Apakah Ada Asuransi yang Bisa Rawat Jalan, Berapa Biayanya?

asuransi yang bisa rawat jalan

Asuransi yang bisa rawat jalan saja bisa dibilang cukup jarang. Akan tetapi, asuransi kesehatan yang meng-cover rawat jalan, selain rawat inap, cukup banyak!

Lifepal menyediakan produk asuransi kesehatan terbaik yang hemat hingga 25%, lho! Dapatkan promo dari berbagai brand ternama, seperti BRI Life, Allianz, Asuransi Sinar Mas, dan lain-lain.

Apa itu asuransi yang bisa rawat jalan?

Asuransi kesehatan rawat inap memang banyak menjadi perhatian mengingat tingginya biaya perawatan rawat inap yang meliputi harga kamar rumah sakit, tindakan medis, obat-obatan hingga konsultasi dokter. Namun, asuransi kesehatan rawat jalan juga tak kalah diminati.

Sebetulnya asuransi yang bisa rawat jalan adalah manfaat tambahan dari asuransi kesehatan rawat inap karena pasien yang baru saja selesai menjalani perawatan rawat inap tetap harus ke rumah sakit untuk kontrol kesehatan secara teratur.

Asuransi kesehatan rawat jalan juga dirasakan penting karena biasanya jumlah orang yang berobat rawat jalan jauh lebih banyak daripada rawat inap. Pengobatan rawat jalan juga dibutuhkan banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan namun tidak sampai harus menginap di rumah sakit.

Setiap perusahaan asuransi akan menerapkan ketentuan yang berbeda dalam asuransi kesehatan rawat jalan. Ada yang membatasi jumlah kunjungan dalam satu tahun, hanya memproteksi kunjungan ke dokter spesialis atau jumlah rumah sakit rujukan yang terbatas hingga batas biaya yang bisa diklaim.

Manfaat asuransi yang bisa rawat jalan

Asuransi yang bisa rawat jalan setidaknya bisa memberikan rasa tenang terlebih bila terjadi risiko sakit yang harus berkonsultasi dengan dokter di klinik atau rumah sakit. Dengan memiliki asuransi rawat jalan setidaknya ada perlindungan yang sudah pasti kamu dapatkan.

Asuransi rawat jalan juga memberikan rasa tenang karena pasien berkesempatan mendapatkan obat-obatan terbaik tanpa khawatir dengan harganya yang relatif mahal, selain proteksi untuk biaya dokter dan tindakan medis selama pemeriksaan.

Biaya premi asuransi yang bisa rawat jalan

Premi asuransi adalah hal krusial yang harus diperhatikan saat ingin membeli asuransi, karena biaya premi ini harus dibayarkan selama masa pembayaran premi berlangsung.

Pastikan premi yang harus dibayar memang sesuai dengan kemampuan keuangan karena bila tiba-tiba ada masalah keuangan, maka pembayaran premi bisa terganggu dan kehilangan manfaat.

Biaya premi asuransi yang bisa rawat jalan dari setiap perusahaan asuransi akan berbeda-beda karena ditentukan oleh cakupan layanan yang diberikan, masa asuransi, riwayat kesehatan dan lain-lain.

Pahami metode penggantian cashless dan reimburse

Sebelum membeli asuransi kesehatan, hal yang harus kamu perhatikan adalah metode klaim yang berlaku pada produk asuransi tersebut. Ada dua metode yang biasanya berlaku, yaitu metode reimburse dan cashless.

Untuk kenyamanan menikmati manfaat asuransi, ada baiknya memilih yang metode cashless. Sebab metode ini memungkinkan pasien untuk langsung mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus repot membawa uang atau membayar. Pasien cukup hanya menunjukkan kartu asuransinya saja.

Sedangkan metode reimburse berarti pasien harus membayar dulu semua biaya pengobatan dan kemudian melakukan reimburse ke pihak asuransi dengan membawa dokumen-dokumen medis yang dibutuhkan.

Beberapa contoh polis asuransi yang bisa rawat jalan

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi jenis ini dengan berbagai benefit yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa produk asuransi rawat jalan.

Cigna Premium Health Protection

Asuransi kesehatan dari PT. Asuransi Cigna ini menawarkan proteksi komprehensif yang bisa dinikmati oleh individu atau keluarga dengan premi yang ditawarkan mulai Rp 300 ribu per bulan.

Manfaat yang Cigna tawarkan:

  • Pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyakit
  • Perlindungan rawat jalan yang meliputi konsultasi medis, obat-obatan dan pemeriksaan diagnostik.
  • Perlindungan rawat inap termasuk ICU dan pembedahan.
  • Pemulihan pasca rawat inap.
  • Bisa kamu gunakan di luar negeri (Malaysia, Singapura dan Thailand)
  • Pertanggungan biaya medical check up dua tahun sekali

Syarat untuk pengajuan polis:

  • Usia masuk untuk pasangan 18 – 70 tahun, anak 6 bulan – 17 tahun
  • Pemegang polis minimal berusia 21 tahun

Allianz Smartmed Premier 

Asuransi yang bisa kamu gunakan untuk individu maupun keluarga ini sudah menjangkau kemitraan di berbagai wilayah di Indonesia.

Manfaat dari asuransi ini:

  • Fasilitas medis kelas VIP di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan lain-lain
  • Manfaat spesial berupa kemoterapi, hemodialisis, evakuasi medis dan pemulangan darurat, HIV/AIDS dan biaya pemakaman.
  • Pertanggungan rawat jalan darurat akibat kecelakaan
  • Pertanggungan perawatan gigi darurat akibat kecelakaan
  • Klaim dengan sistem reimbursement di luar jaringan rumah sakit mitra Allianz
  • Pertanggungan biaya konsultasi dokter umum
  • Pertanggungan biaya konsultasi dokter spesialis
  • Klaim dengan sistem cashless di jaringan rumah sakit mitra Allianz
  • Pertanggungan biaya pemeriksaan diagnostik
  • Pertanggungan asuransi gigi termasuk gigi palsu.

Syarat pengajuan polis:

  • Usia masuk asuransi 15 bulan hingga 75 tahun, dan 16 hingga 45 tahun untuk persalinan.
  • Melengkapi Formulir Aplikasi Asuransi Kesehatan Perorangan.
  • Menandatangani ilustrasi manfaat
  • Fotokopi KTP/SIM/KITAS yang masih berlaku
  • Melengkapi dokumen

Asuransi ini menetapkan limit pertanggungan untuk pengobatan mulai Rp 25 juta hingga Rp 40 juta per tahunnya dengan maksimal kunjungan 10 kali per tahun.

Tips dari Lifepal! Demikian penjelasan mengenai asuransi yang bisa rawat jalan dan beberapa contoh produk terbaiknya. Asuransi jenis ini biasanya merupakan bagian dari asuransi kesehatan. Akan tetapi, kini juga sudah tersedia beberapa asuransi yang hanya menanggung perawatan rawat jalan tanpa rawat inap.

Beberapa produk yang menanggung perawatan jalan dan medical check-up adalah Cigna Premium Health Protection dan Allianz Smartmed Premier. Selain produk-produk tersebut, jangan lupa cek rekomendasi asuransi terbaik di direktori asuransi Lifepal.

Jagalah selalu kesehatan tubuh, sebab biaya pengobatan kamu tidaklah murah. Oleh karena itu, mari mulai melakukan gaya hidup sehat. Selain itu, kamu pun tetap harus menjaminnya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Simak pula ulasan mengenai asuransi rawat jalan individu dan juga asuransi kesehatan rawat jalan cashless review di artikel Lifepal lainnya!

Semoga informasi ini bermanfaat!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi kesehatan terbaik:

 

Cek uang pertanggungan dari asuransi

Produk asuransi akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP), berupa sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia.

Kita bisa mengetahui nilai UP dengan menghitung Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Lindungi mobilmu dengan asuransi mobil

Selain asuransi kesehatan, sebaiknya kamu juga memiliki proteksi dari asuransi mobil. Sebab biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Pertanyaan seputar asuransi yang bisa rawat jalan

Dapatkan Promo