Asuransi Tokopedia: Begini Kegunaan dan Cara Klaimnya

Asuransi Tokopedia

Asuransi Tokopedia adalah asuransi pengiriman barang yang disediakan oleh perusahaan berlogo hijau tersebut. Jadi, kalau membeli produk asuransi Tokopedia, kamu bakal diberikan opsi untuk mengasuransikan paket selama pengiriman. 

Layanan asuransi dar Tokopedia merupakan kerja sama Tokopedia dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Sehingga, keamanan barangmu menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi Tokio Marine melalui Tokopedia. 

Asuransi Tokopedia bakal menanggung kerusakan, kehilangan, dan kesalahan lain mulai dari proses pengiriman awal (shipment), pengembalian barang (return), hingga pengembalian kembali (reshipment). 

Sebagai informasi, kerja sama ini baru terjalin di tahun 2019. Sebelumnya, pengiriman barang di Tokopedia menggunakan jasa asuransi dari penyedia kurir masing-masing dan bisa dibilang sistem seperti itu kurang praktis. 

Sayangnya layanan asuransi pengiriman Tokopedia ini gak berlaku untuk produk makanan dan minuman, kecuali jika membeli dengan pengiriman same day.

Agar lebih jelas, berikut beberapa aturan dan cara untuk bisa menggunakan asuransi tokopedia. 

Maksud dan Fungsi Asuransi Tokopedia

Mungkin kamu masih berpikir, apa sih pentingnya asuransi pengiriman Tokopedia kayak gini? Sebenarnya jaminan ganti rugi ini berguna banget baik buat pihak penjual maupun pembeli. 

Bagi penjual, kehilangan dan kerusakan barang dalam perjalanan akan menjadi tanggung jawab penjual. Sementara bagi pembeli, proses pengajuan return atau barang hilang tentu bakal cukup rumit dan penerimaan barang juga jadi terhambat. 

Kalau pakai asuransi dari Tokopedia, pembeli hanya perlu mengeluarkan 0,4 persen saja dari total harga barang ditambah dengan ongkos kirim. Sementara, pertanggungannya mencapai Rp100 juta lho! Lumayan banget kan.

Ketentuan Asuransi Pengiriman Tokopedia

Supaya gak ada salah paham di kemudian hari, yuk simak beberapa poin ketentuan penggunaan asuransi dari Tokopedia di bawah ini.

  • Asuransi pengiriman gak lagi jadi tanggung jawab kurir ekspedisi masing-masing, tetapi sudah merupakan tanggung jawab Tokio Marine melalui Tokopedia.
  • Batas waktu pelaporan klaim awal jika pesanan terkendala, rusak, atau hilang adalah 7×24 jam, atau 3×24 jam jika kamu menggunakan kurir instan. Batas waktu tersebut dihitung sejak status pesanan sampai.
  • Asuransi pengiriman Tokopedia bakal mengganti harga barang, ongkos kirim, dan ongkos retur maksimal Rp100 juta. Sementara itu kalau kamu ingin retur barang, asuransi bakal nanggung ongkos kirim awal yang ada di invoice
  • Layanan ini gak bisa dipilih di kategori Makanan dan Minuman, kecuali kalau pengirimannya pakai Instant atau Sameday.
  • Pada kasus barang rusak, jika pengajuan klaim sudah disepakati dan barangnya bernilai di atas Rp1 juta, wajib memberikan barang ke Tokio Marine. Biayanya pengirimannya bakal ditanggung Tokopedia dengan sistem reimburse. Batas waktu pengirimannya 3×24 jam setelah pengajuan klaim disetujui.
  • Pembeli wajib melampirkan foto resi fisik ke Tokopedia untuk reimburse ongkos kirim.
  • Kalaupun kamu gak pakai jasa asuransi pengiriman Tokopedia dan barang kamu hilang/rusak, penjual bakal dapat penggantian dari Partner Logistik Tokopedia, sebesar 10 kali ongkos pengiriman dengan maksimal Rp1 juta.

Biaya Asuransi Pengiriman Tokopedia

Untuk mendapatkan perlindungan dari asuransi Tokopedia, pembeli hanya perlu membayar 0,4 persen dari total barang per invoice. Sementara itu, gak ada biaya kalau kamu beli di Official Store lho

Nilai tanggungan asuransi dari Tokopedia juga mencapai Rp100 juta. Jadi kamu gak perlu khawatir lagi kalau barangmu hilang atau rusak.  

Keuntungan Menggunakan Asuransi Tokopedia

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan apabila menggunakan layanan asuransi Tokopedia:

  1. Biaya asuransi cukup murah, yakni hanya 0,4 % dari total harga dan ongkos kirim barang yang kamu beli. 
  2. Pertanggungan yang diberikan PT Asuransi Tokio Marine mencapai Rp100 juta apabila barang yang kamu terima rusak, hilang, atau bahkan barang tidak kamu terima.
  3. Asuransi yang diberikan sudah termasuk dengan biaya retur gratis untuk proses pengiriman awal (shipment), pengembalian barang (return), hingga pengiriman kembali (re-shipment)

Jika seller gak mendaftarkan asuransi, maka barang yang hilang atau rusak akan menjadi tanggung jawab seller dan belum tentu barangmu akan dikembalikan secara utuh atau dana yang dikembalikan utuh.

Cara mendaftar asuransi sebagai mitra Tokopedia

Sebelum bisa bertransaksi dengan asuransi, mitra Tokopedia pertama-tama harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke laman Tambah Produk.
  • Cek bagian Berat & Pengiriman, lalu pilih opsi Ya pada bagian Asuransi Pengiriman.
  • Klik Simpan, dan opsi pembeli untuk memilih asuransi bakal tersedia ketika mau Checkout produkmu.
  • Jika ada yang membeli dengan asuransi, penjual wajib menempelkan label pengiriman Tokopedia sebagai bukti bahwa barang sudah diasuransikan.

Sementara itu, berikut langkah yang perlu dilakukan pembeli kalau ingin barangnya diasuransikan:

  • Pilih barang yang diinginkan, masukkan ke keranjang. Klik Beli.
  • Pada halaman Pengiriman, pilih kurir di Durasi Pengiriman, lalu di bagian bawahnya akan muncul pilihan Asuransi Pengiriman di bawahnya. Isi centangnya. 
  • Lanjutkan pembayaran dan pengiriman telah diasuransikan!

Cara mengajukan klaim asuransi Tokopedia

Kalau kamu sudah membeli asuransi pengiriman Tokopedia dan terdapat kendala dalam pengiriman, ada tiga jenis klaim yang bisa dipilih. Berikut ini ulasannya:

1. Barang hilang

Ini adalah langkah yang perlu kamu lakukan apabila kamu gak nerima paket setelah memesan barang.

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Tokopedia akan melakukan investigasi terhadap kurir yang mengirimkan barang (waktu sesuai dengan ketentuan masing-masing kurir).
  • Mengisi submit form.
  • Tokopedia bakal memverifikasi dokumen jika sudah valid dalam waktu maksimal 2 hari kerja.
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

2. Barang rusak

Ini adalah langkah yang perlu dilakukan jika kamu menerima barang dalam kondisi rusak. 

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Tokopedia akan melakukan investigasi terhadap kurir yang mengirimkan barang (waktu sesuai dengan ketentuan masing-masing kurir).
  • Mengisi submit form
  • Tokopedia bakal memverifikasi dokumen jika sudah valid dalam waktu maksimal 2 hari kerja.
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Mengisi submit form.
  • Klaim disetujui dalam maksimal 2×24 jam (harga barang minimal di atas Rp1 juta).
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

Namun, jika barang yang kamu beli memiliki nilai di atas Rp 1 juta dan berupa barang elektronik, maka kamu bisa mengembalikan barang tersebut ke alamat yang diberikan Tokopedia. Setelah itu, Tokopedia akan mengembalikan dana beserta dana ongkos kirim.

3. Free return

Ini adalah langkah yang perlu dilakukan kalau kamu ingin mengajukan pengembalian barang karena sebab tertentu.

