Asuransi Total Bersama: Profil Singkat dan Ulasan Produk

Asuransi

Awal tahun 2019 ini, ada satu lagi perusahaan yang berdiri di Indonesia, Asuransi Total Bersama, atau lebih dikenal dengan tob insurance. 

Perusahaan yang bergerak pada asuransi umum ini memfokuskan diri pada perlindungan aset dari kerugian yang terjadi karena kejadian tidak.terduga, seperti kebakaran, kecelakaan, perjalanan, pengangkutan, asuransi keuangan, dan hingga alat berat. 

Mengenal TOB Insurance 

TOB Insurance

Asuransi Total Bersama adalah perusahaan asuransi umum yang resmi berdiri pada September 2018 dan mulai beroperasi pada pertengahan Januari 2019. 

Perusahaan ini didirikan oleh  dua orang pengusaha besar, yaitu Theodore Permadi Rachmat dan Anton Setiawan melalui PT Ananta Andal Prima. 

Perusahaan asuransi tob insurance didukung oleh banyak rekanan dan pihak-pihak beragam yang ahli di bidangnya masing-masing. Misi utamanya adalah memberikan perlindungan keuangan dan ketenangan pikiran bagi setiap nasabahnya dengan memanfaatkan produk dan layanan yang inovatif dan berkualitas. 

Prinsip di atas ternyata tidak hanya berupa isapan jempol belaka. Di bulan Juli lalu, perusahaan ini telah mengumpulkan premi sebesar Rp70 miliar, hampir separuh dari target capaian Rp150 miliar di tahun ini. 

Saat ini, tob insurance didukung oleh 18 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Produk yang Ditawarkan tob insurance  

produk insurance

Dengan moto “Sahabat Baru Asuransi Keluarga di Indonesia”, tob insurance menawarkan beberapa produk asuransi umum, di antaranya:

1. Asuransi kendaraan bermotor

Produk ini khusus menyediakan perlindungan atas kendaraan bermotor kita, seperti mobil, truk, bahkan sepeda motor. 

Ada dua macam asuransi kendaraan bermotor yang ditawarkan, yaitu asuransi Comprehensive (all risk) dan Total Loss Only (TLO). Asuransi tob insurance menawarkan penggantian atas kehilangan atau  kerusakan pada kendaraan. Kerusakan yang ditanggung berskala sama atau lebih dari 75 persen dari nilai aktual kendaraan saat kejadian. 

Jenis kerusakan atau kehilangan yang dilindungi adalah tertimpa, terbentur, terbalik, terbakar, tergelincir atau jatuh, tindak kejahatan seperti perusakan, pencurian, dan perampokan, termasuk juga kerusakan yang terjadi saat kendaraan bermotor kita berada di atas kapal feri resmi untuk tujuan penyeberangan. 

2. Asuransi kebakaran dan harta benda

Asuransi ini menawarkan perlindungan atas kebakaran dan kerusakan aset yang disebabkan oleh kebakaran, kerusuhan, pemogokan, kejahatan, huru-hara, banjir, dan bencana alam lainnya sesuai ketentuan di dalam polis. 

Ada tiga jenis asuransi yang ditawarkan, yaitu asuransi properti/industrial all risk, asuransi kebakaran, dan asuransi gempa bumi. 

3. Asuransi pengangkutan

Produk yang ini cocok bagi kita yang berbisnis di bidang pengangkutan. Dalam hal ini, kita bisa mengandalkan Asuransi Total Bersama untuk mengasuransikan produk kiriman atau pesanan pelanggan kita.

Asuransi pengangkutan yang tob insurance tawarkan melindungi kerugian akibat kehilangan dan kerusakan barang baik secara sengaja ataupun tidak. 

Ada beberapa jenis asuransi pengangkutan yang tob insurance tawarkan, antara lain: 

  • Institute Cargo Clause “C” (ICC C); Asuransi untuk melindungi kargo dari risiko kehilangan dan kerusakan karena kecelakaan pengangkutan.
  • Institute Cargo Clause “B” (ICC B); sama seperti ICC C hanya saja dengan tambahan perlindungan dari risiko terjadinya gempa bumi, letusan gunung berapi, sambaran petir, kargo terlempar dari kapal, dan kerusakan lain selama pengangkutan di atas kapal.
  • Institute Cargo Clause “A”(ICC A); perlindungan paling komprehensif sesuai dengan ketentuan dalam polis. 

4. Asuransi kecelakaan diri

Produk asuransi ini bertujuan memberikan dukungan keuangan pada keluarga jika nasabah mengalami cedera pada tubuh, membutuhkan biaya pengobatan karena kecelakaan, cacat karena kecelakaan, dan meninggal dunia. 

5. Produk asuransi lainnya yang terdiri atas asuransi keuangan, asuransi perjalanan, dan asuransi alat berat.

Menilai Kelayakan Asuransi Total Bersama dalam Melindungi Aset Kita

Asuransi total

Meskipun banyak perlindungan yang menarik dan bermanfaat yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi Total Bersama, namun apakah perusahaan ini termasuk layak dan dapat dipercaya? 

Nama besar kedua pendiri, yaitu TP Rachmat dan Anton Setiawan, bisa menjadi jaminan bahwa perusahaan asuransi ini dapat dipercaya. Terlebih, perusahaan ini sanggup mengumpulkan premi mencapai puluhan miliar hanya dalam waktu beberapa bulan saja. 

Meski begitu, kita pun perlu mengetahui kelayakan sebuah perusahaan asuransi di Indonesia, apalagi jika kita berniat menjaminkan bisnis kita. Dalam hal ini, ada tiga hal penting yang perlu dimiliki oleh perusahaan asuransi.

1. Memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ada banyak syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan asuransi sebelum mendapat izin dari OJK. 

Di antaranya adalah memenuhi anggaran dasar, memiliki struktur organisasi yang jelas, memiliki dana jaminan 100 persen, memenuhi kelayakan dan kepatutan pemegang saham dan pengendali, dan masih banyak lagi. 

Dengan adanya izin dari OJK, secara tidak langsung nasabah telah terlindungi oleh kekuatan hukum jika perusahaan mengalami gagal bayar. 

2. Kekuatan keuangan

Faktor yang satu ini tentu penting sekali untuk diperhatikan karena bisa menjadi tolok ukur, apakah perusahaan mampu membayar klaim yang kita ajukan. 

Cara paling mudah adalah melihat neraca keuangan atau laporan keuangannya. Namun, jika perusahaan tersebut adalah perusahaan baru, maka kita bisa melihat dari investasi yang ditanamkan pada perusahaan tersebut. 

3. Kualitas pelayanan

Pelayanan tentu penting bagi sebuah perusahaan jasa, tidak terkecuali asuransi. Kita dapat menilai kelayakan perusahaan dari saat kita mencari informasi tentang produk yang mereka tawarkan, kecepatan menerbitkan polis, dan bagaimana para agen perusahaan tersebut memberikan solusi yang tepat untuk calon nasabahnya. 

Demikian ulasan perusahaan Asuransi Total Bersama atau tob insurance. Semoga bermanfaat bagi kita yang sedang mencari-cari produk asuransi yang tepat untuk bisnis kita.
Untuk mendapatkan ulasan-ulasan bermanfaat terkait berbagai profil perusahaan asuransi terbaik di Indonesia beserta produk-produk unggulan mereka, jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →