Apakah Ada Asuransi yang Bisa Rawat Jalan, Berapa Biayanya?

asuransi yang bisa rawat jalan - wanita dan dokter

Asuransi yang bisa rawat jalan saja bisa dibilang cukup jarang. Akan tetapi, asuransi kesehatan yang meng-cover rawat jalan, selain rawat inap, cukup banyak!

RINGKASAN

Asuransi yang bisa rawat jalan biasanya merupakan bagian dari asuransi kesehatan. Akan tetapi, kini juga sudah tersedia beberapa asuransi yang hanya menanggung perawatan rawat jalan tanpa rawat inap.

Beberapa produk yang menanggung perawatan jalan dan medical check-up adalah Cigna Premium Health Protection dan Allianz Smartmed Premier.

Lifepal menyediakan produk asuransi kesehatan terbaik yang hemat hingga 25%, lho! Dapatkan promo dari berbagai brand ternama, seperti BRI Life, Allianz, Asuransi Sinar Mas, dan lain-lain.

Apa itu Asuransi yang Bisa Rawat Jalan?

Asuransi kesehatan rawat inap memang banyak menjadi perhatian mengingat tingginya biaya perawatan rawat inap yang meliputi harga kamar rumah sakit, tindakan medis, obat-obatan hingga konsultasi dokter. Namun, asuransi kesehatan rawat jalan juga tak kalah diminati.

Sebetulnya asuransi yang bisa rawat jalan adalah manfaat tambahan dari asuransi kesehatan rawat inap karena pasien yang baru saja selesai menjalani perawatan rawat inap tetap harus ke rumah sakit untuk kontrol kesehatan secara teratur.

Asuransi kesehatan rawat jalan juga dirasakan penting karena biasanya jumlah orang yang berobat rawat jalan jauh lebih banyak daripada rawat inap. Pengobatan rawat jalan juga dibutuhkan banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan namun tidak sampai harus menginap di rumah sakit.

Setiap perusahaan asuransi akan menerapkan ketentuan yang berbeda dalam asuransi kesehatan rawat jalan. Ada yang membatasi jumlah kunjungan dalam satu tahun, hanya memproteksi kunjungan ke dokter spesialis atau jumlah rumah sakit rujukan yang terbatas hingga batas biaya yang bisa diklaim.

Manfaat Asuransi Rawat Jalan

Asuransi yang bisa rawat jalan setidaknya bisa memberikan rasa tenang terlebih bila terjadi risiko sakit yang harus berkonsultasi dengan dokter di klinik atau rumah sakit. Dengan memiliki asuransi rawat jalan setidaknya ada perlindungan yang sudah pasti didapat.

Asuransi rawat jalan juga memberikan rasa tenang karena pasien berkesempatan mendapatkan obat-obatan terbaik tanpa khawatir dengan harganya yang relatif mahal, selain proteksi untuk biaya dokter dan tindakan medis selama pemeriksaan.

Biaya Premi Asuransi Rawat Jalan

Premi asuransi adalah hal krusial yang harus diperhatikan saat ingin membeli asuransi, karena biaya premi ini harus dibayarkan selama masa pembayaran premi berlangsung. Pastikan premi yang harus dibayar memang sesuai dengan kemampuan keuangan karena bila tiba-tiba ada masalah keuangan, maka pembayaran premi bisa terganggu dan kehilangan manfaat.

Biaya premi asuransi yang bisa rawat jalan dari setiap perusahaan asuransi akan berbeda-beda karena ditentukan oleh cakupan layanan yang diberikan, masa asuransi, riwayat kesehatan dan lain-lain.

Pahami Metode Penggantian Cashless dan Reimburse

Sebelum membeli asuransi kesehatan, hal yang harus diperhatikan adalah metode klaim yang berlaku pada produk asuransi tersebut. Ada dua metode yang biasanya berlaku, yaitu metode reimburse dan cashless.

Untuk kenyamanan menikmati manfaat asuransi, ada baiknya memilih yang metode cashless. Sebab metode ini memungkinkan pasien untuk langsung mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus repot membawa uang atau membayar. Pasien cukup hanya menunjukkan kartu asuransinya saja.

Sedangkan metode reimburse berarti pasien harus membayar dulu semua biaya pengobatan dan kemudian melakukan reimburse ke pihak asuransi dengan membawa dokumen-dokumen medis yang dibutuhkan.

Beberapa Contoh Polis Asuransi yang Bisa Rawat Jalan

Banyak  perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi yang bisa rawat jalan dengan berbagai benefit yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Cigna Premium Health Protection

Asuransi kesehatan dari PT. Asuransi Cigna ini menawarkan proteksi komprehensif yang bisa dinikmati oleh individu atau keluarga dengan premi yang ditawarkan mulai Rp 300 ribu per bulan. 

Manfaat yang ditawarkan: 

  • Pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyakit 
  • Perlindungan rawat jalan yang meliputi konsultasi medis, obat-obatan dan pemeriksaan diagnostik.
  • Perlindungan rawat inap termasuk ICU dan pembedahan.
  • Pemulihan pasca rawat inap. 
  • Bisa digunakan di luar negeri (Malaysia, Singapura dan Thailand)
  • Pertanggungan biaya medical check up dua tahun sekali

Syarat untuk pengajuan polis:

  • Usia masuk untuk pasangan 18 – 70 tahun, anak 6 bulan – 17 tahun
  • Pemegang polis minimal berusia 21 tahun

Allianz Smartmed Premier 

Asuransi yang bisa digunakan untuk individu maupun keluarga ini sudah menjangkau kemitraan di berbagai wilayah di Indonesia. 

Manfaat dari asuransi ini:

  • Fasilitas medis kelas VIP di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan lain-lain
  • Manfaat spesial berupa kemoterapi, hemodialisis, evakuasi medis dan pemulangan darurat, HIV/AIDS dan biaya pemakaman.
  • Klaim dengan sistem cashless di jaringan rumah sakit mitra Allianz
  • Klaim dengan sistem reimbursement di luar jaringan rumah sakit mitra Allianz
  • Pertanggungan rawat jalan darurat akibat kecelakaan
  • Pertanggungan perawatan gigi darurat akibat kecelakaan
  • Pertanggungan biaya konsultasi dokter umum
  • Pertanggungan biaya konsultasi dokter spesialis
  • Pertanggungan biaya pemeriksaan diagnostik
  • Pertanggungan asuransi gigi termasuk gigi palsu.

Syarat pengajuan polis:

  • Usia masuk asuransi 15 bulan hingga 75 tahun, dan 16 hingga 45 tahun untuk persalinan.
  • Melengkapi Formulir Aplikasi Asuransi Kesehatan Perorangan.
  • Menandatangani ilustrasi manfaat
  • Fotokopi KTP/SIM/KITAS yang masih berlaku
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan

Asuransi ini menetapkan limit pertanggungan untuk rawat jalan mulai Rp 25 juta hingga Rp 40 juta per tahunnya dengan maksimal kunjungan 10 kali per tahun.

Demikian penjelasan mengenai asuransi yang bisa rawat jalan dan beberapa contoh produk terbaiknya. Selain produk-produk di atas, jangan lupa cek rekomendasi asuransi terbaik di direktori asuransi Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →