Asuransi Umum Mega, Ini Ulasan Proteksi dan Keunggulannya

Wanita memberi tahu

Siapa yang tidak mengenal Bank Mega? Perusahaan ini merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia. Bank Mega juga memiliki sister company yang bergerak di beberapa bidang. Salah satunya adalah asuransi yang dikenal dengan nama Mega Insurance atau Asuransi Umum Mega.

Mega Insurance adalah perusahaan asuransi yang bergerak di bidang asuransi umum. Sebelumnya, perusahaan ini berdiri dengan nama PT Asuransi Republik yang didirikan pada tahun 2004. Produk-produk asuransi yang dihadirkan oleh Mega terbilang beragam, yaitu:

  • Asuransi perjalanan.
  • Asuransi kesehatan.
  • Asuransi kebakaran.
  • Asuransi kendaraan.

Perusahaan Asuransi Umum Mega telah memberikan inovasi produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pada tahun 2007, perusahaan ini telah meluncurkan unit asuransi syariah yang diresmikan melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. KEP-095/KM.10/2007.

Kualitas produk Asuransi Umum Mega tentu tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang diterima selama tahun 2007 hingga 2018 dari Majalah Infobank, Majalah Media Asuransi, dan Majalah Investor.

Yuk, simak keunggulan dan ulasan produk Asuransi Umum Mega!

Mengenal Produk Asuransi Umum Mega

Produk Asuransi Umum Mega

Ada empat produk Asuransi Umum Mega yang Anda bisa pilih.

1. Mega Travel Care

Allianz Travel Insurance New Travel Pro

Ke manapun Anda berlibur, pastikan setiap perjalanan terlindungi oleh Mega Travel Care. Produk ini menyediakan perlindungan perjalanan domestik dan Internasional dengan pilihan paket yang variatif.

Baik asuransi perjalanan domestik dan internasional, ada empat manfaat yang ditawarkan, yaitu:

  • Kecelakaan Diri
  • Pengobatan dan Perawatan Medis
  • Ketidaknyamanan Selama Perjalanan
  • Perluasan Jaminan

Namun, penawaran asuransi perjalanan domestik dan Internasional memiliki jumlah pertanggungan yang berbeda-beda.

Asuransi perjalanan domestik

Rincian manfaat yang diberikan dari produk ini meliputi risiko kehilangan bagasi dan harta benda, kehilangan deposit dan pembatalan perjalanan, evakuasi medis dan pengambilan jenazah (repatriasi), hingga pembajakan pesawat udara.

Tersedia paket asuransi yang diberi nama Garuda dengan kriteria peserta adalah mulai dari usia 45 hari sampai 70 tahun. Dengan premi mulai dari Rp 19ribu untuk perjalanan selama satu sampai tiga hari, Anda sudah bisa mendapatkan pertanggungan mulai dari Rp5 juta sampai Rp100 juta.

Asuransi perjalanan internasional

Keunggulan asuransi perjalanan Internasional dari Mega ini adalah perlindungan yang lebih lengkap. Salah satunya adalah Golf Equipment Benefit (kehilangan atau kerusakan peralatan golf), kehilangan dokumen perjalanan dan kehilangan uang, biaya perjalanan darurat, hingga santunan tunai meninggal dan cedera akibat kecelakaan.

Produk ini dibagi menjadi tiga macam plan yang berbeda, yaitu Platinum, Gold, dan Asian Extra. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah yang akan diterima, mulai dari USD25 ribu hingga USD100 ribu.

Khusus plan Asian Extra, negara yang di-cover meliputi beberapa negara Asia. negara tersebut terdiri dari Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja, Laos, Tiongkok, Brunei Darussalam, Myanmar, Malaysia, Taiwan, Makau, Timor Timur, Jepang, dan Korea Selatan.

Pembayaran premi asuransi ini hanya menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat, yaitu mulai dari US$5untuk individu dan US$ 12 untuk keluarga. Dengan syarat usia adalah anak-anak (usia 45 hari sampai 18 tahun) dan dewasa (usia maksimal 70 tahun). Namun, untuk lansia usia 71 sampai 80 tahun terdapat tambahan premi sebesar 25 persen.

2. Mega International Health Care

Biaya Asuransi Prudential PRUPrime Healthcare

Sesuai dengan namanya, produk asuransi kesehatan ini memberikan perlindungan rawat inap di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat. Manfaat-manfaat yang diberikan mencakup:

  • Evakuasi Medis dan Repatriasi.
  • Rawat jalan (tersebar lebih dari 3.000 klinik di seluruh Asia).
  • Perlindungan menyeluruh (kelahiran, gigi, mata, kecelakaan, dan kecelakaan).
  • Penyakit kritis (sudah termasuk kemoterapi, transplantasi organ tubuh, hingga kanker).
  • Deductible (cost-share) mulai US$1.500 hingga US$5.000 per tahun.

Dari seluruh manfaat yang diberikan, Anda cukup memilih jenis perlindungan apa saja yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, Anda tidak perlu takut tekor membayarkan premi untuk manfaat yang tidak Anda butuhkan.

Perlu diperhatikan bahwa produk Mega International Health Care dihitung mengikuti mata uang dolar Amerika Serikat. Preminya sendiri mulai dari US$3 per hari.

3. Mega Rumah

Produk Asuransi Umum Mega, Mega Rumah

Rumah yang nyaman tentu aman terlindungi dari segala risiko, apalagi bersama Mega Rumah. Tidak hanya bangunan, produk ini juga melindungi seluruh isi perabotan rumah dan perluasan jaminan lainnya. Produk asuransi rumah atau bangunan ini menjamin segala bentuk kerugian yang terdiri dari:

  • FLEXAS: Kebakaran, Petir, Ledakan, Kejatuhan Pesawat Terbang, dan Asap.
  • Kebongkaran: disertai bukti tanda paksa masuk atau keluar.
  • RSMD: Kerusuhan, Pemogokan, Perbuatan Jahat oleh Orang Lain.
  • CC: Huru hara.
  • EQVET: Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, dan Tsunami.
  • TSFWD: Angin Topan, Badai, Banjir, dan Kerugian Akibat Air.

Ada pula fasilitas perluasan jaminan berupa kecelakaan diri, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dan biaya sewa atau akomodasi sementara akibat bencana. Khusus perlindungan kecelakaan diri, maksimal jumlah pertanggungan hingga lima orang.

Untuk mendapatkan manfaat perlindungan ini, ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi. Syarat tersebut terdiri dari:

  • Tidak mengalami kerusakan apapun selama lima tahun.
  • Hanya menerima rumah di kawasan pemukiman dan tidak menerima di dekat kawasan pasar tradisional.
  • Hanya menerima rumah dengan bahan bangunan yang tidak mudah terbakar.

Uang pertanggungan yang ditawarkan oleh produk asuransi ini maksimal Rp5 miliar dengan masa perlindungan satu tahun.

4. Mega Kendaraan

Contoh Asuransi Kendaraan

Mega Kendaraan adalah produk asuransi kendaraan yang juga memberikan perlindungan terhadap pengemudi dan penumpangnya (syarat dan ketentuan berlaku). Produk asuransi ini memberikan perlindungan dengan dua kategori jaminan berikut.

Total Loss Only (TLO)

Pertanggungan apabila terjadi risiko kerugian mulai dari 75 persen. Maksimum usia kendaraan lima tahun hingga akhir masa asuransi TLO.

Comprehensive

Asuransi Comprehensive atau All Risk adalah perlindungan menyeluruh baik kerugian dalam skala kecil maupun skala besar. Maksimal usia kendaraan 10 tahun hingga akhir masa pertanggungan.

Produk ini hanya menerima kendaraan pribadi dan dinas nonkomersil.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Umum Mega

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Umum Mega

Dari uraian produk asuransi yang ditawarkan Asuransi Umum Mega di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Salah satu keunggulan dari Mega Insurance adalah adanya produk Mega International Health Care yang memberikan pertanggungan perawatan di rumah sakit internasional di hampir seluruh dunia. Untuk memperoleh manfaat tersebut pun tergolong terjangkau, sebab preminya hanya US$3 saja per hari.

Sayangnya, untuk asuransi rumah dari Mega, produk asuransi tersebut terbilang terbatas. Karena rumah yang bisa diasuransikan hanyalah rumah yang berada di kawasan pemukiman yang tidak dekat dengan pasar tradisional.

Dengan kelebihan dan kekurangan ini, kini Anda sudah bisa pertimbangkan asuransi mana yang cocok untuk Anda dari rangkaian produk asuransi Mega tersebut.

Jika masih butuh ulasan yang lebih lengkap lagi terkait profil dan produk terbaik dari Asuransi Mega, kunjungi Lifepal sekarang juga, yuk!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →