Alasan Pilih Asuransi Rawat Jalan Cashless Versus Reimburse

asuransi rawat jalan cashless

Asuransi rawat jalan cashless adalah produk asuransi kesehatan yang menanggung biaya rawat jalan dan kadang medical check-up dengan menggunakan kartu asuransi saja.

Produk asuransi ini memiliki keunggulan dalam hal kepraktisan pembayaran. Sebab, kita tidak perlu membawa uang cash atau membayar biaya perawatan atau konsultasi. Akan tetapi, cukup tunjukkan atau gesek kartu saja.

Nah, buat kamu yang sedang mencari produk asuransi kesehatan terbaik, Lifepal menyediakan promo hemat hingga 25%, lho! Termasuk juga dengan manfaat asuransi rawat jalan cashless. Sekalian simak dulu beberapa alasan mengapa kamu harus memiliki produk asuransi ini ya.

Asuransi Rawat Jalan Menanggung Kondisi Darurat

Kondisi darurat memang bisa datang kapan saja. Dan bila itu terjadi, selain masalah biaya, persoalan yang kompleks pun timbul, seperti biaya-biaya di luar perawatan, stres dan lain-lain.

Dengan memiliki asuransi rawat jalan cashless, semua dampak persoalan tersebut bisa dikurangi karena biaya pengobatan setidaknya sudah ada yang menanggung dan dana tunai yang dimiliki bisa dioptimalkan untuk keperluan yang lain.

Tidak Perlu Sedia Uang Tunai

Pada dasarnya ada dua sistem yang digunakan dalam asuransi kesehatan rawat jalan, yaitu sistem reimburse dan cashless. Reimburse mengharuskan pasien membayar dulu semua tagihan pengobatan dan kemudian melakukan reimburse kepada perusahaan asuransi disertai dokumen yang dibutuhkan.

Sedangkan cashless menawarkan solusi yang lebih baik, dengan hanya menunjukkan kartu anggota asuransi saja dan tak perlu repot keluar uang. Itu sebabnya sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi kesehatan ada baiknya pastikan dulu kalau produk asuransinya menggunakan sistem cashless sehingga tak perlu bawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Praktis Ketika Butuh Perawatan Medis

Asuransi rawat jalan cashless biasanya memberikan manfaat perlindungan yang cukup luas, seperti biaya pra dan pasca rawat inap, biaya antar jemput ambulance, perawatan rawat inap dan lain-lain. Tak perlu khawatir lagi, semua kebutuhan sudah terpenuhi oleh asuransi ini.

Di luar kondisi sakit pun, asuransi rawat jalan cashless juga biasanya menawarkan layanan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Salah satu produk asuransi kesehatan yang menanggung medical check-up, antara lain asuransi kesehatan Allianz cashless.

Bisa Mengajukan Klaim Tanpa Batas Waktu

Salah satu perbedaan antara klaim cashless dan reimbursement adalah batasan waktu klaim. Jika kamu menggunakan asuransi rawat jalan dengan metode reimbursement maka kamu harus segera mengirimkan laporan klaim. Biasanya ada batas waktu 14 hari semenjak berkunjung ke klinik dan rumah sakit.

Sementara jika kamu menggunakan metode cashless, baik kartu atau aplikasi, kamu tidak perlu melakukan klaim lagi ke pihak asuransi. Jadi, tidak repot!

Apalagi perawatan jalan biasanya lebih sering dibandingkan rawat inap. Kalau dalam setahun kamu ada lima atau enam kali ke dokter, maka harus lima enam kali pula buat klaim. Kan repot ya.

Umumnya Kita Lebih Sering Rawat Jalan daripada Rawat Inap

Setiap orang pasti mengalami sakit dengan jumlah yang berbeda-beda dalam setahun. Namun yang bisa dipastikan adalah jumlah pasien rawat jalan jumlahnya selalu lebih besar dari rawat inap.

Ini bisa disebabkan karena meskipun setiap hari banyak orang yang jatuh sakit, namun sebagian besar cukup menjalankan pengobatan rawat jalan saja. Selain karena harga yang lebih murah, jumlah pasien rawat jalan pun cenderung lebih besar.

Pertanyaan Seputar Asuransi Rawat Jalan Cashless?

Asuransi rawat jalan non tunai atau cashless merupakan bagian dari manfaat asuransi kesehatan yang memberikan pertanggungan biaya rawat jalan di rumah sakit atau layanan kesehatan rekanan dengan klaim non tunai.

Dalam memilih asuransi rawat jalan non tunai atau cashless sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, anggaran, dan profil nasabah. Untuk faktor kebutuhan, pastikan nilai pertanggungan asuransi sebanding dengan biaya perawatan kesehatan saat ini. Dari faktor anggaran, pastikan telah disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu. Sementara untuk profil nasabah, pilih asuransi yang memiliki rumah sakit rekanan dekat dengan domisili saat ini.

Di tengah kondisi teknologi finansial yang terus berkembang, penggunaan uang fisik memang terlihat berangsur berkurang. Bila bisa bayar pakai aplikasi atau kartu secara cashless, buat apa harus bayar di depan.Yuk, cek produk asuransi terbaik hanya di Lifepal! Lifepal menyediakan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi kesehatan hingga asuransi rawat jalan cashless.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →