Tokio Marine, Asuransi Umum dengan Pengalaman Mumpuni

Asuransi tokio

Asuransi Tokio Marine adalah perusahaan asuransi umum asal Jepang yang masuk ke Indonesia tahun 1975 dengan nama PT Asuransi Tokio Marine Indonesia dan PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia. Perusahaan ini menawarkan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi kecelakaan, dan asuransi rumah. 

Kamu bisa lho mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dengan praktis dan mudah lewat Lifepal! Selain itu, kamu juga bisa melakukan konsultasi gratis dulu sebelum membeli.

Untuk lebih memahami lebih jauh tentang perusahaan ini, simak ulasan lengkap tentang sejarah, produk, premi, dan alamat kantor Tokio Marine berikut!

Sejarah Asuransi Tokio Marine di dunia

Asuransi Tokio Marine adalah perusahaan asuransi umum tertua di Jepang. Tokio Marine Group tak hanya mengembangkan perusahaan mereka di dalam negeri, tetapi juga memperluas jaringannya ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia.

Saat ini, jaringan perusahaan yang ada di dunia mencapai 480 kota di 35 negara di dunia. Hal itu membuktikan bahwa Grup Tokio Marine merupakan salah satu perusahaan asuransi yang terkenal hingga skala internasional.

Tokio Marine masuk ke Indonesia dengan nama  PT Asuransi Tokio Marine Indonesia pada tahun 1975 dan menjadi salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia.

Awalnya, perusahaan ini bernama PT Asuransi Jayasrana yang merupakan kerjasama antara Tokio Marine Asia Pte.Ltd dan PT Asuransi Jasa Indonesia. Kantor pertamanya berlokasi di Jakarta, tepatnya di Skyline Building yang beroperasi sejak tahun 1990.

Untuk memperluas pasar dan mengembangkan perusahaan asuransi yang kini berkantor di daerah Senayan, akhirnya membuka salah satu cabang kota pahlawan, Surabaya.

Setahun kemudian, barulah perusahaan ini berganti nama dari PT Asuransi Jayasrana menjadi PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Pengembangan terus dilakukan dengan membuka enam kantor cabang di beberapa kota besar seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Pekanbaru, dan Makassar. Ditambah dengan kantor perwakilan di Batam, Lampung, dan Cikarang.

Produk Asuransi Tokio Marine

Tokio Marine menawarkan produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi kecelakaan, dan asuransi rumah. Berikut penjelasannya.

Asuransi kesehatan Tokio Marine

Asuransi kesehatan  Tokio Marine menawarkan proteksi kesehatan berbasis syariah dengan nama TM Well Being. Artinya, asuransi dikelola berdasarkan syariat Islam. 

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari produk ini sama seperti askes pada umumnya, yaitu penggantian biaya rawat inap, pembedahan, perawatan medis akibat kecelakaan, dan biaya perawatan sebelum dan setelah rawat inap. 

Tersedia juga manfaat cashless sehingga kamu bisa langsung mendapatkan perawatan medis tanpa mengeluarkan uang tunai. Produk ini cocok untuk yang membutuhkan proteksi kesehatan dengan biaya terjangkau.

Asuransi jiwa Tokio Marine

Asuransi jiwa akan memberikan sejumlah uang santunan jika tertanggung meninggal dunia. Produk ini menyediakan tiga jenis polis asuransi jiwa berjangka, yaitu TM Peace of Mind, TM Peace of Mind Plus, dan Asuransi TM 50. Perbedaan utama ketiganya ada pada masa pertanggungan yang ditawarkan.

TM Peace of Mind memberikan opsi masa pertanggungan yang fleksibel, yaitu 5, 10, 15, atau 20 tahun. Premi yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu mulai Rp500 ribu per tahun dengan minimum uang pertanggungan Rp50 juta.

Sementara itu, TM Peace of Mind Plus menawarkan masa pertanggungan 10. 15, atau 20 tahun. Nasabah juga akan mendapatkan pengembalian 100 persen premi kalau gak ada klaim di akhir masa asuransi.

Asuransi TM 50 proteksi keuangan selama 10 tahun dengan masa pembayaran premi hanya 5 tahun. Nasabah bakal mendapatkan pengembalian 50 persen premi di akhir masa asuransi. 

Uang pertanggungan yang bisa kamu dapatkan dengan membeli asuransi ini adalah Rp4-150 juta yang bisa diklaim tanpa pemeriksaan medis.

Untuk mengetahui kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa, kamu bisa lho menggunakan Kalkulator Uang Pertanggungan berikut ini!

Asuransi mobil Tokio Marine

Asuransi mobil Tokio Marine bakal memberikan ganti rugi apabila mobil kamu mengalami kerusakan atau hilang. Luas pertanggungan yang ditawarkan ada dua, yaitu Komprehensif (All Risk) dan Kerugian Total.

Komprehensif menjamin kerugian menyeluruh, mulai dari baret dan lecet pada mobil sampai kehilangan akibat pencurian. Polis ini juga menanggung kerugian akibat tuntutan hukum pihak ketiga.

Sementara itu, Kerugian Total hanya menanggung kerugian total atau kerusakan di atas 75 persen atau kehilangan mobil saja.

Nah, proteksi ini gak hanya terjadi saat mobil dikendarai saja, lho! Kamu juga bisa menambah proteksi kerugian dari risiko perbuatan jahat, pencurian, kebakaran dan kerusakan yang terjadi saat berada di atas kapal penyeberangan (ASDP).

Asuransi kecelakaan

Ada enam macam polis asuransi kecelakaan yang ditawarkan, di antaranya Asuransi Kecelakaan Diri,  TM Peace of Mind Syariah (Accident), Travel Partner, Asuransi Mikro Pelindungku, Asuransi Mikro Kecelakaan Diri, dan Safe Travel.

Untuk yang mencari proteksi kecelakaan biasa, kamu bisa memilih Asuransi Kecelakaan Diri, atau TM Peace of Mind Syariah untuk yang sesuai syariat Islam. 

Sementara itu, kalau kamu ingin mencari proteksi dengan premi murah, bisa memilih Asuransi Mikro Pelindungku dan Asuransi Mikro Kecelakaan Diri. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp40 ribu setahun dan bisa mendapat uang pertanggungan akibat kecelakaan sebesar Rp20 juta!

Bila kamu ingin mengasuransikan risiko kecelakaan selama di perjalanan, produk Travel Partner dan Safe Travel cocok untuk kamu!

Asuransi rumah

Terdapat empat produk asuransi rumah yang ditawarkan oleh Tokio Marine. Pertama, asuransi kebakaran yang memproteksi kerugian karena kebakaran rumah. Polis ini berlaku sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

Kedua, Asuransi Home Partner yang memberikan proteksi terhadap kerusakan barang-barang di dalam rumah. Produk ini menawarkan empat jenis proteksi yang komprehensif, yaitu Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. Keempatnya menawarkan luas pertanggungan yang berbeda-beda.

Ketiga, Asuransi Pro Apartemen yang menjamin segala kerugian yang ditimbulkan di dalam apartemen terhadap risiko kebakaran, pencurian, huru-hara, kerusakan pipa, pembersihan puing-puing, asuransi kecelakaan diri, dan tanggung jawab pihak ketiga.

Kemudian, yang terakhir adalah Asuransi Rumahku Alfamart dengan premi murah, mulai dari Rp20 ribu per 3 bulan dengan uang pertanggungan untuk kerusakan rumah hingga Rp10 juta dan santunan meninggal dunia sampai Rp5 juta. 

Premi asuransi Tokio Marine

Premi Tokio Marine berbeda-beda, tergantung kondisi objek yang dipertanggungkan dan hal yang memengaruhi risiko klaim. Misalnya saja untuk asuransi jiwa, premi ditentukan oleh besar uang pertanggungan dan kondisi kesehatan tertanggung.

Untuk asuransi kesehatan, premi ditentukan oleh usia dan kondisi kesehatan dan premi asuransi rumah ditentukan oleh kondisi dan lingkungan sekitar rumah. 

Sementara itu, premi asuransi mobil berlaku sesuai dengan ketentuan OJK. Namun untuk mempermudah, kamu bisa menghitungnya dengan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini:

Klaim asuransi Tokio Marine

Berikut adalah prosedur mengajukan klaim Tokio Marine:

Klaim cashless

Umumnya, metode klaim ini berlaku pada asuransi kesehatan, di mana nasabah gak perlu menalangi biaya perawatan medis dulu. Nasabah bisa langsung mendapat perawatan medis hanya dengan menunjukkan kartu anggota asuransi. Prosedurnya:

  • Segera menghubungi perusahaan asuransi. 
  • Datang ke rumah sakit rekanan Tokio Marine dengan membawa kartu asuransi.
  • Menunjukkan kartu asuransi ke pihak administrasi rumah sakit. 
  • Mengisi formulir klaim.
  • Tertanggung bisa langsung mendapatkan perawatan medis.

Klaim reimbursement

Klaim reimbursement biasanya berlaku pada asuransi kesehatan dan jenis asuransi lainnya. Prosedur klaimnya:

  • Segera melaporkan klaim ke perusahaan asuransi. 
  • Mendokumentasikan kerugian yang dialami.
  • Mempersiapkan dokumen persyaratan klaim seperti KTP, kartu asuransi, dan bukti-bukti kerugian.
  • Perusahaan asuransi akan memverifikasi dokumen yang dikirimkan nasabah.
  • Jika klaim diterima, sejumlah uang santunan akan dikirimkan ke rekening nasabah.

Bengkel rekanan Tokio Marine

Kamu bisa mengajukan klaim asuransi mobil Tokio Marine di bengkel rekanan berikut ini:

  • Sidoarjo: Surya Jaya Motor, Jl. Raya Brigjen Katamso No.19 Waru. Telp: (031) 8667142
  • Semarang: Tejo Motor, Jl. Fatmawati No.82 Pedurungan Kidul. Telp: (024) 67110001
  • Palembang: Tiara Persada, Jl. Bambang utoyo No.355. Telp: (0711) 8840800
  • Cibubur: Tidar Motor, Jl. Raya Alternatif Cibubur-Cikeas No.3 Gunung Putri. Telp: (021) 82490188
  • Medan: Speed Line, Jl. H Adam Malik No.66-68. Telp: (061) 66419333
  • Bandung: Srikandi Diamond Motor, Jl. Soekarno Hatta No.342. Telp: (022) 5403000
  • Jakarta Timur: Srikandi Diamond Motors, Jl. Raya Bekasi Km 25 Ujung Menteng, Cakung. Telp: (021) 4615252
  • Banjarmasin: Sriwijaya Inti Motor, Jl. A Yani Km.20 Banjarbaru. Telp: (0511) 6132933
  • Jakarta Selatan: SS Motor, Jl. RC Veteran No. 3A Bintaro. Telp: (021) 7340409
  • Balikpapan: Sumber 168 P, Jl. Mayjen DI Panjaitan (Kesejahteraan) RT 63 No.49. Telp: (0541) 280770
  • Malang: Top Mobil, Jl. Ahmad Yani No.92-94. Telp: (0341) 486799
  • Probolinggo: Top Mobil, Jl. Brantas No.248. Telp: (0335) 425399
  • Pontianak: Wiltra, Jl. M. Sohor No.47. Telp: (0561) 742588
  • Surabaya: Yu Speed, Jl. Raya Lontar No.30. Telp: (031) 7458574
  • Purwakarta: Zebe Tokorozawa Motor, Jl. Irigasi No.123 Ciseureuh. Telp: (0264) 8623571

Alamat kantor dan call center Asuransi Tokio Marine

Berikut ini adalah alamat kantor pusat Jakarta dan call center Tokio Marine:

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

Sentral Senayan I Lantai 3 & 4

Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta 10270

No. Telp: (021) 5725772

PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia

International Financial Centre Tower 2, Level 33A

Jalan Jenderal Sudirman Kav.22-23, Jakarta 12920

No. Telp: (021) 2953 0730

Faksimili: (021) 572 4010​ (khusus klaim)

Email: [email protected]

Punya pertanyaan lain seputar asuransi? Yuk tanyakan ke ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar Tokio Marine

Untuk mengajukan klaim asuransi mobil, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Segera dokumentasikan mobil yang rusak, lalu melaporkan kejadian klaim kepada Tokio Marine Indonesia.
  • Melengkapi dokumen yang diminta oleh perusahaan, seperti data diri, bukti kejadian klaim, dan dokumen pelengkap lainnya.
  • Perusahaan akan melakukan survei terkait dengan pengajuan klaim.
  • Untuk klaim mobil hilang, perusahaan akan mengirimkan sejumlah uang santunan ke rekening nasabah. Untuk klaim mobil rusak, bawa mobil ke bengkel rekanan Tokio Marine.

Produk Tokio Marine terdiri dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi kecelakaan, dan asuransi rumah.

Untuk mengecek polis asuransi, kamu bisa menghubungi call center perusahaan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →