Daftar Asuransi yang Bagus untuk Keluarga 2020 (Terlengkap)

keluarga harmonis

Asuransi yang bagus untuk keluarga adalah produk yang bisa memberikan pertanggungan lengkap untuk semua anggota keluarga. Jika memungkinkan, biaya premi terjangkau dibandingkan dengan membeli produk asuransi individu.

Lantas apa saja produk asuransi yang bagus untuk keluarga? Artikel ini akan membahas sejumlah produk asuransi di Indonesia yang cukup populer di pasaran. Informasi yang disampaikan bisa menjadi referensi kamu untuk memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keluarga.

Allianz

Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi dan manajer aset terbesar di dunia. Produk yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari asuransi individu dan perusahaan, asuransi properti, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, sampai bantuan asuransi kredit.

Untuk asuransi jiwa, Allianz menawarkan sejumlah produk seperti SmartLink Flexi Account Plus, SmartLink New Flexi Account, dan SmartLink Maxi Fund Plus. Masing-masing produk punya keunggulannya.

Kemudian ada asuransi kesehatan. Allianz menawarkan Smart Health, Smart Protection, dan Allisya Care. Masing-masing produk memiliki besaran premi yang beragam, namun rata-rata premi yang harus dibayarkan di kisaran Rp 11 juta – Rp 12 juta per tahun untuk mendapatkan pertanggungan rawat inap.  Mari kita bedah satu persatu.

1. Allianz Smart Health

Keunggulan produk ini adalah adanya layanan rawat inap dan melahirkan. Serta layanan pencegahan kehamilan, seperti Keluarga Berencana (KB) dan kontrol kehamilan.

Manfaat yang didapat:

  • Penggantian yang maksimal dengan sistem As charged (kecuali untuk manfaat kelas kamar berdasarkan Plan yang pilih perusahaan)
  • Penghapusan masa tunggu untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya (Pre Existing Condition) untuk minimum peserta 100 orang (terdiri dari karyawan & keluarganya)
  • Perlindungan perawatan kesehatan hingga maksimum 70 tahun
  • Premi dihitung berdasarkan usia rata-rata peserta dewasa
  • Memberikan kemudahan bagi karyawan dengan sistem klaim Cashless di Rumah Sakit rekanan Allianz.
  • Tersedia fasilitas Profit Sharing bagi perusahaan dengan ketentuan yang berlaku.
  • 2. Allianz Smart Protection

    Produk ini adalah asuransi jiwa kumpulan, bersama Group Life Insurance. Perlindungannya 24 jam, baik pada saat jam kerja atau di luar jam kerja. Jumlah uang pertanggungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan maupun karyawan.

    Opsi asuransi tambahan bisa diambil, meliputi tambahan fasilitas santunan kematian dan cacat akibat kecelakaan, santunan cacat total dan tetap, sampai penggantian biaya medis (medical reimbursement).

    3. Allisya Care

    Bagi yang ingin produk asuransi kesehatan dengan pengelolaan sesuai syariat Islam, maka Allisya Care adalah solusinya. Produk ini adalah satu satu unggulan asuransi kesehatan syariah di Indonesia.

    AlliSya Care merupakan produk asuransi kesehatan dari Allianz yang dikelola secara syariah di mana peserta saling tolong-menolong dengan peserta lainnya melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan.

    AlliSya Care dapat digunakan sebagai asuransi kesehatan perorangan atau keluarga dengan berbagai pilihan Plan yang mengerti kebutuhan setiap pemegang polis.

    Sebagai asuransi kesehatan, AlliSya Care menyediakan Manfaat Rawat Inap dan memberikan penggantian biaya perawatan bila pemegang polis atau keluarga sakit serta menyediakan berbagai Manfaat Pilihan seperti Persalinan, Rawat Jalan, Rawat Gigi, dan Santunan Harian.

    Keunggulan dari Allisya Care, antara lain:

  • Asuransi Allisya Care dikelola secara syariah di mana para peserta saling tolong-menolong dengan peserta lainnya melalui premi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan.
  • Fasilitas medis dengan kemudahan Cashless (pembayaran non-tunai) di rumah sakit jaringan perusahaan Allianz-Admedika di Indonesia.
  • Menyediakan manfaat Rawat Inap disertai Manfaat Pilihan yaitu Rawat Jalan, Rawat Gigi, Persalinan, dan Santunan Harian bagi pemegang polis asuransi Allisya Care.
  • Fasilitas eAZy Claim dan Reimbursement untuk rumah sakit di luar jaringan perusahaan Allianz-Admedika.
  • Pembagian Surplus Underwriting (diambil dari dana tabarru yang terkumpul dan dibagikan kepada Peserta) yang tersedia bagi pemegang polis bila tidak terjadi klaim dan melakukan perpanjangan polis.
  • Potongan kontribusi 5% apabila pemegang polis mengikutsertakan anggota keluarga.
  • Tersedia manfaat tambahan seperti evakuasi medis darurat, biaya pemulihan kesehatan, serta bantuan informasi medis 24 jam di seluruh dunia bagi pemegang polis asuransi Allisya Care.
  • 4. Allianz Smartmed Premier

    Produk asuransi ini bisa ditujukan untuk individu atau keluarga. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan untuk satu keluarga sekaligus. Sebagai asuransi kesehatan individu dan keluarga, SmartMed Premier menjangkau wilayah di seluruh dunia serta memberikan proteksi secara komprehensif saat Anda atau keluarga sakit.

    Asuransi kesehatan SmartMed Premier menyediakan Manfaat Dasar Rawat Inap dan Manfaat Tambahan seperti Persalinan, Rawat Jalan, dan Rawat Gigi serta memiliki manfaat spesial yaitu penggantian biaya Kemoterapi, Hemodialisis, HIV/AIDS, biaya pemakaman dan evakuasi darurat serta pemulangan jenazah.

    5. Allianz SmartHealth Maxi Violet

    Produk ini juga memberikan perlindungan untuk satu keluarga sekaligus. Fasilitas pertanggungan yang diberikan termasuk rawat inap, serta manfaat tambahan seperti rawat jalan, rawat gigi, dan persalinan.

    Keunggulan dari produk ini antara lain:

  • SmartHealth Maxi Violet menyediakan berbagai fasilitas medis dengan kemudahan Cashless (pembayaran non-tunai) di rumah sakit jaringan perusahaan Allianz-Admedika di Indonesia.
  • SmartHealth Maxi Violet juga menyediakan Plan yang bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemegang polis  beserta keluarga.
  • Pemegang polis mendapatkan Manfaat Rawat Inap disertai Manfaat Pilihan berupa Rawat Jalan, Persalinan, Rawat Gigi dan Manfaat Tambahan Pilihan berupa Santunan Harian untuk tambahan biaya rawat inap
  • Pilihan sistem pembayaran klaim Reimbursement dan eAZy Claim bila perawatan dilakukan di luar Jaringan perusahaan asuransi Allianz.
  • No Claim Bonus jika tidak ada catatan klaim selama 1 tahun polis dan pemegang polis melakukan perpanjangan polis, maka polis perpanjangan akan mendapatkan diskon bonus yang dihitung dari premi polis tahun lalu. Diskon ini berlaku untuk premi per Tertanggung.
  • Diskon premi 5% apabila pemegang polis juga mengikutsertakan anggota keluarga
  • Dalam SmartHealth Maxi Violet, tidak ada batasan tahunan dan tidak ada masa tunggu, kecuali untuk program Persalinan.
  • Prudential

    Asuransi Prudential merupakan produk asuransi swasta yang memiliki agen tersebar di seluruh Indonesia. Produk asuransi yang ditawarkan beragam, termasuk asuransi kesehatan.

    Untuk asuransi kesehatan, Prudential menanggung biaya rawat inap, rawat jalan, hingga tindakan operasi. Produk asuransi kesehatan yang ditawarkan Prudential ada banyak, di antaranya adalah PRUSolusi Sehat, PRUSolusi Sehat Syariah, PRUPrime Healthcare Plus, dan PRUPrime Healthcare Plus Syariah.

    Tak hanya itu, produk asuransi kesehatan Prudential juga mencakup PRUCritical Hospital Cover Syariah, PRUCritical Hospital Cover, hingga PRUMed Cover.

    Kita coba bahas salah satu produk di atas, yakni PRUSolusi Sehat. Produk ini membebankan biaya premi sebesar Rp 270.000 per bulan. Usia tertanggung, anggota keluarga berusia 1 bulan sampai 70 tahun. Sementara usia pemegang polis harus di atas 21 tahun atau sudah menikah.

    Produk asuransi ini cukup fleksibel karena pemegang polis bebas memiliki tipe dan batas harga kamar rawat inap. Wilayah pertanggungan juga cukup luas, di seluruh Indonesia bahkan sampai berbagai negara termasuk Amerika Serikat.

    Manfaat rawat jalan tanpa rawat inap untuk perawatan kanker dan cuci darah dibayarkan sesuai tagihan.

    AXA

    Asuransi AXA juga menawarkan beragam produk asuransi, termasuk asuransi kesehatan, asuransi aset manajemen, hingga asuransi properti. Khusus asuransi kesehatan, AXA menawarkan premi dengan jumlah nilai Rp 12 juta lebih untuk pertanggungan rawat inap.

    Salah satu kelebihan dari produk asuransi kesehatan AXA adalah tidak berlakunya limit per perawatan meski harga preminya cukup tinggi. Klaim yang akan dibayarkan dari biaya perawatan mencapai Rp 80 juta setiap tahunnya.

    Sementara itu untuk penggantian biaya rawat inap diberikan sebesar Rp 750 ribu (sehari) dengan maksimum perawatan 60 hari dalam setahun.

    Asuransi kesehatan AXA juga memberikan kemudahan bagi pemegang polis untuk melakukan pembayaran nontunai. Dengan begitu, maka pemegang polis tak perlu melakukan pembayaran di muka untuk mendapat layanan kesehatan.

    Cigna

    Asuransi kesehatan selanjutnya yang kita ulas adalah Cigna. Asuransi yang merupakan anak usaha Cigna Corporation Amerika Serikat ini memiliki sejumlah produk unggulan dalam asuransi kesehatan yang ditawarkan.

    Salah satunya adalah Cigna Family Care. Produk asuransi kesehatan ini memberi perlindungan bagi keluarga, hingga 5 orang tertanggung atau 5 orang keluarga inti. Lima orang tertanggung ini terdiri dari suami-istri atau pasangan dengan 3 orang anak. Seluruhnya ditanggung oleh satu polis dengan satu premi saja.

    Premi yang harus dibayarkan untuk manfaat ‘satu polis satu keluarga’ ini hanya Rp 12.000 per hari. Manfaat yang didapat, termasuk layanan harian perawatan rumah sakit, manfaat harian perawatan ICU, rawat jalan setelah perawatan di RS, dan manfaat pembedahan. Semua manfaat tersebut diberikan secara nontunai, sehingga pemegang polis tak perlu melakukan pembayaran di muka. Namun, khusus layanan rawat jalan diberikan dengan skema reimbursement

    Selain itu Cigna Family Care, produk asuransi kesehatan lainnya yang ditawarkan adalah Cigna EaziHealth, Cigna Infinite Healthcare, Cigna Family Care Optima, Cigna Premium Health Protection, dan Cigna Proteksi Sehat Optima.

    Masih ada lagi Cigna Proteksi Sehat, Cigna Senyum Sehat, Cigna Health Protection, dan Cigna Care and Save

    Manulife

    Manulife merupakan salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbesar di dunia. Produk asuransi kesehatan yang ditawarkan termasuk manfaat tambahan dari suransi jiwa term-life atau yang biasa disebut sebagai rider. Premi yang perlu dibayarkan untuk produk asuransi kesehatan terbilang cukup ‘murah’ dibanding perusahaan asuransi lainnya, yakni Rp 9 juta-an per tahun. Angka tersebut tentu sudah mencakup biaya rawat inap.

    Sementara biaya pertanggungan kamar mencapai Rp800 ribu sehari untuk periode maksimal 60 hari.

    Produk unggulan yang diberikan adalah MiUltimate Healthcare. Pembayaran manfaat sesuai tagihan dengan limit lima tahunan dan plan yang dipilih pada tabel manfaat rawat inap. Manulife juga memberikan limit tahunan tambahan bila tertanggung menderita sakit kronis seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal atau transplantasi organ.

    Jagadiri

    Sama dengan Cigna, asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh Jagadiri juga bisa mencakup lima orang anggota keluarga sekaligus, hanya dengan satu polis asuransi. Bahkan kepemilikan asuransi kesehatan Jagadiri tidak memerlukan cek kesehatan dan bisa mengcover semua penyakit termasuk HIV/Aids dan Covid-19. Menarik bukan?

    Asuransi kesehatan Jagadiri membebankan premi mulai dari Rp 280 ribu perbulan untuk lima anggota keluarga sekaligus. Jika tidak ada klaim, maka uang yang sudah dibayarkan akan kembali 25 persen dari premi tahunan.

    Beberapa manfaat yang ditawarkan asuransi kesehatan Jagadiri, antara lain:

  • Santunan perawatan rumah sakit mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 900 ribu per hari akibat sakit atau kecelakaan.
  • Santunan pembedahan mulai dari Rp 6 juta sampai Rp 18 juta per tindakan, akibat sakit atau kecelakaan.
  • Santunan rawat jalan Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu per kunjungan rawat jalan.
  • Lippo Insurance

    Asuransi Lippo juga menawarkan beragam produk. Medicare dikhususkan untuk asuransi kesehatan karyawan, Prima untuk individu, dan HealthPlus Family untuk asuransi kesehatan keluarga.

    Asuransi kesehatan Lippo menawarkan sejumlah keunggulan, antara lain pilihan manfaat rawat inap dan rawat jalan sesuai kebutuhan, pembayaran klaim nontunai di lebih dari 500 rumah sakit rekanan di Indonesia, hingga layanan eksklusif personal medical assistance.

    Takaful Keluarga

    Asuransi Takaful menawarkan asuransi kesehatan dengan prinsip syariah. Produk Takaful Kesehatan Kumpulan Fulmedicare Gold adalah suatu program asuransi kesehatan kumpulan (Group Health Insurance) yang merupakan proteksi ekonomi bagi Perusahaan dalam kewajibannya memberikan jaminan kesehatan bagi para karyawan beserta keluarganya sehingga dapat membantu Perusahaan dalam mengendalikan biaya jaminan kesehatan.

    Dengan konsep syariah yang berdasarkan prinsip ta’awun (tolong menolong), Fulmedicare dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan memperhatikan batas-batas asuransi.

    Manfaat yang diberikan antara lain, laynan rawat inap dan pembedahan, santunan rawat jalan, santunan persalinan, santunan rawat gigi, sampai santunan kacamata.

    PFI Mega Life

    PFI Mega Life menawarkan produk asuransi kesehatan dengan premi cukup rendah. Pemilik polis bisa memilih santunan harian rawat inap, mulai dari Rp 250 ribu, Rp 400 ribu, atau Rp 600 ribu, serta santunan harian rawat inap ICU fixed sebesar Rp 800 ribu. Premi yang harus dibayarkan per bulan mulai dari Rp 148 ribu atau Rp 1,7 juta per tahun.

    Sinarmas MSIG Life

    Sinarmas MSIG Life menawarkan produk asuransi kesehatan melalui produk kumpulan. Termasuk di dalamnya adalah SMiLe Medicare, yang bertujuan membantu perusahaan mengalokasikan jaminan kesehatan untuk karyawannya, ke dalam bentuk biaya tetap atau dengan sistem Administration Service Only (ASO).

    Skema ini memberikan efisiensi serta penghematan anggaran bagi perusahaan, tentunya menambahkan manfaat bagi kesejahteraan karyawan dan keluarganya. Dengan bentuk biaya tetap tersebut dapat menghindarkan perusahaan dari aliran kas yang buruk bila suatu waktu terjadi lonjakan penggantian biaya pengobatan.

    Demikian ulasan sejumlah produk asuransi kesehatan populer di Indonesia. Yang terpenting bagi kamu yang akan membeli produk asuransi adalah lakukanlah riset mendalam. Rajin-rajinlah membaca brosur produk asuransi yang ditawarkan setiap perusahaan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan kemampuan finansial dan kebutuhan keluarga dalam memilih produk asuransi. Semoga artikel ini membantu ya!

    Kamu juga bisa mengecek asuransi jiwa yang cocok menggunakan kuis berikut ini.

    FAQ seputar asuransi terbaik

    Bagaimana cara memilih asuransi terbaik sesuai kebutuhan?

    Pastikan kamu mengetahui asuransi apa yang ingin kamu beli. Setelah itu, kamu bisa membandingkan dari satu produk ke produk lainnya. Baca ketentuan polis dan manfaat yang akan kamu peroleh. Jika manfaat yang diterima banyak dan premi yang dibebankan juga terjangkau, kamu bisa memilih asuransi tersebut.

    Pastikan kamu membeli produk asuransi di tempat terpercaya seperti Lifepal, ya!

    Rekomendasi produk asuransi yang terpercaya?

    • Allianz
    • Prudential
    • Takaful Keluarga
    • MSIG Life
    • Lippo Insurance
    • Manulife
    • Cigna
    • AXA

     

    Pastikan kamu mengetahui asuransi apa yang ingin kamu beli. Setelah itu, kamu bisa membandingkan dari satu produk ke produk lainnya. Baca ketentuan polis dan manfaat yang akan kamu peroleh. Jika manfaat yang diterima banyak dan premi yang dibebankan juga terjangkau, kamu bisa memilih asuransi tersebut.

    Pastikan kamu membeli produk asuransi di tempat terpercaya seperti Lifepal, ya!

    • Allianz
    • Prudential
    • Takaful Keluarga
    • MSIG Life
    • Lippo Insurance
    • Manulife
    • Cigna
    • AXA