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Mengisi submit form.
  • Mengembalikan barang ke penjual maksimal 2×24 jam.
  • Tokopedia bakal memverifikasi dokumen jika sudah valid dalam waktu maksimal 2 hari kerja.
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Mengisi submit form.
  • Mengembalikan barang ke penjual maksimal 2×24 jam.
  • Barang dikirimkan kembali ke pembeli. Maksimal 2×24 jam.
  • Tokopedia bakal memverifikasi dokumen jika sudah valid dalam waktu maksimal 2 hari kerja.
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

Waktu Investigasi Klaim Asuransi Tokopedia

Jika barang yang dibeli hilang, maka pihak Tokopedia akan meminta BAP Kehilangan dan BAP Kepolisian untuk transaksi lebih dari Rp5 juta. Setelah itu, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia akan melakukan proses investigasi yang memakan waktu 1×24 jam. 

Semtara untuk kendala pesanan belum diterima namun status pesanan “Delivered” adalah sebagai berikut: 

Ekspedisi Layanan
Next Day Reguler Instant Same Day
JNE 14×24 jam 14×24 jam
J&T 14×24 jam 14×24 jam
Wahana 7×24 jam 14×24 jam
TIKI 14×24 jam 14×24 jam
SiCepat 7×24 jam 7x24jam
Pos Indonesia 14×24 jam 14×24 jam
Gojek 3×24 jam 3×24 jam
Grab 3×24 jam 3×24 jam
Ninja Express 7×24 jam
REX 7×24 jam
AterAja 7×24 jam 7×24 jam
Lion Parcel 7×24 jam

Sementara jika pesanan belum diterima namun status pemesanan “Shipping” atau tidak ada perkembangan. Maka waktu investigasi yang dibutuhkan: 

Ekspedisi Layanan
Next Day Reguler Instant Same Day
JNE 3×24 jam 7×24 jam
J&T 7×24 jam 7×24 jam
Wahana 7×24 jam 7×24 jam
TIKI 3×24 jam 7×24 jam
SiCepat 7×24 jam 7x24jam
Pos Indonesia 3×24 jam 7×24 jam
Gojek 3×24 jam 3×24 jam
Grab 3×24 jam 3×24 jam
Ninja Express 7×24 jam
REX 7×24 jam
AterAja 7×24 jam 7×24 jam
Lion Parcel 7×24 jam

Pertanyaan Seputar Asuransi Tokopedia

Premi atau biaya asuransi pengiriman Tokopedia seragam yaitu 0,40% dari harga invoice pembelanjaan. Adapun uang pertanggungan yang diberikan hingga Rp100 juta per transaksi.

Pengiriman barang dengan Tokopedia sudah tidak lagi menggunakan asuransi dari ekspedisi dan sudah menjadi tanggung jawab PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Untuk itu, kamu gak perlu melakukan pembayaran lagi ke pihak asuransi ekspedisi. Untuk mengetahui apakah barangmu sudah mendapatkan asuransi atau belum, kamu bisa melihatnya melalui invoice pesanan barangmu.

Akan tertera nominal ‘biaya asuransi’ yang sudah dicoret menandakan bahwa kamu gak perlu membayar biaya asuransi ke ekspedisi lagi. Berikut contoh gambar bahwa barangmu sudah mendapat asuransi Tokopedia.

  1. Asuransi Tokopedia gak bisa digunakan jika penjual dan pembeli melakukan pengiriman dan pengembalian dengan resi yang terpisah untuk satu invoice.
  2. Asuransi pengiriman Tokopedia gak berlaku kalau pengiriman menggunakan jasa kurir same day yang dipesan secara pribadi dan gak tercatat pada sistem Tokopedia.
  3. Asuransi gak berlaku jika keterangan produk pada invoice gak sesuai dengan barang yang kamu beli. Misal kamu membeli gelas, tetapi keterangan produk yang ditulis adalah piring.
  4. Asuransi pengiriman Tokopedia juga gak berlaku untuk produk makanan, minuman, dan obat-obatan yang gak terdaftar dalam BPOM.

Risiko bakal selalu ada di manapun, apalagi saat berbelanja online. Barang yang kita beli bakal berpindah dari tangan ke tangan sehingga potensinya hilang atau rusak semakin tinggi. 

Karena itu, gak hanya punya asuransi kesehatan saja yang penting, tapi juga terlindungi asuransi pengiriman saat belanja di Tokopedia atau ecommerce lain buat mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi. Semoga informasi tadi bermanfaat ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →