Cara Beli Asuransi Rumah Terbaik Agar Tidak Rugi!

asuransi rumah terbaik

Dalam memilih asuransi rumah terbaik, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan mulai dari risiko ditanggung hingga nilai iuran preminya. Nah perlu dipahami kalau cara kerja asuransi rumah lebih rumit ketimbang asuransi kesehatan dan jiwa. Karena itu, harus lebih teliti dalam memilih asuransi rumah. 

Biar gak salah pilih, simak tips cara beli asuransi rumah berikut ini: 

  • Asuransi rumah kebakaran: menanggung risiko sesuai Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) .
  • Asuransi rumah all risk: menanggung risiko lebih luas, artinya tidak hanya mengacu pada PSAKI saja melainkan risiko lainnya yang tertulis dalam polis.

Cara Beli Asuransi Rumah Terbaik

Ketika memutuskan untuk beli asuransi rumah, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan guna mendapatkan keuntungan maksimal dengan premi bersahabat. Berikut ini beberapa tipsnya:

Step 1: Lihat di marketplace asuransi terbaik 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bandingkan marketplace asuransi yang ada di Indonesia. Saat ini sudah ada banyak sekali marketplace asuransi yang tersedia, sehingga kamu perlu lebih teliti dalam memilihnya. Cari tahu apakah marketplace asuransi yang dipilih telah terdaftar secara resmi dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Salah satu kuncinya kamu bisa membandingkan besaran premi dari tiap perusahaan marketplace asuransi. Misal, calon nasabah tertarik untuk beli asuransi rumah ACA, maka bisa bandingkan harga premi dari dua hingga tiga marketplace asuransi di Indonesia. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk kamu mendapatkan manfaat asuransi sesuai kebutuhan dengan harga bersahabat.

Sebaiknya cari marketplace asuransi yang memiliki fitur lengkap guna memudahkan nasabah dalam memilih polis asuransi rumah terbaik. Misal, Lifepal.co.id memberikan fitur rating pada tiap perusahaan asuransi yang tersedia. Adapun rating yang ditetapkan didasarkan pada kesehatan keuangan perusahaan, kepuasan pelanggan, besaran premi, dan popularitas brand.

Step 2: Bandingkan promo dari asuransi marketplace terbaik

Umumnya perusahaan asuransi marketplace di Indonesia memiliki promo menarik. Karena itu, banyak yang berlomba-lomba menawarkan diskon dengan ketentuan yang dapat menarik perhatian calon nasabahnya. Untuk mendapatkan keuntungan terbaik, hal yang harus kamu lakukan adalah membandingkan promo dari tiap-tiap perusahaan asuransi tersebut. Namun tetap pastikan marketplace asuransi yang dipilih memiliki izin resmi ya. 

Jika promo yang diberikan dalam bentuk cashback, maka segera tarik atau cairkan cashback tersebut begitu melakukan pembayaran premi pertama.

Step 3: Pelajari dan baca polis yang diinginkan dengan teliti

Setelah menentukan marketplace dan memilih daftar polis asuransi rumah yang diinginkan, selanjutnya pelajari polis dengan teliti. Misal, ketahui klausul “pengecualian” atau risiko yang dikecualikan dalam manfaat asuransi rumah. Baca juga ketentuan-ketentuan lainnya, misal masa tunggu dan aturan klaim asuransi yang ditetapkan dalam polis. Poin apa yang harus diperhatikan dalam polis asuransi rumah terbaik? 

Risiko yang ditanggung dalam polis bergantung pada jenis asuransi rumah yang kamu pilih. Misal, jika memilih asuransi rumah kebakaran maka umumnya risiko yang ditanggung mengacu pada Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

Sementara jika memilih asuransi rumah all risk, maka tidak hanya berpaku pada risiko PSAKI saja. Karena itu, baca dengan teliti risiko yang ditanggung dan dikecualikan dalam polis asuransi.

Hal yang juga tidak kalau krusial adalah premi asuransi. Cek dengan teliti apakah metode pembayaran polisnya bulanan, tahunan, triwulan, atau semester. Cari tahu juga apakah ada biaya tambahan lainnya yang diikutsertakan. Karena bisa saja polis asuransi yang dipilih juga mengikutsertakan manfaat tambahan atau rider.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan terkait Asuransi Rumah

Jika kerugian terjadi ketika nasabah liburan, apakah tetap ditanggung asuransi? – accordion 

Umumnya, perusahaan asuransi rumah memiliki ketentuan minimum rumah kosong yaitu selama 30 hari. Artinya jika kamu meninggalkan rumah kosong untuk liburan selama lebih dari 30 hari, kemudian terjadi kerugian maka perusahaan asuransi tidak akan menanggung risiko tersebut. 

Hal ini dikarenakan risiko kerugian jika rumah ditinggalkan lebih dari 30 hari sangat tinggi. Namun, setiap perusahaan memiliki ketentuannya masing-masing, ya. 

Laporkan kejadian → Buat laporan kerugian → Sertakan dokumen klaim → Pihak asuransi akan melakukan verifikasi data → Pihak asuransi akan melakukan survei atas terjadinya kerugian → Jika kerugian masuk dalam kategori kompleks maka akan ditunjuk loss adjuster untuk melakukan penelitian klaim lebih lanjut → Jika klaim telah disetujui, maka ganti rugi akan segera diberikan.

Ternyata tidak sulit, bukan dalam memilih asuransi rumah terbaik. Jika masih bingung kamu bisa lakukan konsultasi secara gratis terlebih dahulu dengan tim ahli asuransi Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →