupun di luar Jakarta, pengajuan klaim harus dilaporkan terlebih dahulu kepada kantor cabang sesuai tempat polis asuransi diterbitkan.

Tiap polis asuransi memiliki batas waktu pengajuan klaim yang berbeda-beda, maka nasabah perlu berpatokan kepada hal ini. Keterlambatan pengajuan klaim bisa berakibat kepada kesulitan proses penyelesaian ganti rugi atau bahkan ditolak.

Persiapkan dokumen-dokumen pendukung klaim yang diperlukan sesuai ketentuan di dalam polis asuransi.

Apa kelebihan dan kekurangan Asuransi Ramayana?

Apa yang menjadikan Asuransi Ramayana lebih unggul dibandingkan perusahaan asuransi sejenis lainnya?

  • Polis asuransi kesehatan untuk karyawan terbilang lengkap karena sudah memasukkan jaminan perawatan gigi, rawat jalan, dan biaya persalinan.
  • Nasabah bisa mengajukan klaim asuransi kesehatan pada lebih dari 700 rumah sakit rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia karena sudah bekerja sama dengan Admedika
  • Terdapat layanan aplikasi Asuransi Kesehatan Ramayana yang berfungsi memudahkan nasabah mengetahui informasi polis secara online
  • Tersedia asuransi kendaraan bagi pemilik individu, perjalanan dinas, serta pemilik bisnis komersial dan nonkomersial.
  • Terdapat pilihan asuransi syariah sebagai solusi bagi nasabah yang khawatir akan risiko riba.

Sebaliknya, sisi kekurangan yang dimiliki oleh Asuransi Ramayana terletak pada layanan klaim asuransinya, seperti nasabah yang tinggal jauh dari area kota akan kesulitan menemukan kantor cabang jika ingin mengajukan klaim atau berkonsultasi karena lokasi kantor cabang berada di kota-kota besar saja.

Sama halnya dengan bengkel rekanan yang sulit dicapai oleh nasabah yang tinggal berjauhan dari kota besar. Apalagi kota-kota yang memiliki bengkel rekanan Ramayana masih terbatas.

Jika kamu sedang mencari-cari produk perlindungan finansial yang sejenis dengan Asuransi Rama dan pas dengan kebutuhanmu, coba cari tahu saja di Lifepal. Lifepal adalah marketplace terbesar yang telah menjalin kerja sama dengan beragam perusahaan asuransi di Indonesia dalam memasarkan produk-produknya.

Mungkin kamu masih ragu dengan prioritas keuanganmu dan ingin menanyakan mengenai tips-tips perencanaan investasi sekaligus mencari tahu jaminan asuransi apa yang paling sesuai dengan yang kamu sedang butuhkan sekarang, tanyakan saja langsung kepada pakar asuransi kami di Tanya Lifepal.

FAQ seputar Asuransi Ramayana

Apa saja produk asuransi yang dimiliki Asuransi Ramayana?

Ada 9 pilihan produk asuransi yang ditawarkan PT Asuransi Ramayana kepada publik dalam skala individu maupun perusahaan swasta atau pemerintah, yaitu:

  • Kesehatan karyawan (kumpulan)
  • Kendaraan
  • Properti
  • Syariah
  • Pengangkutan
  • Rekayasa
  • Marine Hull & Airline Hull
  • Aneka
  • Bond (perjanjian kerja sama) 

Apa saja jaminan yang ditawarkan dari produk asuransi karyawan Ramayana?

Selain mendapatkan jaminan biaya rawat inap di rumah sakit, nasabah asuransi kesehatan Ramayana mendapatkan beberapa jaminan tambahan, antara lain:

Apa saja pertanggungan dari asuransi kendaraan Ramayana?

Ada tiga polis asuransi yang ditawarkan asuransi kendaraan dari Ramayana, yaitu Asuransi Kendaraan Bermotor, Otoransi, dan Asuransi Alat Berat.

Polis Asuransi Kendaraan Bermotor dan Otoransi menawarkan perlindungan asuransi all risk dan TLO dengan ketentuan tertentu. Sedangkan, Asuransi Alat Berat berfokus kepada perlindungan kendaraan dan alat berat untuk pengerjaan proyek. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →