Asuransi Uang: Manfaat dan Jenis-Jenisnya

asuransi uang

Uang adalah benda berharga dan menjadi alat transaksi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ternyata untuk melindungi uang, ada produk asuransinya juga, lho!

Produk ini memang kurang familer jika dibandingkan dengan jenis asuransi lain karena perusahaan asuransi tertentu mengkhususkan produk ini untuk lembaga keuangan, seperti bank. Meski begitu, tiap perorangan bisa memanfaatkannya juga dengan mengikuti ketentuan-ketentuan di dalam polis asuransi.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian asuransi uang dan jenis-jenisnya. Simak, yuk!

Apa Itu Asuransi Uang?

Asuransi uang adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan untuk uang tunai atau alat tukar lain yang senilai dengan uang atas berbagai risiko selama penyimpanan maupun saat dalam proses pengiriman. Alat tukar lain senilai dengan uang yang dimaksud meliputi:

Jenis-jenis Asuransi Uang

jenis asuransi uang

Terdapat beberapa jenis asuransi uang yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Umumnya jenis pertanggungan yang ditawarkan, yaitu:

1. Cash in Save

Asuransi ini menjamin uang atau harta benda lain yang disamakan dengan uang, seperti cek, wesel, dan lainnya, yang disimpan dalam safe atau strong room atas risiko pencurian, perampokan, usaha pencurian atau perampokan setelah pencuri atau perampok masuk dengan cara paksa dan kekerasan ke dalam lokasi, di mana safe atau strong room tersebut dijamin di dalam polis asuransi. 

Jaminan dapat juga meliputi kerugian atau kerusakan safe atau strong room milik tertanggung sebagai akibat dari pencurian dan perampokan atau usaha pencurian dan perampokan. Periode penjaminan adalah 24 jam dan polis asuransi diterbitkan untuk suatu jangka waktu tertentu, umumnya satu tahun. 

2. Cash in Transit

Produk asuransi ini memberikan jaminan kerugian kepada tertanggung atas pengiriman uang yang timbul akibat kehilangan, pencurian, perampokan, pembongkaran, penggelapan, atau tindakan sejenis yang dilakukan oleh bukan tertanggung atau orang yang dikuasakan untuk mengelola uang tersebut. 

Risiko yang dijamin meliputi kerugian keuangan yang terjadi selama dalam pengiriman yang disebabkan karena perampokan, penodongan, pencurian, perampasan, akibat alat angkut mengalami musibah, dan risiko lainnya yang dijamin dalam polis. Produk ini memiliki periode penjaminan sampai uang tersebut diterima oleh penerima atau tiba di tempat tujuan.

3. Cash in Cashier Box

Produk asuransi ini memberikan jaminan kerugian kepada tertanggung atas penyimpanan uang yang berada di boks kasir (petty cash) yang timbul akibat kehilangan, pencurian, perampokan, pembongkaran, penodongan, dan tindakan sejenis lainnya yang dilakukan oleh bukan tertanggung atau orang yang dikuasakan mengelola uang tersebut.

Prinsip jenis asuransi ini sama dengan Cash in Safe, hanya berbeda tempat penyimpanan dan masa berlaku polis dan penghitungan jumlah rata-rata harian uang yang ada di kasir tidak termasuk hari libur resmi, sementara Cash in Safe termasuk hari libur.

4. Cash in ATM

Cash in ATM memberikan jaminan ganti rugi atas kerugian dan kehilangan uang yang disimpan di dalam mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Pengecualian di Dalam Polis Asuransi Uang

Tidak semua risiko dijamin oleh asuransi uang. Penanggung atau perusahaan yang menyediakan asuransi uang tidak diwajibkan mengganti kehilangan dan/atau kerugian yang diakibatkan oleh:

Perampokan atau pencurian oleh pegawai dari tertanggung, kecuali dilakukan dalam pengiriman.

  • Kerugian yang terjadi karena peristiwa perang, penyerbuan, huru-hara, dan sebagainya.
  • Termasuk di dalamnya yang ditimbulkan melalui kurir atau pengiriman pos.
  • Berkurangnya uang karena kesalahan penulisan bukti pembayaran atau penghitungan pembayaran tertentu.
  • Kerugian yang timbul di luar batas area (apabila ada) sebagaimana disebutkan dalam polis.

Selain poin-poin di atas, konsultasikan juga kepada agen atau perusahaan asuransi terkait terkait pengecualian-pengecualian lainnya yang mungkin kita tidak pahami secara mendetail.

Apa yang harus Diperhatikan dalam Membeli Asuransi Uang?

memilih asuransi uang

Perusahaan yang menawarkan produk asuransi uang cukup beragam. Sebelum membeli produk ini, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut.

  • Surat penawaran dari perusahaan.
  • Pastikan membelinya dari agen asuransi resmi yang bersertifikat.
  • Adanya Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA). Pastikan bahwa data-data di dalamnya sesuai kondisi sebenarnya.
  • Membaca kontrak/polis secara saksama. Jika ada poin-poin di dalam polis asuransi yang membingungkan, jangan ragu untuk menanyakannya kepada agen atau perusahaan asuransi terkait.
  • Jika ternyata ditemukan kesalahan atau hal-hal lainnya yang dinilai tidak sesuai dengan ketentuan atau kebutuhan, kita bisa meminta perubahan di dalam polis asuransi.

Apabila ditemui kondisi yang berbeda dari yang dibandingkan dengan perkiraan awal atau yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, maka pemegang polis dapat meminta klarifikasi dari perusahaan baik melalui agen asuransi maupun langsung kepada perusahaan untuk proses perdamaian atau musyawarah antarpihak.

Selain itu, bisa juga mengadukan ke Badan Mediasi Asuransi Indonesia untuk nilai klaim yang bermasalah hingga Rp750 juta. Jika masih belum menemukan titik temu dapat memilih penyelesaian sengketa melalui arbitrase atau penyelesaian sengketa melalui pengadilan

Bagaimana, sekarang sudah mulai paham dengan asuransi uang? Lifepal sebagai marketplace produk asuransi memiliki berbagai referensi kepada produk-produk asuransi yang bermanfaat untuk perorangan maupun institusi. Yuk, kita kunjungi Lifepal sekarang!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →