Asuransi Tokopedia: Begini Kegunaan dan Cara Klaimnya

Tokopedia Salam (Shutterstock)

Asuransi Tokopedia adalah asuransi pengiriman barang yang disediakan oleh perusahaan berlogo hijau tersebut. Jadi, kalau membeli produk di sana, kamu bakal diberikan opsi untuk mengasuransikan paket selama pengiriman. 

Layanan asuransi ini merupakan kerja sama Tokopedia dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Sehingga, keamanan barangmu menjadi tanggung jawab Tokio Marine melalui Tokopedia. 

Asuransi Tokopedia bakal nanggung kerusakan, kehilangan, dan kesalahan lain mulai dari proses pengiriman awal (shipment), pengembalian barang (return), hingga pengembalian kembali (reshipment).

Sebagai informasi, kerja sama ini baru terjalin di tahun 2019. Sebelumnya, pengiriman barang di Tokopedia menggunakan jasa asuransi dari penyedia kurir masing-masing dan bisa dibilang sistem seperti itu kurang praktis. 

Maksud dan fungsi asuransi Tokopedia

Mungkin kamu masih berpikir, apa sih pentingnya asuransi pengiriman kayak gini? Sebenarnya jaminan ganti rugi ini berguna banget baik buat pihak penjual maupun pembeli. 

Bagi penjual, kehilangan dan kerusakan barang dalam perjalanan akan menjadi tanggung jawab penjual. Sementara bagi pembeli, proses pengajuan return atau barang hilang tentu bakal cukup rumit dan penerimaan barang juga jadi terhambat. 

Kalau pakai asuransi Tokopedia, pembeli hanya perlu mengeluarkan 0,4 persen saja dari total harga barang ditambah dengan ongkos kirim. Sementara, pertanggungannya mencapai Rp100 juta lho! Lumayan banget kan.

Cara mendaftar asuransi sebagai mitra Tokopedia

Sebelum bisa bertransaksi dengan asuransi, mitra Tokopedia pertama-tama harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke laman Tambah Produk.
  • Cek bagian Berat & Pengiriman, lalu pilih opsi Ya pada bagian Asuransi Pengiriman.
  • Klik Simpan, dan opsi pembeli untuk memilih asuransi bakal tersedia ketika mau Checkout produkmu.
  • Jika ada yang membeli dengan asuransi, penjual wajib menempelkan label pengiriman Tokopedia sebagai bukti bahwa barang sudah diasuransikan.

Sementara itu, berikut langkah yang perlu dilakukan pembeli kalau ingin barangnya diasuransikan:

  • Pilih barang yang diinginkan, masukkan ke keranjang. Klik Beli.
  • Pada halaman Pengiriman, pilih kurir di Durasi Pengiriman, lalu di bagian bawahnya akan muncul pilihan Asuransi Pengiriman di bawahnya. Isi centangnya. 
  • Lanjutkan pembayaran dan pengiriman telah diasuransikan!

Cara mengajukan klaim asuransi Tokopedia

Pilihan asuransi kesehatan di WE+ (Shutterstock).

Kalau kamu sudah membeli asuransi dan terdapat kendala dalam pengiriman, ada tiga jenis klaim yang bisa dipilih. Berikut ulasannya.

Barang hilang

Ini adalah langkah yang perlu kamu lakukan apabila kamu gak nerima paket setelah memesan barang.

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Tokopedia akan melakukan investigasi terhadap kurir yang mengirimkan barang (waktu sesuai dengan ketentuan masing-masing kurir).
  • Mengisi submit form.
  • Tokopedia bakal memverifikasi dokumen jika sudah valid dalam waktu maksimal 2 hari kerja.
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

Barang rusak

Ini adalah langkah yang perlu dilakukan jika kamu menerima barang dalam kondisi rusak. 

Di kurir

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Tokopedia akan melakukan investigasi terhadap kurir yang mengirimkan barang (waktu sesuai dengan ketentuan masing-masing kurir).
  • Mengisi submit form
  • Tokopedia bakal memverifikasi dokumen jika sudah valid dalam waktu maksimal 2 hari kerja.
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

Di buyer

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Mengisi submit form.
  • Klaim disetujui dalam maksimal 2×24 jam (harga barang minimal di atas Rp1 juta).
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

Free return

Ini adalah langkah yang perlu dilakukan kalau kamu ingin mengajukan pengembalian barang karena sebab tertentu.

Refund

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam..
  • Mengisi submit form.
  • Mengembalikan barang ke penjual maksimal 2×24 jam.
  • Tokopedia bakal memverifikasi dokumen jika sudah valid dalam waktu maksimal 2 hari kerja.
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

Tukar

  • Mengajukan komplain ke Tokopedia lewat fitur Pusat Resolusi, Layanan Pengguna, atau sosial media. Kamu akan direspon dalam 2×24 jam.
  • Mengisi submit form.
  • Mengembalikan barang ke penjual maksimal 2×24 jam.
  • Barang dikirimkan kembali ke pembeli. Maksimal 2×24 jam.
  • Tokopedia bakal memverifikasi dokumen jika sudah valid dalam waktu maksimal 2 hari kerja.
  • Uang pembeli akan dikirimkan ke Saldo Tokopedia (maksimal 3×24 jam) atau rekening (maksimal 14 hari).

Biaya Asuransi Tokopedia

Untuk mendapatkan perlindungan dari asuransi Tokopedia, pembeli hanya perlu membayar 0,4 persen dari total barang per invoice. Sementara itu, gak ada biaya kalau kamu beli di Official Store lho!

Ketentuan Asuransi Tokopedia

Belanja Online

Supaya gak ada salah paham di kemudian hari, yuk simak beberapa poin ketentuan penggunaan asuransi Tokopedia di bawah ini.

  • Asuransi pengiriman gak lagi jadi tanggung jawab kurir ekspedisi masing-masing, tetapi sudah merupakan tanggung jawab Tokio Marine melalui Tokopedia.
  • Batas waktu pelaporan klaim awal jika pesanan terkendala, rusak, atau hilang adalah 7×24 jam, atau 3×24 jam jika kamu menggunakan kurir instan. Batas waktu tersebut dihitung sejak status pesanan sampai.
  • Asuransi bakal mengganti harga barang, ongkos kirim, dan ongkos retur maksimal Rp100 juta. Sementara itu kalau kamu ingin retur barang, asuransi bakal nanggung ongkos kirim awal yang ada di invoice. 
  • Layanan ini gak bisa dipilih di kategori Makanan dan Minuman, kecuali kalau pengirimannya pakai Instant atau Sameday.
  • Pada kasus barang rusak, jika pengajuan klaim sudah disepakati dan barangnya bernilai di atas Rp1 juta, wajib memberikan barang ke Tokio Marine. Biayanya pengirimannya bakal ditanggung Tokopedia dengan sistem reimburse. Batas waktu pengirimannya 3×24 jam setelah pengajuan klaim disetujui.
  • Pembeli wajib melampirkan foto resi fisik ke Tokopedia untuk reimburse ongkos kirim.
  • Kalaupun kamu gak pakai jasa asuransi pengiriman dan barang kamu hilang/rusak, penjual bakal dapat penggantian dari Partner Logistik Tokopedia, sebesar 10 kali ongkos pengiriman dengan maksimal Rp1 juta.

Risiko bakal selalu ada di manapun, apalagi saat berbelanja online. Barang yang kita beli bakal berpindah dari tangan ke tangan sehingga potensinya hilang atau rusak semakin tinggi. Oleh sebab itu, penting banget buat pakai asuransi pas belanja di Tokopedia atau ecommerce lain buat mengantisipasi hal itu. Semoga informasi tadi bermanfaat ya!