Apakah Asuransi Sun Life Bagus Tidak? Begini Jawabannya

asuransi sun life bagus tidak

Asuransi Sun Life bagus tidak tergantung dari perspektif mana kita melihat. Namun, sudah pasti kita bisa bilang bagus karena memang terdaftar di OJK dan sejauh ini belum ada rekam jejak yang permasalahan fatal.

Perusahaan asuransi PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) sudah beroperasi di Indonesia sejak 1995 dengan menawarkan sederet produk asuransi dan pengelolaan keuangan, seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan dan perencanaan hari tua.

Dengan berkomitmen untuk membantu para nasabahnya mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang sehat, Sun Life kini sudah dilengkapi dengan 132 kantor pemasaran konvensional dan 49 kantor pemasaran syariah yang siap membantu nasabahnya.

Lalu, apakah Asuransi Sun Life bagus tidak dan memang layak untuk dimiliki? Sampai sejauh mana kiprah dan reputasinya di Indonesia? Simak penjelasan berikut.

Rekam Jejak Asuransi Sun Life Bagus Tidak

Salah satu cara paling sederhana untuk mengecek rekam jejak Asuransi Sun Life adalah dengan mencarinya di Google. Sun Life sendiri secara umum masih tercatat sebagai perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak cukup baik selama ini.

Selain situs resmi Sun Life, Google menampilkan beberapa berita tentang Sun Life terkait peluncuran produk-produk asuransi dengan kolaborasi dengan beberapa pihak. Namun yang paling menarik adalah tentang kinerja positif Sun Life selama masa pandemi.

Mengutip situs berita kontan.co.id pada Mei 2020, Sun Life mencatat peningkatan premi sebesar 15% dibanding periode yang sama tahun lalu. Ini dibarengi dengan Sun Life Syariah yang mencatatkan pendapatan sebesar Rp290 miliar. Artinya, PT Sun Life Financial Indonesia berada dalam kondisi yang baik meskipun di tengah terpaan pandemi.

Masih dari situs berita yang sama, di masa pandemi, Sun Life juga meluaskan inovasi marketingnya dengan merangkul K-Link, platform digital network marketing berprinsip syariah. Beradaptasi dengan situasi pandemi, Sun Life juga merilis fitur baru Sun Connect, yaitu layanan digital yang mempertemukan calon nasabah dengan agen asuransi secara virtual.

Jadi, kesimpulannya berdasarkan rekam jejak mengenai Asuransi Sun Life bagus tidak, jawabannya bagus.

Laporan Keuangan Sun Life

Hal lain yang bisa dijadikan acuan Asuransi Sun Life bagus tidak adalah dengan mengecek laporan keuangan perusahaan. Sun Life sendiri memiliki situs resmi yang sangat transparan dengan mengunggah laporan keuangannya selama lima tahun terakhir.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam menilai Asuransi Sun Life bagus tidak dalam hal laporan keuangan. Pertama adalah Modal Minimum Berbasis Risiko (MMBR) atau jumlah minimum tingkat solvabilitas yang ditetapkan, yaitu dana yang dibutuhkan untuk mengantisipasi risiko kerugian yang mungkin timbul akibat dari deviasi dalam pengelolaan aset dan liabilitas.

Kedua adalah ketentuan Pasal 3, ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi. Rasio tingkat pencapaian solvabilitas sekurang-kurangnya adalah 100% dengan target internal paling rendah adalah 120% dari MMBR.

Mengacu ketentuan tersebut, Sun Life sendiri terbilang memiliki kondisi keuangan yang kondusif karena Rasio Pencapaian Solvabilitasnya berada di atas batas 120% yaitu sebesar 526% (2019), 491% (2018), 682% (2017), dan 602% (2016).

Asuransi Sun Life bagus tidak berdasarkan laporan keuangan yang disebutkan tadi adalah bagus.

Penghargaan Asuransi Sun Life Bagus

Selama kiprahnya di indonesia, Sun Life juga sudah menerima beberapa penghargaan sebagai bukti reputasinya di bidang proteksi dan pengelolaan keuangan. 

Berikut adalah deretan penghargaan yang diterima yang menentukan Asuransi Sun Life bagus tidak:

  • “EXCELLENT” Service Performance untuk Tim Call Center (2014): Carre-CCSL (Center For Customer Satisfaction & Loyalty) dan majalah Service Excellence pada 2014 menganugerahi Sun Life dengan predikat “Excellent” untuk kategori asuransi jiwa dan kesehatan.
  • “EXCELLENT” Service Performance untuk Email Complaint Management Team (2014, 2015): Carre-CCSL dan majalah Service Excellence juga menganugerahi email layanan nasabah Sun Life [email protected] dengan predikat “Excellent” untuk kategori industri asuransi selama dua tahun berturut-turut.
  • The Best Risk Management Islamic Life Insurance (2013, 2014): Karim Consulting Group menganugerahi Juara 1 untuk kategori The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan aset di bawah Rp 100 miliar selama dua tahun berturut-turut.
  • IMA Outstanding Achievement Award: Brighter Life Indonesia berhasil memenangkan penghargaan ini untuk kategori “Informasi Keuangan”.
  • Silver Award: Ajang The Davey Awards menganugerahi Brighter Life Indonesia untuk kategori “Community”.
  • Best Family Takaful Provider Indonesia (2015, 2016): Ajang Global Banking and Finance Review Awards menganugerahi Unit Syariah PT Sun Life Financial Indonesia dalam kategori “Best Family Takaful Provider Indonesia”.
  • Top 2 Asuransi Jiwa Kategori Aset Rp 5-15 Triliun (2015): Penghargaan “Top 2 Asuransi Jiwa Kategori Aset Rp 5-15 Triliun” dari Warta Ekonomi dalam ajang Insurance Consumer Choice Awards.
  • Great Performing Brand in Social Media (2015): Penghargaan ini diraih dalam ajang Social Media Award 2015 dari majalah Marketing dan Lembaga Survei Independen FRONTIER.
  • CSR Award: Penghargaan untuk kategori Kesehatan dan Pendidikan dari Koran Sindo.
  • Predikat “Sangat Bagus” (2016): Predikat “Sangat Bagus” untuk Unit Link dari majalah Infobank dalam ajang “Infobank Unit Link Awards 2016”.
  • Excellent Service Experience Awards (ESEA) 2016: Penghargaan dari Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Carre CCSL), konsultan Service Quality dan Customer Management, bekerjasama dengan Service Excellent Magazine.
  • “Excellent” Service Performance untuk Tim Call Center dan Customer Service Email Centers (2016): Penghargaan untuk kategori Industri Asuransi dari CARRE Center for Customer Satisfaction & Loyalty Company dalam ajang “Contact Centre Service Excellent 2016”.
  • HR Asia Best Companies to Work For in Asia (2016): Penghargaan sebagai pemenang dari HR Asia di tahun 2016.
  • The 8 Annual Global CSR Awards 2016: Penghargaan “Bronze Award” dalam ajang bergengsi The 8 Annual Global CSR Awards 2016 untuk kategori “Excellence in Provision of Literacy & Education Award for Company with Less than US 1Billion in Market Capitalization”
  • Best Takaful Company Indonesia: Unit Usaha Syariah PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan dalam ajang “Global Business Outlook Awards” untuk kategori “Best Takaful Company indonesia”.
  • The Best in Marketing Campaign: Penghargaan kedua dalam ajang “Marketing Awards 2016” persembahan majalah Marketing untuk kategori “The Best in Marketing Campaign”.
  • Best Financial Performance: Penghargaan untuk Pertumbuhan Pendapatan Premi bersih Tertinggi kategori Perusahaan Asuransi Jiwa dengan aset Rp 6 – 10 triliun dari majalah Warta Ekonomi.
  • Best Social Public Relation  Program 2016: Penghargaan untuk kampanye perusahaan #LEBIHBAIK di ajang  PR of the Year dari majalah MIX.
  • Best Marketing Public Relation Program 2016: Penghargaan di ajang yang sama untuk program Sun Life Edufair.
  • Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands (Millennials’ Choice): Penghargaan untuk Sun  Life dari The Iconomics.
  • Best Leader for Business Sustainability Through Business Innovation – Effectiveness of Digital Acceleration Category Life Insurance With Asset 10-25 T: Penghargaan untuk Sun Life dari majalah Warta Ekonomi.
  • Indonesia Business Women of the Year 2020: Penghargaan untuk Sun Life dari majalah SWA.
  • Most Innovative Insurance Indonesia (2020): Penghargaan untuk Sun Life dari The Iconomics.
  • Market Leader Awards 2020: Penghargaan untuk Sun Life dari Media Asuransi.

Keluhan Nasabah

Dalam kiprahnya, Sun Life juga pernah mengalami keluhan nasabah yang sempat dipublikasi oleh media. Dilansir dari detik.com, keluhan bermula dari nasabah yang ingin mencairkan sebagian dana dari Polis Unit Link miliknya.

Setelah beberapa kali dihitung oleh petugas Customer Service, jumlah dana yang bisa dicarikan pun dikonfirmasikan kepada nasabah yang bersangkutan. Namun ternyata saat dana ditransfer kepada nasabah, ada potongan cukup besar yang bahkan lebih besar dari premi bulanan dari nasabah.

Potongan yang tidak dikonfirmasi sebelumnya ini kemudian memicu komplain nasabah yang merasa dirugikan oleh kesalahan Customer Service dan tidak mendapat tanggapan yang baik dari Sun Life.

Memang masalah seperti ini tidak hanya terjadi di Sun Life saja. Jadi, tidak bisa mengatakan bahwa Sun Life tidak bagus. Melainkan, Asuransi Sun Life bagus tidak tergantung pengalaman masing-masing nasabah.

Kesimpulan

Sebagai perusahaan asuransi yang terus berkembang, PT Sun Life Financial Indonesia memiliki banyak penawaran produk asuransi dan pengelolaan keuangan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah, terlebih di masa pandemi yang memicu krisis bagi sebagian orang. 

Inovasi dan pengembangan layanan terus dilakukan menentukan Asuransi Sun Life bagus tidak. Kembali pada komitmen Sun Life untuk menjadikan nasabahnya mencapai kemapanan finansial, perbaikan dan pengembangan produk terus dirasakan oleh para nasabah.

Walaupun keluhan pernah terjadi, namun pembenahan terus dilakukan. Ini terbukti dengan adanya sederet penghargaan dan reputasi positif yang diraih PT Sun Life Financial Indonesia beberapa tahun terakhir dan rekam jejaknya yang meyakinkan melalui laporan keuangan dan jejak digital yang positif.

Secara umum, Sun Life adalah perusahaan asuransi dan pengelola keuangan yang bisa diandalkan melalui berbagai layanan, produk dan teknologi yang ditawarkan. Jika kamu ingin bertanya seputar produk asuransi Sun Life bagus tidak lebih jauh, kunjungi marketplace asuransi Lifepal.co.id.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →